Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC, Tips merawat ac mobil

6 Tips Merawat AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

ac mobil tidak dingin hanya keluar angin

Saat anda berkendara dan mendapati AC mobil tidak dingin hanya keluar angin, itu bisa jadi tanda awal dari kerusakan yang mungkin lebih serius lagi. Saat berkendara dan suhu di dalam mobil jadi sejuk tentu rasanya akan sangat nyaman dan konsentrasi makin fokus. Beda halnya jika anda berkendara dalam kondisi kegerahan, tentunya anda akan berupaya mencari kipas maupun benda lain untuk mendinginkan udara.

Masalah ini juga bisa merupakan awal dari kerusakan yang mungkin lebih besar. Bisa jadi kehabisan freon, kondensor yang kotor, atau komponen AC lainnya yang memang perlu dibersihkan bahkan diperlukan pergantian. Mengabaikan masalah ini bisa membuat kondisi kendaraan tidak nyaman, apalagi jika membawa keluarga atau rekan tentu sangat tidak menyenangkan.

Tips Dalam Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Saat kendaraan Anda mengalami AC mobil tidak dingin hanya keluar angin, tentu tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Berikut ini adalah beberapa tips supaya AC aset tetap dingin :

  • Menjaga Kebersihan Kabin

Debu yang menumpuk pada kendaraan bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk menjaga kebersihan kabin agar tidak berdebu. Apalagi, sehabis melewati medan yang berdebu atau membawa banyak penumpang. Segera bersihkan dengan vacuum cleaner setelah anda berkendara pada kondisi-kondisi tersebut.

  • Menutup Jendela Selama Kendaraan Berjalan

Hal sepele yang harus diperhatikan juga tutuplah jendela selama anda berkendara. Ini akan membuat sistem pendinginan di dalam mobil akan berjalan optimal dari pada jendela yang terbuka. Terbukanya jendela selama berkendara apalagi di area yang kotor, tentunya akan membuat debu dan partikel penyumbat saluran AC akan lebih mudah masuk.

  • Tidak Merokok Dalam Mobil

Penyebab AC mobil hanya keluar angin juga bisa dari kebiasaan pengendara maupun penumpang nya yang sering merokok di dalam mobil. Kadar nikotin yang tinggi dalam jangka waktu lama bisa membuat evaporator jadi kotor dan mengurangi fungsi pendinginan AC. Selain itu, bau tidak sedap juga akan tercium kalau sering-sering merokok di dalam mobil.

  • Jangan Menyalakan AC Secara Langsung

Hal selanjutnya yang penting dalam perawatan ini adalah jangan hidupkan AC saat mobil mulai dinyalakan. Ini akan membuat kerja dari mesin maupun sistem pendinginan jadi lebih berat. tunggulah terlebih dahulu mobil dalam keadaan stabil dan panas barulah AC di dalam kendaraan dihidupkan.

  • Bersihkan Kondensor Saat Cuci Mobil

Pada saat Anda mencuci mobil, jangan lupa untuk juga membersihkan komponen-komponen kondensor. Ini merupakan hal yang sering dilupakan, padahal debu dan kotoran yang menumpuk pada kondensor bisa mengakibatkan korosi dan kebocoran. Jika hal ini sudah terjadi, maka akan lebih sulit dirawat dan bahkan perlu diganti.

  • Memasang Filter Kabin

Mengatasi AC mobil hanya keluar angin salah satunya bisa dilakukan dengan memasang filter kabin. Fungsinya sendiri adalah sebagai penyaring kotoran dan debu agar tidak langsung terisap ke dalam sistem pendinginan AC dan bagian evaporator. Filter kabin juga harus diperiksa dengan rutin saat mobil diservis pada bengkel.

Baca Juga : Penyebab Mesin Panas Berlebihan

Kesimpulannya, banyak hal yang jadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Adapun tips untuk mencegahnya antara lain menjaga kebersihan dalam kabin, menutup jendela saat berkendara, tidak merokok dalam mobil, jangan langsung nyalakan AC berbarengan dengan mesin, bersihkan kompresor serta memasang filter kabin. Cara-cara tersebut akan membuat AC mobil lebih terawat dan sistem pendinginan lebih optimal.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *