Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC

AC Mobil Tidak Keluar Angin Sama Sekali? Periksa Komponen Ini!

ac mobil tidak keluar angin

AC mobil tidak keluar angin sama sekali ini menjadi salah satu ciri bahwa sistem komponen AC mobil Anda mengalami masalah cukup serius. Sebab, masalah tersebut tidak berkaitan dengan penyebab AC mobil tidak dingin.Melainkan ada komponen-komponen yang bermasalah ataupun rusak.

Sehingga, Anda perlu mencari penyebab AC mobil ini tidak mengeluarkan angin sama sekali. Meskipun, saklar AC telah Anda hidupkan dan menggunakan blower AC nomor 1 hingga nomor 3. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu beberapa penyebab mengapa AC mobil Anda tidak mengeluarkan angin sama sekali.

Inilah Penyebab AC Mobil Tidak Keluar Angin Sama Sekali

Ada beberapa penyebab mengapa AC mobil Anda ini tidak mengeluarkan angin. Sebab, terdapat dua jenis kendala AC mobil yang tidak mengeluarkan angin ini. Yakni, AC mobil tidak dingin sama sekali sejak AC dihidupkan atau AC tidak dingin sama sekali sesaat AC mobil dihidupkan.

 Untuk itu, ini dia beberapa penyebab mengapa AC mobil tidak keluar angin yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

AC Mobil Tidak Mengeluarkan Angin Sejak Saklar Blower AC Dihidupkan

  1. Kerusakan Di Bagian Resistor Blower AC Mobil

Apabila AC mobil Anda tidak mengeluarkan angin sejak saklar blower AC ini dihidupkan. Maka, penyebabnya ada pada resistor blower AC mobil.  Bisanya, resistor blower AC tersebut ada bagian kabel yang putus atau justru resistor blower AC mobil Anda rusak.

Kerusakan tersebut mengakibatkan terputusnya aliran listrik dari panel AC ke saklar blower. Akibatnya, uap dingin dari evaporator ke blower AC mobil ini mengalami gangguan. Sehingga, blower AC mobil tidak dapat menyalurkan udara dingin dari evaporator.

AC Mobil Tidak Mengeluarkan Angin Setelah Saklar AC Mobil Dinyalakan

  1. Kotornya Komponen Evaporator

Kotornya evaporator ini menjadi salah satu penyebab mengapa angin AC mobil tidak keluar. Sebab, angin AC mobil ini terhambat oleh debu dan kotoran yang terdapat pada komponen evaporator.

Alhasil, AC mobil tidak mengeluarkan angin setelah blower AC dinyalakan. Sehingga, pengemudi merasa kurang nyaman apabila AC mobil tidak mengeluarkan angin dan menyebabkan kabin mobil terasa panas.

  1. Kerusakan Pada Katup Expansi

Komponen katup expansi merupakan salah satu komponen penting AC mobil. Sebab, katup expansi (expansion valve) merupakan komponen yang mengubah cairan freon dari saringan filter ke bentuk gas uap dingin. Uap dingin inilah yang nantinya ditampung oleh evaporator guna disalurkan ke blower AC mobil Anda.

Baca Juga : Ganti Oli Mobil

Apabila komponen katup expansi ini mengalami kerusakan. Maka, cairan freon pun tidak bisa diubah menjadi gas. Akibatnya, AC mobil tidak dapat mengeluarkan angin setelah saklar blower AC dinyalakan.

Cara Mengatasi Masalah AC Mobil Tidak Mengeluarkan Angin

Apabila Anda telah mengetahui sumber masalah dari AC mobil yang tidak mengeluarkan angin. Maka, Anda perlu tahu pula bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Sehingga, AC mobil Anda dapat kembali digunakan. Untuk itu, inilah beberapa cara mengatasi masalah AC mobil tidak keluar angin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Membongkar Bagian Blower AC Mobil

Apabila masalah AC mobil tidak dingin sejak blower AC dihidupkan. Maka, Anda dapat membongkar bagian blower AC. Cek bagian resistor blower tersebut. Pastikan bahwa tidak ada kabel yang terputus. Apabila ada kabel yang terputus. Maka, Anda dapat mengganti resistor blower AC mobil di bengkel mobil terdekat.

  1. Membersihkan Evaporator

Apabila masalah angin AC mobil sempat keluar dan kemudian lama kelamaan tidak keluar angin sama sekali ini disebabkan oleh kotornya evaporator. Untuk itu, Anda perlu membersihkan komponen evaporator terlebih dahulu. Anda dapat ke bengkel terdekat untuk membersihkan komponen penampung gas uap dingin AC mobil ini.

  1. Memperbaiki Katup Expansi

Selain disebabkan oleh kotoran evaporator. Masalah tersebut juga disebabkan oleh rusaknya katup expansi. Untuk itu, Anda perlu membawa ke bengkel terdekat guna mengganti katup expansi.

Masalah AC mobil tidak mengeluarkan angin ini menjadi salah satu ciri dari adanya kerusakan yang cukup parah pada komponen AC mobil. Sebab, tidak keluarnya angin AC mobil ini dapat menyebabkan kabin mobil terasa panas. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab dan solusi AC mobil tidak keluar angin dingin.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *