Posted by Marcel Marcel Service AC Mobil

AC Mobil Belakang Mati Tiba-Tiba? Segera Cari Tahu Solusinya

AC mobil belakang mati

Terkadang, beberapa kendaraan mengalami masalah berupa AC pada mobil belakang mati.  AC mobil mati di bagian belakang ini harus segera diatasi. Sebab, ada beberapa resiko fatal apabila komponen AC bagian belakang dibiarkan mati tanpa adanya solusi. Hal tersebut menyebabkan kabin bagian tengah hingga belakang menjadi kurang dingin.

Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan kendala tersebut. Setelah mengetahui kendalanya, maka Anda dapat menentukan langkah solutif yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah yang menyebabkan komponen AC  pada mobil di bagian belakang mati tiba-tiba.

Ini Dia Penyebab AC Mobil Mati Secara Tiba-Tiba

fungsi magnetic clutch

AC yang ada di bagian kabin belakang mati secara tiba-tiba ini disebabkan oleh beberapa hal. Sebab, terkadang komponen AC pada bagian belakang mati tiba-tiba ini tidak mudah terdeteksi. Sebab, kerusakan ini hanya dialami oleh mobil yang menggunakan AC double blower.

Bagi Anda yang menggunakan AC single blower, maka Anda tidak akan pernah mengalami masalah tersebut. Maka dari itu, ini dia daftar penyebab  komponen AC pada mobil mati di bagian belakang. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Sambungan Blower AC Terputus

Sambungan pada komponen blower terputus menjadi salah satu penyebab mengapa AC mobil di bagian kabin belakang mati secara tiba-tiba. Sebab, blower AC di bagian kabin tengah ini dapat berfungsi jika sambungan-sambungannya normal dan tidak terputus karena beberapa hal.

Apabila sambungan blower AC terputus karena faktor ketidaksengajaan, maka blower AC bagian belakang tidak dapat berfungsi dan tidak dapat menyebarkan suhu dingin AC mobil. Alhasil, kabin bagian tengah hingga belakang tentu saja masih terasa panas ketika Anda melewati jalan macet.

Terputusnya Resistor Blower AC Mobil

Apabila sambungan blower AC bagian belakang tidak bermasalah, maka segera cek bagian resistornya. Kerusakan pada bagian resistor blower ini menjadi salah satu penyebab mengapa AC mobil mati secara tiba-tiba. Resistor ini berfungsi untuk mengatur seberapa besar aliran suhu AC mobil yang dialirkan ke blower bagian belakang.

Jika resistor rusak, maka aliran suhu AC di bagian kabin tengah akan terganggu. Sehingga, sirkulasi suhu di bagian kabin tengah tidak terlalu dingin. Maka dari itu, Anda harus segera membawa mobil ke bengkel spesialis AC mobil untuk dilakukan perbaikan pada kerusakan AC pada mobil mati di bagian belakang.

Cara Mengatasi Kerusakan AC Belakang Mati

Memang tidak mudah mengatasi kerusakan yang menyebabkan blower AC di bagian belakang mati secara tiba-tiba. Sebab, Anda perlu melakukan pembongkaran untuk mengetahui penyebab kerusakannya.

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang komponen AC mobil, maka langkah pertama yang harus diambil adalah dengan membuka bagian blower AC belakang. Kemudian, silahkan cek bagian sambungan blower AC mobil terlebih dahulu. Apabila sambungan blower AC mobil, maka segera perbaiki dengan menyambungkan kembali.

Jika sumber masalah bukan disebabkan oleh blower AC, maka cek kerusakan AC pada mobil mati lainnya. Segera cek bagian resistor blower AC  bagian belakang. Apabila resistor rusak, maka Anda wajib mengganti komponen tersebut. Proses penggantian resistor ini cukup sulit. Anda disarankan untuk ke bengkel spesialis service dan perawatan AC kendaraan, seperti Dokter Mobil.

baca juga : Inilah Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

Dokter Mobil, Bengkel Spesialis Perawatan dan Service Kendaraan Terbaik dan Terpercaya

Apabila mobil Anda mengalami kendala berupa blower AC belakang mati secara tiba-tiba, maka Anda disarankan untuk segera membawa kendaraan ke Dokter Mobil cabang terdekat. Sebab, kami merupakan bengkel spesialis perawatan dan service kendaraan tanpa perlu membongkar komponen secara keseluruhan.

Jadi, kami akan melakukan pengecekan atau tune up kendaraan terlebih dahulu. Proses pengecekan pun menggunakan metode digital. Jadi, kami tidak serta merta membongkar mobil untuk mengetahui kerusakannya.

Setelah kami mengetahui penyebab kerusakannya, maka mobil Anda akan di service oleh tim Dokter Mobil spesialis AC. Jadi, kerusakan  AC mati secara tiba-tiba dapat segera diatasi. Maka dari itu, segera hubungi admin Dokter Mobil cabang terdekat apabila  mati secara tiba-tiba.

 

Tags: , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *