fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Waspadai 3 Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total Berikut Ini!

Seringkali penyebab kelistrikan mobil mati total ternyata hal sepele. Misalnya karena terlalu lama disimpan, atau karena adanya korsleting. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahu apa saja yang bisa menyebabkan munculnya masalah ini.

Dengan mengetahui apa saja penyebab masalah di kelistrikan mobil, maka pencegahan bisa dilakukan. Selain itu, ketika masalah di kelistrikan mobil muncul, perbaikan bisa segera dilakukan.

Faktor Utama Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total

Mobil yang mogok karena kelistrikannya mati total akan menunjukkan gejala-gejala. Misalnya tiba-tiba lebih sulit distarter, atau tenaga mobil tiba-tiba menjadi lemah ketika menyalakan perangkat elektronik.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor munculnya masalah di kelistrikan mobil, di antaranya adalah:

  1. Aki Mobil

    Melakukan Jumper Merupakan Solusi Mengatasi Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total akibat Aki Mobil Tekor atau MatiAki mobil yang tekor dan rusak adalah penyebab utama kelistrikan mobil mati total. Sebagai sumber utama listrik di mobil, masalah pada aki sama saja dengan masalah pada seluruh kelistrikan mobil. Kerusakan ini biasanya terjadi karena usia aki sudah habis atau karena adanya karat di kutub aki.

    Solusi
    Jika mobil mati total karena masalah pada aki, maka solusi pertama adalah melakukan jumper. Dengan cara ini, aki mobil bisa dipancing untuk dapat berfungsi normal kembali (walaupun hanya beberapa saat). Namun untuk benar-benar menyelesaikan masalah ini maka aki wajib diganti dengan yang mampu menampung arus lebih besar.

  2. Kabel Putus

    Kabel-Kabel di Mobil Merupakan Komponen Penting di Kelistrikan Mobil
    Kelistrikan mobil dari aki disambungkan dengan banyak kabel-kabel. Namun jika terjadi korsleting pada kabel, maka aliran kelistrikan mobil akan terputus total. Jika kabel memang terputus, maka penyambungan bisa dilakukan. Namun jika putus tersebut terjadi karena korsleting, maka masalah korsleting ini wajib menjadi hal pertama yang harus diperbaiki.

    Solusi
    Penggunaan volt stabilizer bisa menjadi solusi mencegah terjadinya korsleting di mobil. Selain mampu menjaga kestabilan kelistrikan mobil, volt stabilizer juga mampu meningkatkan performa mobil. Seperti meningkatkan tenaga mobil dan secara bersamaan menjadikannya lebih irit BBM.

    Lihat Juga: Volt Stabilizer yang Mampu Meningkatkan Tenaga Mobil

    Namun jika mobil sudah terlanjur mogok karena kelistrikannya mati total, maka pengurutan kabel wajib dilakukan. Dengan demikian, kabel yang putus ataupun terlepas bisa ditemukan. Dan untuk menghindari putus kembalinya kabel, penggantian kabel yang lebih tebal bisa menjadi solusi.

  3. Alternator Tidak Bisa Diisi

    Penanganan Alternator Mobil Sebaiknya Dilakukan oleh Profesional Berpengalaman
    Selain aki mobil, komponen penting di kelistrikan mobil adalah alternator. Ketika alternator tidak mau mengisi, maka arus listrik tidak  ada yang terkirim ke seluruh komponen mobil.

    Solusi
    Penggantian alternator adalah solusi yang paling baik. Karena menggunakan alternator lama sangat beresiko. Masalah yang sama bisa muncul kembali.

Sebenarnya masih ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab kelistrikan mobil mati total sehingga mogok di tengah perjalanan. Namun ketiga masalah di atas adalah faktor yang paling sering ditemukan.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar kelistrikan mobil lainnya, silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah ini. Atau dengan menghubungi kami melalui chat dengan menekan tombol yang ada di pojok kanan bawah.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *