Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

5 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar dan Solusinya

Pemasangan Terbalik Menjadi Salah Satu Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Ada beberapa hal penyebab kipas radiator mobil tidak berputar atau mati. Masalah ini terjadi bukan hanya karena ada kerusakan part. Beberapa faktor lain juga bisa menjadi faktor penyebab.

Ketika kipas radiator mobil tidak bisa berputar seperti biasanya, maka performa radiator dalam menjaga suhu mesin akan turun. Mesinpun akan beresiko mengalami overheat. Lantas apa hal yang menjadi penyebab masalah ini? Dan apa solusi untuk mengatasi hal ini?

Faktor Utama Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Untuk mengatasi masalah kipas radiator yang tidak berputar bukan hanya dengan melakukan penggantian kipas. Yang paling penting adalah mencari tahu part apa pada mobil yang bermasalah dan menyebabkan hal ini terjadi.

Sangat penting untuk mencari penyebab masalah karena beda penyebab masalah tentu beda juga solusinya. Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab kipas radiator yang mati atau tidak berputar antara lain adalah:

  1. Ada Masalah pada Drive Belt

    Adanya oli di sekitar permukaan drive belt akan menyebabkan drive belt lebih mudah rusak dan putus.  Selain itu, resiko selip juga bisa terjadi. Karena drive belt kering maka ketika ada pelumas yang mengenai permukaan drive belt maka selip akan terjadi.

    Drive Belt yang Nyangkut atau Copot Menyebabkan Putaran Kipas Tidak Bekerja

    Ketika drive belt putus atau selip, bukan hanya kipas radiator bermasalah. Beberapa komponen lain juga akan ikut bermasalah, contohnya power steering dan alternator.

  2. Sekring Kipas Putus

    Sekring atau sering disebut fuse bertugas memutus aliran listrik ketika ada arus berlebihan. Saat sekring putus, maka aliran listrik ke kipas radiator akan mati. Hal ini tentu menyebabkan kipas tidak berputar.

    Putusnya Sekring Menyebabkan Kelistrikan Tidak Jalan dan Menjadikan Kipas Tidak Berputar

    Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup dengan melakukan penggantian sekring. Namun ada aturan dalam penggantian sekring. Pastikan sekring yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jangan gunakan sekring dengan kapasitas kurang atau lebih tinggi daripada yang disarankan.

    Dan untuk mencegah sekring kembali putus, aliran kelistrikan mobil harus distabilkan. Untuk menstabilkan kelistrikan mobil, menggunkan volt stabilizer seperti JS One dan R Project menjadi solusinya.

  3. Kabel Kipas Putus

    Kipas radiator disambungkan dengan kabel-kabel. Kabel ini mengalirkan aliran listrik. Ketika kabel putus, maka aliran listrik ikut terputus. Hal ini tentunya menjadi penyebab kipas radiator mobil tidak berputar.

    Putusnya Kabel Kipas yang Putus Menyebabkan Kipas Radiator Tidak Berputar

    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab putusnya kabel kipas. Bisa karena digerogoti tikus, faktor usia kabel, terbakar, dan faktor-faktor lainnya.

  4. Pemasangan Kipas Terbalik

    Check Pemasangan Kipas Karena Kipas Radiator Sering Terbalik

    Pemasangan kipas yang terbalik biasanya menyebabkan aliran angin menjadi salah. Namun pada beberapa mobil pemasangan kipas yang terbalik akan menyebabkan kipas mati atau tidak berputar. Nah, anda bisa mencoba memutar pemasangan kipas untuk menyelesaikan masalah ini.

  5. Kipas Nyangkut

    Tanpa disadari, kadang ada barang masuk ke sekitar kipas radiator. Menyebabkan putaran kipas menjadi terhambat atau nyangkut. Hal ini tentu menyebabkan kipas tidak bisa berputar.

    Adanya Komponen yang Nyangkut Menjadikan Putaran Kipas Terhambat

    Solusi untuk masalah ini sebenarnya sangat sederhana. Cukup melakukan pengecheckan radiator dan membersihkan radiator.

Itulah 5 hal utama yang menjadi penyebab kipas radiator tidak berputar. Dengan mengetahui penyebab masalah ini, anda bisa menentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Lihat Juga: Harga Tutup Radiator Mobil

Demikian informasi seputar berbagai penyebab kipas radiator mobil tidak berputar serta cara mengatasinya. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk kita semua. Senang bisa menjadi sumber informasi berharga untuk anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *