fbpx
 
Posted by Mekanik Juan AC

AC Mobil Bau Menyengat dan Tidak Nyaman di Hidung

Ketika AC mobil bau menyengat terasa, maka hal tersebut wajib diwaspadai. Apalagi jika bau tersebut membuat tidak nyaman di hidung. Pastikan anda segera mengatasinya.

Mengapa? Tentunya karena jika dibiarkan, masalah yang lebih besar dapat terjadi. Terutama pada kesehatan anda dan keluarga. Misalnya saja pusing dan muntah di perjalanan, gangguan pernafasan, mudah lelah, bahkan kanker.

Penyebab AC Mobil Bau Menyengat

Untuk mengatasi masalah adanya bau yang menyengat ini, hal pertama yang wajib anda lakukan adalah mencari tahu sumber dan penyebab baunya. Karena beda sumber dan penyebab bau, beda pula solusinya.

Adapun beberapa penyebab AC pada mobil anda mengeluarkan bau menyengat antara lain adalah:

  1. Freon Bocor

    Kebocoran freon menghasilkan bau yang tidak sedap dan ketika tercium oleh hidung, baunya sungguh menyakitkan.

  2. Ada Part di Saluran AC Mobil yang Kotor

    Kotornya ini bisa di kompresor, freon tercemar, ataupun karena evaporator kotor, dan filter AC sudah tidak layak pakai.

  3. Ada Kotoran atau Bangkai

    Bisa juga karena ada kotoran dan bangkai di dalam saluran AC mobil. Namun bisa juga karena pernah ada aroma bangkai yang masuk ke saluran AC mobil. Aroma tidak sedap ini berputar di dalam saluran AC mobil, dan mengotori udara yang seharusnya didinginkan oleh freon.

Untuk mendapatkan pencarian yang tepat akan sumber masalah, sebaiknya pencarian dilakukan dengan teliti. Dan jika memang sudah ditemukan, tetaplah mencari barangkali masih ada masalah lainnya di AC mobil anda.

Misalnya anda menemukan bangkai yang sudah mengeluarkan bau menyengat di saluran AC mobil, pastikan untuk mengecheck part lainnya juga. Misalnya filter AC, jangan-jangan sudah tercemar dengan aroma tikus. Atau jangan-jangan evaporator juga sudah kotor.

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Berbau Menyengat dan Tajam di Hidung

Setelah mengetahui penyebab masalah ini, tentunya kini lebih mudah mengatasi masalah ini sesuai dengan penyebab masalahnya. Adapun solusi yang bisa dan sebaiknya dilakukan adalah dengan:

  1. Bongkar Semua Karpet Mobil, Lalu Bersihkan Mobil

    Tujuannya untuk memastikan tidak ada bangkai, atau kotoran yang jadi sumber bau di bawah kursi, di bawah karpet, ataupun di jok mobil. Karena bisa jadi sumber bau ini memasukkan aroma ke dalam saluran AC mobil. Dan oleh AC mobil, bau tersebut didistribusikan ke seluruh ruangan mobil.

  2. Lakukan Proses Cuci AC Mobil

    Pencucian ini meliputi cuci evaporator dan kondensor. Jangan lupa juga untuk mengganti filter AC demi memastikan sumber-sumber bau tidak sedap benar-benar hilang.

  3. Ganti Freon dengan yang Lebih Segar

    Freon juga sebaiknya diganti karena ada dugaan freon sudah jelek kualitasnya sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Namun pastikan melakukan pengecheckan total terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kebocoran freon di saluran AC mobil.

  4. Lakukan Pemfoggingan Mobil

    Anda juga bisa melakukan pemfoggingan untuk memastikan seluruh saluran AC mobil dan bagian dalam mobil kembali steril dan bebas bau.

  5. Hindari Menyimpan Barang Berbau Menyengat di Dalam Mobil

    Bau-bauan bisa masuk ke saluran AC mobil. Dan menyebabkan munculnya masalah bau menyengat dari saluran AC mobil. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari menyimpan barang berbau di dalam mobil. Misalnya ikan berbau amis, durian, dan parfum gel.

Nah, itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi AC mobil bau menyengat dan tidak nyaman di hidung yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat dan menjawab pertanyaan anda akan cara mengatasi AC mobil bau menyengat dan terasa tidak nyaman di hidung

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *