Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Bahaya dari AC Mobil Panas dan Bau Asem

Pernahkah AC mobil anda tiba-tiba hanya menghasilkan hawa panas disertai dengan bau asam? Ini bahaya ! Sudah tahu Bahaya dari AC Mobil Panas dan Bau Asem? Hal ini pada dasarnya berbahaya bagi anda dan orang-orang lainnya yang menumpang di dalam mobil anda. Lantas apa solusinya ?

AC mobil panas dan bau asem sendiri dapat disebabkan banyak sebab. Oleh sebab itu, solusi untuk masalah ini pun berbeda-beda tergantung penyebab masalahnya itu sendiri.

Bahaya yang Ditimbulkan AC Mobil Panas dan Bau Asem

Masalah AC mobil di atas sangat berbahaya karena dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi saat mengemudi. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan tunggal, ataupun kecelakaan yang melibatkan mobil anda dan kendaraan lainnya. Beberapa bahaya yang timbul di antaranya adalah :

  1. Perjalanan Menjadi Tidak Nyaman
    AC mobil yang dingin akan menghasilkan perjalanan yang menyenangkan. Namun AC mobil panas dan bau asem justru menyebabkan rasa gerah, berkeringat, dan perasaan tidak nyaman lainnya. Perjalananpun akan terasa tidak menyenangkan.
  2. Mudah Merasa Lelah
    Jika udara di dalam mobil sejuk dan segar, perjalanan jauh akan terasa dekat dan menyenangkan. Namun jika kondisi di dalam mobil ibarat neraka, maka perjalanan dekat pun akan terasa jauh dan melelahkan.
  3. Kehilangan Konsentrasi
    AC mobil panas dan bau asam akan menyebabkan pengendara dan penumpang merasa cepat lelah sehingga akan mudah mengantuk. Rasa kantuk ini adalah penyebab hilangnya konsentrasi saat berkendara. Dan jika anda memaksakan diri berkendara pada kondisi tersebut, kecelakaan dapat terjadi kapan saja.

Selain masalah kenyamanan dan keselamatan saat berkendara, AC mobil panas dan bau asam juga pada umumnya membawa berbagai macam penyakit yang berasal dari bakteri, virus, dan kuman. Bakteri, virus, dan kuman ini membawa penyakit seperti iritasi kulit, masalah pencernaan, masalah pernapasan, demam, dan penyakit lainnya. Bagaimana bisa ?

Mengapa hal tersebut dapat menyebabkan penyakit tentu harus melihat penyebab munculnya masalah AC mobil panas dan AC mobil bau asem. Adapun penyebab AC mobil panas dan bau asem antara lain :

1. Mobil terlalu lama diparkirkan di bawah terik matahari

Mobil yang terlalu lama diparkirkan tersebut AC mobilnya akan panas. Begitu juga cairan freonnya. Akibatnya, ketika AC mobil dinyalakan, freon justru tidak memberikan hawa dingin namun justru menghasilkan hawa panas.

Bau asem itu sendiri umumnya berasal dari kotoran dan asap kendaraan bermotor yang berhasil masuk ke dalam saluran AC mobil anda. Untuk itu sangat penting melapisi mobil dengan sarung atau cover mobil saat anda meninggalkannya di parkiran.

2. Adanya Lendir Menyumbat Saluran AC

Jika anda tidak dapat menjaga kebersihan mobil dan AC mobil anda, kotoran dapat masuk ke dalam saluran AC mobil dan menggumpal menjadi lendir. Lendir ini bau dan akan menyumbat saluran AC. Akibatnya AC mobil tidak mampu menghasilkan udara segar namun udara yang bau apek, asem, dan gerah sehingga terasa panas.

Untuk menyelesaikan masalah ini, lendir tersebut harus dibuang dengan cara bongkar saluran AC mobil dan mencucinya. Namun ada juga cara yang cukup praktis yaitu dengan melakukan flushing pada AC mobil.

Lendir ini harus segera dibersihkan karena tidak hanya menyumbat saluran freon AC mobil, namun juga dapat menjadi asam penyebab korosi pada kompresor AC. Korosi akan menyebabkan kompresor AC retak, jebol, dan berlubang. Jika ini sudah terjadi, biaya service nya akan sangat besar. Pada beberapa kasus, service kompresor jebol tidaklah memungkinkan dan harus mengganti dengan kompresor AC baru.

Dari manakah asalnya lendir ini ?

Lendir ini dapat berasal dari kotoran sisa ketidak bersihan anda saat berkendara, seperti :

  • Asap rokok ketika anda merokok di dalam mobil
  • Remah makanan ketika anda makan di dalam mobil
  • Cairan minuman ketika anda minum di dalam mobil
  • Asap dan debu jalanan ketika anda terlalu lama membuka kaca jendela di jalan
  • Alas kaki yang kotor ketika anda masuk ke dalam mobil
  • Parfum mobil yang mengandum banyak minyak aromaterapik

Kotoran atau polusi – polusi di atas akan masuk ke dalam saluran AC dan membentuk gel / lendir asam yang mampu mengkorosi atau mengkaratkan komponen kompresor AC.

Bagaimana cara menghilangkan lendir penyebab AC mobil panas dan bau asem ini ?

Cara terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan flushing pada kompresor AC mobil. Flushing adalah proses menyedot semua isi kompresor AC, dan freon AC lalu mengisi ulangnya dengan oli kompresor dan freon AC baru dan segar. Dengan flushing, kompresor baru akan kembali seperti baru.

1. Evaporator AC Kotor

Evaporator AC yang sudah kotor akan menghambat angin yang datang melewatinya. Akibatnya angin yang lewat hanya sedikit dan sudah terkontaminasi kotoran pada evaporator. Akibatnya, hawa pada angin tersebut adalah hawa yang terasa gerah, panas, bau, dan membawa berbagai macam penyakit.Untuk mengatasi masalah ini, evaporator AC harus dicheck secara berkala. Jika evaporator sudah kotor, maka harus segera diganti atau dicuci hingga bersih.

2. Filter AC Kotor

Sama halnya seperti evaporator, kotornya filter AC akan menyebabkan udara yang lewat menjadi terhambat dan hanya membawa udara yang sudah terkontaminasi kotoran dari filter AC.

Untuk mengatasi hal ini, satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah mengganti filter AC. Kita tidak dapat mencuci filter AC karena filter AC terbuat dari bahan seperti kertas.2.

3. Fan AC Mati atau Bermasalah

Fan AC yang tidak berfungsi normal juga dapat menjadi penyebab masalah AC mobil panas maupun AC mobil bau asem. Ini karena fan AC berfungsi mendinginkan kompresor AC. Kompresor yang tidak didinginkan akan mengalami overheating yang kemudian akan mempengaruhi kualitas freon AC. Freon AC yang panas pun umumnya memberikan bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu, beberapa hal seperti kebersihan fan AC, dan kelistrikan pada fan harus sangat diperhatikan.

Beberapa masalah lain yang sering dialami fan AC adalah patah atau meleleh akibat panas berlebih dari mesin mobil maupun mesin kompresor AC. Oleh sebab itu, belilan fan AC yang terbuat dari bahan yang cukup dapat menahan panas dengan baik.

Solusinya? Ini Dia..

Beberapa solusi yang dapat anda lakukan jika mobil anda mengalami masalah ini, antara lain :

1. Segera Cuci AC Mobil Anda

Tujuan mencuci AC mobil adalah untuk memastikan kebersihan pada beberapa komponen AC seperti evaporator dan filter AC. Selain itu mencuci AC juga untuk memastikan tidak adanya bangkai penyebab bau asem dan bau bangkai pada mobil anda.Dengan mencuci AC, kotoran yang mengganjal komponen AC seperti kipas AC dapat disingkirkan sehingga kipas dapat berputar dengan lancar sehingga kompresor AC tidak mudah mengalami overheat.

2. Segera Flushing AC Mobil Anda

Dengan flushing, kotoran di dalam kompresor AC dan saluran AC dapat terangkat dan dibuang sehingga kompresor AC dan salurannya bersih. Kotoran ini adalah sumber bau pada AC mobil. Flushing AC Mobil Panas Avanza

3. Gantilah Komponen Mobil Anda yang Bermasalah

Ada kalanya ternyata masalah AC mobil panas dan AC mobil bau yang anda alami terjadi karena ada komponen AC yang rusak. Komponen AC yang rusak tersebut harus diganti segera agar tidak merembet merusak komponen lainnya pada mobil.Beberapa komponen AC mobil yang mudah rusak dan menyebabkan masalah AC panas dan bau adalah :

– Kompresor AC yang kotor dan Jebol
– Fan AC bermasalah karena kotor dan ngadet
– Oli mobil yang bocor ke saluran freon
– Freon AC yang bocor dan tercampur oli di dalam kompresor

Sangat tidak disarankan untuk mengatasi masalah bau asem pada AC mobil anda dengan hanya meletakkan parfum di depan blower AC. Parfum atau pengharum ruangan memang akan menghilangkan bau asem namun tidak mengatasi penyebab AC panas dan bau asem. Jika masalah tersebut tetap dibiarkan, dikhawatirkan kompresor AC akan jebol semakin parah, lendir semakin lengket pada komponen AC, dan pada akhirnya anda harus mengganti seluruh komponen AC dengan yang baru.

Penting Diketahui !

Juga tidak disarankan untuk membongkar AC mobil anda sendiri jika anda awam mengenai bongkar pasang AC mobil, tidak didampingi instruktur profesional, dan tidak diperlengkapi dengan peralatan perbengkelan yang memadai. Beberapa hal yang mungkin terjadi jika anda memaksakan diri memperbaiki sendiri AC mobil anda yang mengalami AC mobil panas, dan AC mobil bau asem adalah :

– Ada komponen (baut dan onderdil lain) yang hilang
– Ada komponen yang rusak / sleg
– Ada resiko pemasangan yang kurang rapat, atau mungkin terlalu kencang
– Ada resiko kesalahan penyambungan selang ataupun kabel
– dan masalah lain jika anda memaksakan diri memperbaiki sendiri AC mobil anda.

Baca Juga : Solusi Tepat Untuk AC Mobil Kurang Dingin

Nah, itulah ulasan terkait Bahaya dari AC Mobil Panas dan Bau Asem. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Bagi anda yang tertarik untuk menservice mobilnya, dapat menghubungi atau mengunjungi Dokter Mobil di alamat :

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *