Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Ac Mobil Bunyi Ngeses

Ac Mobil Bunyi Ngeses

Penyebab :

AC mendesis bisa saja menjadi hal yang wajar, karena bunyi desisan ini berasal dari katup ekspansi yang letaknya didekat evaporator. Sementara evaporator, terletak didalam dashboard mobil.

Biasanya bunyi desisan yang wajar terjadi ketika AC baru dinyalakan.

Ketika kompresor terhubung, maka akan timbul bunyi desis dari kisi-kisi AC sekitar beberapa saat. Bunyi desis ini terjadi karena freon dari kompresor melewati celah kecil pada katup ekspansi.

Dan bunyi desis akan berhenti ketika kipas pendingin sudah berputar dengan sempurna. Saat kondisi ini, tidak ada kerusakan apapun.

Sehingga kalau AC mobil mendesis namun AC masih dingin seperti biasanya maka itu masih normal.

Solusi :

Sebelum anda mengecek ke bengkel, ada baiknya anda periksa dahulu sendiri. Karena bunyi bunyian yang dikeluarkan oleh mobil anda ada kemungkinan terjadi karena penyumbatan pada breather tangki bensin. Logikanya, jika mobil baru saja di panaskan tentunya putaran mesin idle dan tidak terlalu lama sehingga konsumsi bensin pun hanya sedikit. Jika sehabis menyelesaikan perjalanan maka penyusutan bensin di tangki pasti lebih sidnifikan. Di situlah lubang breather bekerja untuk menjaga agar tidak terjadi vakum di dalam tangki bensin. Hal ini menjadi sangat penting karena akan berakibat terhambatnya supply bensin ke mesin. Jika lubang breather tersebut tersumbat, kerap kali tangki bensin memaksa bernafas melalui tutup pengisian BBM. Dan kita akan mendengar sebagai desis.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *