Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC

AC Mobil Bau Asem? Ini 5 Cara Menghilangkannya

ac mobil bau asem

AC mobil bau asem ini memang membuat Anda tak nyaman saat berkendara. Untuk itu, Anda perlu tahu cara mengatasi bau asem di dalam kabin. Sebab, munculnya bau asam dalam kabin mobil ini membuat Anda kehilangan fokus berkendara karena mencium bau tersebut. Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan bau asam pada kabin mobil.

Apabila bau asem di dalam kabin mobil dibiarkan. Maka, bukan tidak mungkin bahwa Anda beserta keluarga akan mengalami mual atau muntah ketika menggunakan mobil tersebut. Nah, Anda tak perlu bingung. Mengatasi munculnya bau asem ini dapat Anda lakukan secara mandiri dirumah. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tata cara mengatasi mobil yang bau asem.

5 Cara Untuk Mengatasi AC Mobil Bau Asem

  1. Mengganti Parfum Mobil

Bisa jadi munculnya bau asem di dalam kabin mobil ini disebabkan karena adanya parfum yang digunakan telah kadaluarsa. Ya, parfum mobil yang telah kadaluarsa ini akan mengeluarkan bau yang menyengat.

Sebab, parfum mobil ini mengandung alkohol dan bahan kimia tertentu. Apabila parfum tersebut telah kadaluarsa, maka Akan mengeluarkan bau menyengat. Untuk itu, Anda wajib mengganti parfum mobil agar kabin mobil tetap bau wangi dan harum.

  1. Menjaga Kebersihan Kabin Mobil

Sering kali pemilik mobil ini tidak menjaga kebersihan di bagian kabin. Banyak sampah ataupun punting rokok yang berserakan dimana-mana. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab AC mobil bau asem.

Sebab, sampah-sampah tersebut akan mengalami percepatan pembusukan karena terkena AC mobil. Sehingga, bau asem dari pembusukan sampah tersebut dapat membuat Anda mual ataupun muntah. Untuk mengatasi mobil bau asem, maka Anda wajib membersihkan sampah-sampah yang terdapat di kabin mobil.

Anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner khusus mobil untuk menyedot debu di area kabin mobil. Setelah kabin mobil tampak bersih, maka sebagai pemilik mobil ini tentu saja diwajibkan untuk menjaga kebersihan mobil dan tidak membuang sampah atau puntung rokok di kabin.

  1. Mengisi Ulang Freon AC Mobil

AC mobil Anda bau asem ini juga disebabkan karena Freon AC mobil yang telah habis. Ya, Freon AC mobil ini berguna untuk mengatur suhu dingin di dalam kabin. Apabila suhu dalam mobil tidak kunjung dingin.

Baca Juga : Ganti Freon AC Mobil

Maka, bau asem bisa saja muncul karena beberapa hal. Mulai dari bau dari udara luar kabin ataupun bau mesin mobil Anda yang tengah panas karena digunakan untuk berkendara. Untuk itu, Anda perlu ke bengkel mobil terdekat guna mengisi ulang Freon AC mobil.

  1. Membersihkan Filter AC Mobil

Munculnya bau asem dari AC mobil ini juga bisa disebabkan oleh filter AC mobil yang berdebu ataupun kotor. Keadaan kabin mobil yang banyak debu ini menyebabkan filter AC mobil bermasalah. Salah satunya adalah terlalu banyak debu dan kotoran yang tersedot.

Alhasil, Anda harus membersihkan filter AC. Nah, membersihkan filter AC mobil ini dapat Anda lakukan sendiri dirumah dengan cara melepas filter AC mobil dan membersihkannya menggunakan kuas.

  1. Membersihkan Evaporator AC Mobil

Dan cara mengatasi AC mobil bau asem yang terakhir adalah dengan membersihkan evaporator AC mobil Anda. Evaporator AC mobil ini berfungsi untuk mengatur suhu di dalam kabin. Apabila Evaporator AC mobil ini berjamur, maka bisa dapat menimbulkan bau yang cukup menyengat.

Untuk itu, Anda dapat membersihkan evaporator AC mobil agar bau asem di dalam kabin dapat teratasi segera. Setelah Anda membersihkan evaporator AC mobil, ada baiknya untuk segera member pengharum mobil agar bau di dalam kabin ini tidak menyebar ke bagian mobil lainnya.

Baca Juga : Cara Pasang Stabilizer Mobil Avanza

Bau asem di dalam kabin mobil ini memang cukup membuat Anda hilang konsentrasi kala berkendara di jalan. Sebab, bau asem tersebut dapat menyebabkan Anda mual hingga muntah. Hal inilah yang menyebabkan Anda bisa celaka di jalan.

Untuk mengatasi bau asem di dalam mobil, maka Anda dapat mencoba melakukan 5 cara mengatasi AC mobil bau asem guna menghilangkan bau tak sedap di dalam kabin segera teratasi.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *