Posted by Aditya Dokter Mobil Service AC Mobil

AC Mobil Bau Saat Baru Dinyalakan? Ternyata Ini Penyebabnya

ac mobil bau saat baru dinyalakan

AC mobil bau saat baru dinyalakan tentu saja sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Munculnya bau AC mobil ini membuat Anda hilang konsentrasi. Akibatnya cukup fatal.

Anda bisa saja celaka di jalan karena tidak fokus dalam berkendara karena bau tidak sedap saat AC mobil ini baru saja dinyalakan. Maka dari itu, Anda wajib menghilangkan bau-bau tidak sedap ketika AC mobil dinyalakan. Selain bau tidak sedap, kandungan udara dalam mobil tentu saja sangat berbahaya.

Banyak virus, bakteri, hingga kuman yang mengendap dalam kabin mobil. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk fogging atau treatment ozone agar mobil kembali bersih dan tidak mengandung virus, bakteri, dan kuman yang berbahaya bagi kekebalan tubuh pemilik kendaraan.

Penyebab AC Mobil Bau Saat Baru Dinyalakan

ac mobil bau saat baru dinyalakanMemang, ada beberapa penyebab dari masalah AC mobil bau. Bisa saja munculnya bau ini disebabkan karena faktor human error maupun kerusakan komponen AC mobil di bagian tertentu. Maka dari itu, ini dia daftar penyebab AC mobil bau yang wajib Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Menumpuknya Kotoran di Bagian Kabin Mobil

Penumpukan kotoran di bagian kabin mobil menjadi salah satu penyebab AC mobil bau. Bau menyengat ini bisa saja karena kotoran maupun debu di kabin mobil. Hal ini menjadi salah satu faktor human error akibat pemilik kendaraan jarang membersihkan kabin mobil. Akibatnya, bau menyengat ini membuat Anda hilang konsentrasi ketika berkendara. Apabila mobil bau, segera buang kotoran dari dalam kabin mobil.

  1. Komponen Evaporator Terlalu Kotor

Evaporator bermasalah menjadi salah satu penyebab munculnya bau AC mobil. Evaporator terlalu banyak kotoran ini membuat suhu dingin yang tertampung akan bercampur dengan bau tidak sedap.

Akibatnya, suhu dingin yang didistribusikan akan mengandung bau-bau tidak sedap. Sehingga, pemilik kendaraan akan kehilangan fokus karena tidak tahan dengan bau AC tersebut.

  1. Rusaknya Komponen Saringan Filter AC Mobil

Komponen saringan filter AC mobil ini berguna untuk menyaring kotoran yang terkandung dalam suhu cairan gas freon yang didistribusikan oleh kondensor. Alhasil, kotoran-kotoran tersebut akan terbawa hingga expansion valve dan kemudian berubah menjadi suhu gas. Suhu gas ini pun terbawa hingga ke evaporator dan didistribusikan ke kabin mobil melalui blower AC.

Cara Mengatasi AC Mobil Bau Saat Baru Dinyalakan

Untuk mengatasi masalah AC mobil bau, maka Anda wajib melakukan beberapa perawatan pada komponen AC mobil. Langkah pertama, silahkan membersihkan kabin mobil dari kotoran.

Silahkan buang semua kotoran-kotoran pada kabin mobil Anda. Kemudian, lakukan pencucian mobil dari bagian eksterior hingga interior mobil. Jangan lupa, semprot parfum mobil agar mobil kembali wangi dan tidak meninggalkan bau tidak sedap.

Cara kedua, lakukan fogging atau pengasapan pada kabin mobil setelah proses pencucian interior dan eksterior kendaraan selesai. Tujuan dari fogging mobil adalah mensterilkan kabin mobil dari virus, kuman, dan bakteri yang ada pada kabin mobil.

Dengan menggunakan layanan fogging ini, maka bau-bau tidak sedap akibat debu dan kotoran akan hilang. Sehingga, munculnya bau AC mobil dapat segera diantisipasi dengan menggunakan layanan fogging pada bengkel mobil terbaik.

Cara ketiga, gunakan layanan treatment ozone dari bengkel terpercaya. Sebab, treatment ozone menjadi salah satu cara mengatasi AC mobil bau saat baru dinyalakan. Fitur ini memang sekilas mirip dengan fogging mobil. Sebab, treatment ozone digunakan untuk menghilangkan virus, kuman, dan bakteri dalam mobil. Maka dari itu, gunakan layanan ozone dan treatment ozone dari Dokter Mobil.

Dokter Mobil, Bengkel Terpercaya yang Menyediakan Layanan Fogging dan Treatment Ozone Mobil

Apabila Anda ingin menghilangkan debu dan kotoran yang membuat AC mobil bau apek, maka segera kunjungi Dokter Mobil cabang terdekat. Sebab, di Dokter Mobil ini menyediakan layanan perawatan AC mobil seperti fogging mobil dan treatment ozone.

Baca Juga : Biaya Service Kompresor AC Mobil di Bengkel Spesialis

Kedua layanan ini direkomendasikan untuk menghilangkan bau AC mobil secara permanen. Maka dari itu, pemilik kendaraan bisa langsung menghubungi Dokter Mobil cabang terdekat untuk menggunakan layanan fogging mobil dan treatment ozone agar AC mobil bau saat baru dinyalakan dapat dinormalkan kembali.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *