Posted by Aditya Dokter Mobil Service AC Mobil

Mengenal Penyebab AC Mobil Bocor dan Cara Mengatasinya

ac mobil bocor

Seiring perkembangan zaman yang sudah semakin canggih ini, keberadaan mobil sudah semakin banyak. Ketika mobil terus digunakan maka anda jangan lupa untuk melakukan perawatan mobil secara rutin. Hal ini bertujuan agar mobil anda tidak sampai terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Ada salah satu elemen yang perlu anda perhatikan yaitu AC mobil. Selama ini ada masalah yang sering terjadi pada AC mobil yaitu kebocoran pada kompresor. Ketika AC mobil bocor akan menyebabkan tidak bisa mengeluarkan udara dingin.

Kalau AC mobil mengalami masalah dan tidak segera diperbaiki akan menyebabkan anda tidak nyaman di dalam mobil. Masalah AC mobil  bocor ini bisa anda cegah kalau rutin melakukan service AC mobil.

Kompresor AC merupakan salah satu elemen yang sangat penting dan harus selalu mendapatkan perhatian agar kinerjanya akan tetap maksimal. Memang masalah pada AC mobil cukup banyak, jadi anda harus tahu dulu penyebabnya. Nah, dengan demikian anda akan lebih mudah melakukan pencegahan dan biayanya tidak membengkak.

Penyebab AC Mobil Bocor

Gejala awal yang sering terjadi ketika kompresor AC bermasalah yaitu AC tidak terasa dingin, justru mengeluarkan angin panas. Selain itu akan muncul suara-suara aneh seperti gesekan agak keras dan kebocoran pada freon. Biasanya masalah kebocoran pada kompresor ini terjadi selama kurang lebih 6 minggu sampai freon habis.

Selama ini perawatan AC mobil memang lebih diabaikan, sementara melakukan perawatan AC mobil ini sangatlah penting. Hal ini bertujuan agar kinerja AC mobil tetap maksimal dan menyejukkan ruangan dalam mobil. Memang kompresor AC merupakan salah satu komponen yang yang jarang diketahui oleh para pengendara.

Kalau AC mobil bocor hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius. Sebagai komponen yang sangat penting untuk pendingin kabin mobil maka jangan lupa untuk melakukan service rutin. Sebagai pemilik mobil, anda harus paham tentang AC termasuk kompresor. Semua itu bertujuan agar anda terkena penipuan soal AC mobil dan tidak mengeluarkan biaya yang besar.

Berikut ini ada beberapa penyebab kompresor AC mobil mengalami masalah kebocoran. Selengkapnya berikut ini penjelasannya :

Jumlah freon terlalu sedikit 

Apabila kondisi selang freon sudah tidak retak pastinya akan menyebabkan kebocoran. Kalau jumlah freon terlalu sedikit maka AC tidak mampu mengeluarkan suhu dingin. Kompresor yang terlalu bekerja keras dapat menyebabkan cepat rusak.

Terlalu banyak mengisi freon 

Pastikan anda memilih teknisi yang sudah berpengalaman agar tidak sampai mengisi freon terlalu banyak. Hal ini bisa memicu kompresor bisa mati atau rusak.

Mampet 

AC mobil memiliki sistem kerja secara terus-menerus, jadi pastikan sistem freon ini tidak ada kebuntuan atau mampet agar kompresor tidak bekerja terlalu keras. Selain itu kalau salurannya tidak lancar akan membuat kompresor jebol.

Cara Mencegah Kompresor AC Agar Tidak Bermasalah 

ac mobil bocorApabila anda tidak pernah melakukan perawatan AC mobil dengan baik bisa jadi kompresor AC macet. Salah satu yang menyebabkan kompresor macet adalah kekurangan oli dan sudah aus. Nah, agar tidak sampai terjadi AC mobil bocor silahkan simak penjelasan berikut ini:

  1. Melakukan service AC mobil secara rutin 

Ketika anda sudah tahu banyak sekali faktor yang menyebabkan AC mobil tidak bekerja dengan baik maka anda perlu melakukan service AC secara rutin. Silahkan melakukan berbagai perawatan agar kondisi kompresor AC tetap bagus dan tahan lama. Nah, dengan melakukan service AC secara rutin, tidak hanya kompresor saja, komponen yang lain juga akan dibersihkan.

  1. Melakukan pergantian spare part AC sebelum mengalami kerusakan yang parah 

Kalau sebelumnya melakukan service agar kondisi kompresor tetap bagus, maka langkah selanjutnya adalah mengganti komponen-komponen yang sudah mulai rusak. Jangan sampai dibiarkan saja karena bisa menyebabkan kerusakan pada AC mobil yang semakin parah. Lantas spare part AC apa saja yang perlu diganti?

  • Anda bisa mengganti Fan AC agar tekanan freon tetap stabil
  • Melakukan pergantian freon yang sudah sedikit karena kalau dibiarkan akan membuat kompresor bekerja lebih keras
  • Silahkan mengganti oli pelumas yang sudah tinggal sedikit. Hal ini bertujuan agar sistem AC bisa bekerja dengan baik
  • Mengganti sekring yang rusak agar arus listrik yang mengarah ke kompresor tidak terputus
  • Seal bocor harus segera diganti karena untuk mencegah tekanan gas freon menuju sistem AC melemah. Mengingat kalau tekanannya lemah AC tidak bisa mengeluarkan suhu dingin

Baca Juga : Mobil Gak Bisa Distarter? Kenapa Ya? Simak Jawabannya di Sini!

Jadi setiap spare part AC mobil anda perlu paham. Nah, dengan menerapkan penggunaan AC dan perawatan yang tepat, usia AC mobil bisa lebih tahan lama. Masalah AC mobil bocor sudah tidak terjadi lagi karena sudah dilakukan penanganan yang tepat oleh tenaga yang profesional.

Segera Ke Bengkel AC Dokter Mobil Untuk Service AC Mobil Terbaik

Jika anda masih bingung atau masih awam dengan keadaan AC mobil, gak usah bingung. Segera bawa mobil anda ke Dokter Mobil. Bengkel berpengalaman ini bisa mengatasi segala masalah pada AC mobil kesayangan anda. Service AC mobil dari Dokter Mobil pastinya sangat memuaskan, karena sudah banyak konsumen merasa senang dengan pelayanannya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *