Posted by Aditya Dokter Mobil Uncategorized

AC Mobil Tidak Dingin Siang Hari? Ini Penyebab dan Solusinya

AC Mobil tidak dingin siang ha

 yang harus segera diatasi. Jika tidak segera diatasi, maka dapat berakibat paPernahkan Anda merasa bahwa AC mobil tidak dingin siang hari? AC mobil yang tidak dingin  ini tentu menjadi salah satu kendalada kerusakan komponen AC mobil lainnya. Untuk itu, Anda wajib membawa kendaraan ke bengkel spesialis AC mobil terdekat untuk mengecek sekaligus melakukan tindakan service yang dibutuhkan.

Tujuannya agar AC mobil kembali dingin di siang maupun malam hari. Sebab, ketika kabin mobil tidak terasa dingin tentu dapat menyebabkan hilang fokus ketika berkendara. Hal ini diperparah dengan suhu udara yang cukup menyengat. Sehingga, fungsi AC mobil cukup penting bagi seseorang yang tengah mengemudi.

Ini Dia Beberapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Siang Hari

starter mobil berat

Beberapa pemilik kendaraan tentu merasa bingung ketika AC mobil yang tidak terasa dingin di siang hari, namun di malam hari justru suhunya kembali normal. Tentu saja, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor kerusakan pada komponen kendaraan. Maka dari itu, ini dia beberapa penyebab yang membuat AC mobil tidak terasa dingin ketika digunakan pada siang hari. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :


  1. Perbedaan Temperatur Suhu Mobil

Perbedaan temperatur suhu mobil menjadi salah satu penyebab AC mobil Anda tidak terasa dingin ketika siang hari. Hal ini disebabkan karena suhu di siang hari tentu lebih panas dibandingkan dengan malam hari. Sehingga, udara yang masuk ke mobil menjadi lebih panas dibandingkan ketika udara masuk di malam hari.


  1. Kerusakan pada Komponen Extra Fan Mobil

Penyebab AC mobil tidak terasa panas di siang hari ini juga disebabkan karena adanya kerusakan di komponen extra fan mobil. Extra fan mobil ini berfungsi sebagai alat bantu untuk mendinginkan gas freon yang diproduksi oleh kompresor.

Gas freon yang diproduksi oleh kompresor ini memiliki suhu sekitar 100 derajat celcius. Setelah itu, gas freon akan diteruskan ke kondensor. Disinilah peran extra fan mobil.

Kipas ini berguna untuk menurunkan suhu gas freon sebelum diteruskan ke saringan filter AC mobil. Apabila extra fan rusak, maka proses kondensasi di komponen kondensor tidak sempurna. Hal tersebut menyebabkan AC mobil tidak dingin karena gas freon terlalu panas ketika disalurkan ke filter AC mobil hingga expansion valve.

  1. Evaporator Kotor

Dan penyebab AC mobil tidak dingin ini karena evaporator terlalu banyak kotoran. Cara mengecek evaporator kotor atau tidak dapat dilihat dari selang yang terhubung dengan blower AC mobil.

Jika selang tampak mengembun ketika AC dihidupkan, tetapi kabin mobil tidak terasa dingin. Dapat dipastikan bila evaporator mobil Anda tersumbat kotoran dan wajib dibawa ke bengkel mobil terdekat agar kotoran dalam evaporator segera dibersihkan.

baca juga : Mengatasi Mobil Lemah di Tanjakan dengan Remap? Ini Penjelasannya

Cara Mengatasi Masalah pada AC Mobil tidak Dingin Siang Hari

Apabila mobil Anda bermasalah pada komponen AC mobil, maka ada beberapa cara jitu untuk mengatasi kendala tersebut. Pertama, cek bagian temperatur suhu AC mobil terlebih dahulu. Apabila ada perbedaan suhu, maka segera lakukan tune up komponen AC mobil. Bisa saja hal tersebut disebabkan karena adanya kerusakan untuk komponen tertentu.

Dan jika sumber masalah AC mobil  tidak terasa dingin disebabkan oleh extra fan bermasalah, maka Anda wajib ke bengkel spesialis AC mobil untuk melakukan penggantian komponen.

Sebab, cukup sulit bagi seseorang yang tidak memiliki kemampuan di bidang otomotif untuk mengganti extra fan mobil secara mandiri dirumah. Untuk itu, segera bawa mobil Anda ke bengkel spesialis seperti Dokter Mobil.

Dokter Mobil merupakan salah satu bengkel spesialis service dan perawatan AC mobil. Apabila mobil Anda mengalami kerusakan komponen, seperti kotornya evaporator yang menyebabkan Ac mobil terasa kurang panas di siang hari. Tak perlu ragu, Dokter Mobil merupakan salah satu bengkel yang menerapkan protokol kesehatan ketat dan tetap menjaga 5M sesuai anjuran Pemerintah. Jadi, tak perlu khawatir apabila Anda datang ke bengkel Dokter Mobil agar masalah AC Mobil tidak dingin dapat diselesaikan segera.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *