Posted by Aditya Dokter Mobil Uncategorized

Simak, Ini Dia Penyebab AC Mobil Panas Beserta Solusinya

AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas

Pemilik kendaraan merasa bahwa AC mobil panas ketika digunakan berkendara. AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas ini mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Ada beberapa penyebab mengapa AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas saja. Rata-rata, mobil Anda mengalami kerusakan pada komponen magnetic clutch.

Magnetic clutch ini berfungsi sebagai komponen yang menghubungkan antara kompresor AC mobil dengan mesin mobil. Apabila komponen magnetic clutch rusak, maka kompresor AC mobil tidak dapat bekerja maksimal.

Akibatnya, hanya suhu panas yang dihasilkan dan didistribusikan ke blower AC mobil. Pemilik wajib membawa mobil ke bengkel spesialis AC mobil, seperti Dokter Mobil agar AC dapat bekerja secara normal kembali.

Ini Dia Penyebab AC Mobil Panas

penyakit innova bensin

Umumnya, AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas ini disebabkan karena adanya kerusakan pada komponen magnetic clutch. Jika komponen magnetic clutch ini rusak, maka dapat dipastikan akan mengganggu sistem kerja dari kompresor AC mobil.

Sehingga, kompresor hanya menghasilkan suhu panas saja. Ada beberapa ciri-ciri dari kerusakan yang disebabkan karena kerusakan pada magnetic clutch. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :


  1. Munculnya Suara-Suara Bising dari Blower AC Mobil

Ciri pertama, akan muncul suara-suara aneh yang berasal dari blower AC mobil. Hal tersebut disebabkan karena komponen magnetic clutch mengalami kerontokan. Hal tersebut menyebabkan AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas. Maka dari itu, Anda disarankan untuk ke bengkel mobil guna penggantian komponen.

  1. AC Terasa Panas Ketika Mobil Dipacu Hingga Kecepatan Tinggi

Ciri kedua, AC akan terasa panas ketika mobil dipacu hingga kecepatan tinggi. Biasanya, siklus munculnya suhu panas pada AC mobil ini tidak terjadi secara berulang-ulang.

Awalnya, Anda merasa bahwa AC mobil panas ini hanya terasa beberapa kali saja. Namun, jika tidak segera di servis, maka AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas secara terus menerus ketika mobil digunakan.

  1. AC Terasa Panas Ketika Mobil Melewati Jalanan Macet

Ciri ketiga, AC akan mengeluarkan suhu panas ketika mobil melewati jalanan macet. Hal tersebut disebabkan karena komponen magnetic clutch mengalami kerusakan. Akibatnya, suhu AC tidak normal ketika mobil Anda melewati kemacetan.

Cara Mengatasi Kerusakan pada Magnetic Clutch yang Menyebabkan AC Mobil Panas

Kerusakan pada magnetic clutch ini bisa saja disebabkan karena komponen tersebut pecah, aus karena kurang asupan oli mesin, atau bahkan berkarat. Apabila magnetic clutch rusak, maka Anda harus segera melakukan beberapa langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Pertama, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu seberapa parah kerusakan pada komponen magnetic clutch. Apabila komponen tersebut hanya aus atau berkarat, maka Anda bisa langsung saja ke bengkel terdekat untuk melakukan service magnetic clutch. Biaya service magnetic clutch ini tidak terlalu mahal jika keluhannya ada pada keausan atau berkarat.

Namun, apabila komponen magnetic clutch ini pecah atau rusak permanen, maka Anda wajib mengganti komponen magnetic clutch. Biaya penggantian komponen magnetic clutch ini cukup mahal. Sehingga, Anda harus mempersiapkan budget untuk memperbaiki komponen tersebut.

Biaya-Biaya Service Magnetic Clutch di Bengkel Mobil Terpercaya

baca juga : Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Dipanaskan? Ini Dia Penyebabnya

Pemilik mobil juga wajib tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika AC mobil panas dan tidak dapat normal kembali. Besaran biaya perbaikan magnetic clutch ini mengacu pada jenis kerusakannya.

Apabila magnetic clutch ini hanya mengalami aus atau berkarat, maka biaya service memang tidak terlalu mahal. Pemilik hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000 saja.

Apabila magnetic clutch pecah atau rusak permanen, maka pemilik kendaraan wajib melakukan penggantian total. Harga magnetic clutch ini sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 600.000.

Biaya perbaikan AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas tersebut belum termasuk ongkos penggantian komponen yang dilakukan oleh montir bengkel. Apabila Anda ingin melakukan service magnetic clutch, maka pemilik kendaraan bisa langsung ke Dokter Mobil.

Dokter Mobil merupakan salah satu bengkel spesialis AC mobil terbaik dan terpercaya. Anda tak perlu khawatir, sebab montir dan teknisi kami akan membantu memperbaiki komponen magnetic clutch sesuai dengan tingkat kerusakannya. Sehingga, suhu AC mobil dapat normal kembali. Apabila suhu AC mobil panas kembali, maka silahkan bawa mobil Anda ke cabang Dokter Mobil terdekat.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *