Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Uncategorized

Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan? Ini 5 Masalahnya

Jika Kamu mengalami kendala seperti mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan, maka sebaiknya cek mobil kesayanganmu sesegera mungkin. Semua orang termasuk Kamu tentu ingin berkendara dengan nyaman bukan? Oleh sebab itu, berbagai kendala pada mobil sudah selayaknya Kamu perhatikan.

Mobil bisa bergetar keras dan cukup berisik ketika hendak menyalakan mesin. Getaran tersebut jelas sangat mengganggu apalagi jika sedang berada ditengah-tengah kemacetan atau berjalan pelan. Tentu Kamu dan penumpang lainnya tak akan merasa nyaman.

Buruknya, getaran tersebut bisa saja merusak mesin mobil Kamu jika tidak ditangani sesegera mungkin. Jika Kamu tidak bisa memperbaikinya sendiri, Kamu dapat menkonsultasikannya ke bengkel-bengkel terdekat. Terlepas dari itu, setidaknya Kamu harus tahu apa penyebab mobil bergetar.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan

  • Masalah pada setelan mesin

Putaran mesin pada mobil tidak akan stabil jika setelan mesin tidak cocok atau tidak pas. Salah satu indikator yang mungkin menjadi pemicunya adalah putaran per menit atau RPM karena naik turunnya jarum penunjuk bergerak secara drastis. Umumnya, hal ini bisa disebabkan oleh proses tune up yang tidak benar atau rusaknya beberapa komponen pada mobil.

  • Busi yang aus

Dalam proses pembakaran, busi merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting karena menghasilkan bunga api. Proses pembakaran tentu akan terganggu jika busi yang terdapat pada mobil sudah aus, tidak akan ada komponen yang berfungsi sebagai pemantik.

Busi yang aus juga akan mengakibatkan mesin ngos-ngosan karena api yang dihasilkan terbilang sangat kecil, bahkan terkadang mati sesekali. Jika dibiarkan, mobil akan mengalami getaran keras dan terasa sangat jelas pada kabin.

  • Tersendatnya asupan BBM

Asupan BBM yang dibawa ke ruang pembakaran bisa terhambat jika terjadi permasalahan pada perangkat injektor. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kotoran-kotoran yang terus menumpuk karena tidak dibersihkan.  Alhasil, tersendatnya asupan BBM berimbas pada proses pembakaran sehingga mobil pun menjadi tersendat dan bergetar.

  • Piston yang aus

Selain busi, piston yang aus juga bisa menjadi penyebab mobil Kamu bergetar saat dinyalakan. Normalnya, piston harus tegak lurus, namun akan menjadi bergoyang-goyang jika piston sudah aus. Bukan itu saja, permasalahan ini juga bisa menyebabkan tenaga mesin yang berkurang secara drastis. Sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, Kamu sebaiknya segera mengganti piston tersebut.

Lihat Lebih Lengkapnya : Faktor Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

Itulah beberapa penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan yang harus Kamu ketahui. Alangkah lebih baik jika Kamu membawa mobil kesayangan ke bengkel terdekat sedini mungkin setelah mengalami kendala tersebut. Kamu tentu tidak mau permasalahan menjadi lebih parah dan merusak komponen lain yang ada pada mobil bukan?

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *