Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil

Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusi Mengatasinya

Mengatasi Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Menyebabkan Kenyamanan Berkendara Anda Terganggu

Munculnya masalah AC mobil tidak dingin harus ditangani dengan tepat. Inilah faktor penyebab serta solusinya. Wajib anda ketahui. Dengan mengetahui faktor penyebab maka solusi untuk masalah ini dapat segera ditentukan.

Beberapa orang menunda perbaikan masalah ini. Padahal dengan menunda, kerusakan dapat semakin parah dan merembet pada komponen lain mobil anda.

Untuk memperbaiki masalah ini, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencari penyebab munculnya masalah ini. Dengan demikian, anda bisa tahu solusi apa yang tepat dan baik untuk dilakukan.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Masalah AC di mobil yang kini tak lagi dingin disebabkan oleh banyak faktor penyebab. Beda faktor penyebab, beda juga solusinya. Dan tentunya akan beda juga biaya servicenya.

Adapun beberapa penyebab masalah AC mobil tidak dingin antara lain adalah:

Kerusakan pada Magnetic Clutch

Magnetic clutch berfungsi sebagai pengatur putaran mesin agar membuat kompresor ikut berputar. Namun magnetic clutch membutuhkan daya magnetism untuk bekerja maksimal. Hilangnya daya magnetism dapat menyebabkan kompresor AC mobil tidak berputar dengan semestinya.

  • Penyebab Kerusakan

    Ada beberapa penyebab kerusakan pada magnetic clutch, di antaranya kelistrikan mobil yang tidak stabil, overheat pada mesin, dan kualitas magnetic clutch yang kurang baik.

  • Mengatasi Kerusakan pada Magnetic Clutch

    Solusi untuk mengatasi kerusakan pada part ini adalah dengan melakukan penggantian magnetic clucth. Pastikan anda mengganti dengan magnetic clutch yang berkualitas baik, kompatible dengan jenis mobil anda, dan tersedia garansi (minimal 3 bulan).

  • Harga Magnetic Clutch Mobil

    Untuk harga penggantian magnetic clutch sangat bervariasi. Mulai dari 500 ribuan, hingga 3 juta rupiah. Tergantung merk, kualitas, dan jasa bongkar pasang magnetic clutch tersebut.

Namun banyak bengkel mobil yang mengatakan bahwa sumber masalah AC mobil anda yang tidak dingin tersebut adalah karena rusaknya magnetic clutch. Oleh sebab itu, pastikan anda mengetahui beda magnetic clutch yang masih berfungsi dengan baik, dan magnetic clutch yang sudah rusak.

Putus atau Copotnya Fan Belt AC Mobil

Fan belt adalah sabuk yang menghubungkan antara putaran mesin dengan kompresor AC mobil. Jika fan belt putus atau copot, maka kompresor tidak berputar. Jika kompresor tidak berputar, kondensor tidak bekerja dan freon tidak mendinginkan udara. Dan bisa ditebak, muncullah masalah seperti AC mobil tidak dingin atau hanya mengeluarkan angin.

  • Penyebab Masalah pada Fan Belt AC Mobil

    Ada beberapa penyebab masalah pada fan belt ini. Beberapa di antaranya adalah faktor usia fan belt dan terbakarnya fan belt. Selain itu juga bisa disebabkan kualitas fan belt yang memang jelek.

  • Solusi yang Tepat

    Untuk solusinya, tidak ada cara lain selain melakukan penggantian spare part. Pastikan untuk membeli fan belt yang berkualitas (tahan lama dan tahan panas).

  • Harga Fan Belt Baru untuk AC Mobil

    Bicara soal harga, spare part yang satu ini harganya cukup bervariasi. Tergantung jenis mobilnya. Dari yang seharga 100 ribu, sampai jutaanpun ada. Namun biasanya harga fan belt (berikut pemasangan) ada di kisaran harga 500 ribu sampai 1 juta.

Sebelum mengganti fan belt, tanyakan dahulu kepada mekanik mengapa part yang satu ini bermasalah. Apakah karena ternyata tidak kompatible (kebesaran ataupun kekecilan), atau karena hal-hal lainnya. Dengan demikian, anda bisa mencegah masalah yang sama terulang kembali.

Panas Berlebih di Mesin dan Kompressor AC Mobil

Suhu mesin (baik itu mesin mobil, maupun mesin kompresor) yang terlalu panas dapat merembet hingga akhirnya menjadikan cairan freon ikut panas. Akibatnya, kualitas freon menjadi berkurang. Pada titik tertentu, kualitas freonpun hilang.

Freon yang kepanasan tidak mampu lagi untuk mendinginkan udara yang terkondensasi di kondensor AC. Hasilnya tidak hanya menjadikan AC mobil cuma keluar angin, namun pada kasus tertentu menyebabkan AC mobil mengeluarkan hawa panas.

Untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan melakukan penggantian freon AC mobil. Pastikanlah untuk mengganti dengan freon yang lebih tahan terhadap paparan panas. Dengan demikian, freon akan lebih maksimal dalam mendinginkan ruangan mobil anda.

Biaya untuk isi ulang freon biasanya tidaklah begitu besar. Biasanya hanya sekitar Rp50.000,- untuk tiap kilogram cairan freon.

  • Solusi Mengatasi Masalah Panas di Mesin

    Namun masalah suhu mesin yang terlalu panas pun tetap harus diatasi. Solusi untuk masalah ini antara lain: Mengganti oli mesin, Melakukan tune up pada mesin, Melakukan penggantian spare part yang menjadi penyebab overheating.

  • Solusi Mengatasi Masalah Overheat di Kompressor AC Mobil

    Selain mesin, kompressorpun bisa overheat. Solusinya maka perlu dicheck apa penyebab masalahnya. Bisa karena oli kompressornya sudah habis atau sudah tidak layak. Bisa juga karena kipasnya mati. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa menentukan solusinya.

    Dan untuk memastikan kompressor benar-benar kembali normal, pastikan untuk membersihkan kompressor dengan cara melakukan flushing AC.

Biaya untuk mengatasi overheating pada mesin berkisar di angka 500 ribu rupiah hingga belasan juta. Tergantung tingkat kerusakan dan komponen apa yang perlu diganti. Disarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengecheckan kerusakan dan mintalah estimasi biaya perbaikan.

Kebocoran Freon AC Mobil

Berkurang atau habisnya freon adalah hal yang tidak mungkin, kecuali terjadi kebocoran pada saluran AC. Oleh sebab itu, jika freon AC mobil anda berkurang, segeralah cari titik kebocorannya.

  • Ciri Freon AC Mobil yang Bocor 

    Anda bisa mengetahui bahwa freon AC mobil berkurang karena kebocoran dengan melakukan pengecheckan secara langsung ke bengkel. Namun ada beberapa tanda bahwa freon anda berkurang karena bocor. Di antaranya adalah adanya bunyi mendesis dari saluran AC mobil, adanya bau freon di dalam ruangan, maupun AC mobil yang kembali tidak dingin padahal baru isi freon.

  • Mencari Titik Kebocoran

    Pada dasarnya tidak mudah untuk mencari titik kebocoran. Namun anda dapat melakukannya dengan bantuan alat yang cukup canggih. Namun jika tidak memiliki alat tersebut, anda dapat menggunakan air sabun.

    Jika sudah menemukan titik kebocoran, anda bisa menambalnya ataupun mengencangkan sambungannya. Adapun beberapa titik yang kerap jadi sumber kebocoran freon antara lain: Sambungan selang (seal), Kondensor yang terkorosi, Kompresor AC yang retak, Selang yang sudah tua dan lapuk.

Biaya untuk mengatasi kebocoran ini cukup bervariasi. Antara 50 ribu hingga beberapa juta rupiah. Tergantung tingkat masalah. Pada kasus kompresor AC yang retak, biayanya tentu akan lebih besar.

Evaporator AC Mobil yang Kotor Ataupun Bocor

Evaporator yang kotor dapat menyebabkan aliran freon tidak bisa berjalan sesuai dengan yang seharusnya. udara dingin tidak bisa melewati evaporator. Akibatnya, AC mobil tidak hanya mengeluarkan hawa panas, namun juga bau dan kuman penyakit.

Ada beberapa solusi mengatasi AC mobil tidak dingin yang disebabkan oleh masalah di evaporator. Adapun solusinya di antaranya adalah:

  • Cuci AC Mobil dan Cuci Evaporator

    Pencucian AC mobil adalah kegiatan menyeluruh untuk membersihkan tiap bagian AC mobil. Dengan demikian, AC mobil kembali bersih seperti baru. Hal ini sangat direkomendasikan tidak hanya untuk memastikan AC mobil tetap dingin, namun juga menghindari kuman penyebab penyakit.

  • Ganti Evaporator

    Evaporator yang sudah terlalu berlendir, ataupun ada kebocoran perlu untuk diganti. Tidak perlu memaksakan untu menambal kebocoran pada evaporator. Karena kebocoran tetap saja akan terjadi pada titik lain evaporator. Dan artinya, penambalan kebocoran yang anda lakukan akan sia-sia.

Karena evaporator ini sangat penting, maka perlu dirawat dengan baik. Adapun cara merawatnya adalah dengan rutin melakukan cuci AC, tidak makan dan minum di dalam mobil, dan tidak merokok di dalam mobil.

Tersumbatnya Aliran Freon AC Mobil

Dingin tidaknya udara yang dihembuskan oleh AC sangat dipengaruhi oleh freon. Jika freon tidak mengalir, udara yang dihembuskan tidak akan menjadi dingin.

Ada beberapa penyebab tersumbatnya saluran freon, yaitu:

  • Frosting

    Merupakan sebuah kejadian di mana saluran freon tertutup oleh freon yang membeku. Hal ini biasa terjadi karena kualitas titik beku freon cukup tinggi. Sehingga membeku akibat suhu di sekitarnya. Solusi untuk masalah frosting ini adalah dengan mengganti freon AC anda dengan freon yang berkualitas lebih baik.

  • Saluran Freon Tergencet

    Karena satu atau lain hal maka saluran freon tergencet sehingga aliran freon menjadi tidak lancar. Untuk itu, solusinya adalah dengan menormalkan kondisi saluran freon. Atau bisa juga dengan mengganti selang dengan selang baru. Untuk memastikan freon tidak menerima panas mesin, ada baiknya juga mengganti selang dengan selang yang dilapisi dengan bahan isolator panas.

  • Ada Benda Asing di Dalam Saluran Freon

    Seringkali ada benda asing yang masuk ke dalam saluran freon mobil anda. Biasanya terjadi pada mobil yang penumpangnya sering merokok di dalam mobil, ataupun makan dan minum di dalam mobil. Untuk mengatasi masalah ini, dapat dilakukan dengan flushing AC mobil.

    Berapa biaya untuk flushing AC mobil? Untuk harganya berkisar di harga beberapa ratus ribu saja.

Nah itulah beberapa penyebab mengapa AC mobil anda menjadi tidak dingin. Jika anda kesulitan menemukan penyebab munculnya masalah ini, silahkan datang ke bengkel AC mobil untuk dilakukan pengecheckan.

Demikian artikel ini kami buat. Semoga bermanfaat untuk anda.

Jika memiliki pertanyaan seputar masalah AC mobil tidak dingin atau mengeluarkan hawa panas, silahkan menghubungi Dokter Mobil. Bisa dengan menghubungi kami via fitur chat di pojok kanan bawah, atau bisa juga dengan mengirimkan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button