Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Cek Sebab AC Mobil Nyala Tetapi Tetap Panas

Cek Sebab AC Mobil Nyala Tetapi Mobil Tetap Panas- Kenyamanan dalam berkendara dapat menurunkan resiko kecelakaan hingga 89%. Sayangnya ruangan di dalam mobil yang tetap panas meski AC sudah menyala dapat menurunkan tingkat kenyamanan dalam berkendara hingga 95%. Hal ini tentu saja berbahaya.

Baca Juga; Alami Mesin Mobil Panas Saat AC Dihidupkan? Ini Sebabnya !

Ada banyak sekali penyebab ruangan AC mobil tetap panas meski AC mobil sudah dinyalakan. Beberapa penyebab tersebut di antaranya adalah:

AC Mobil Tidak Mengeluarkan Hawa Dingin

Ada beberapa penyebab munculnya masalah ini. Beberapa penyebabnya antara lain adalah:

  • Freon AC mobil yang habis
    Umumnya terjadi karena adanya kebocoran pada saluran AC mobil
  • Freon AC mobil kehilangan kualitas pendinginannya
    Umumnya terjadi karena freon terkena panas yang berasal dari mesin mobil, atau adanya kebocoran pada saluran pembuangan (knalpot) mobil.Freon juga dapat kehilangan kualitas pendinginannya jika mobil sering diparkir di panas matahari. Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih menggunakan freon yang memiliki daya tahan akan panas yang cukup tinggi.Hal ini untuk mencegah freon “rusak” karena sering terpapar panas.
  • Freon AC mobil tersumbat
    Umumnya disebabkan sumbatan oleh freon AC mobil yang membeku, ataupun adanya kotoran yang menumpuk di dalam saluran AC mobil.

Nah hawa panas itu sendiri umumnya berasal dari overheating mesin yang menyebabkan freon AC mobil kehilangan kualitasnya. Alih-alih memberikan hawa dingin, freon justru membawa hawa panas yang berasal dari mesin mobil.

Overheating itu sendiri dapat disebabkan oleh beberapa sebab, di antaranya adalah:

  • Kerusakan pada kipas
  • Oli mobil yang habis / sudah berkurang kualitasnya
  • Adanya masalah lainnya pada mobil anda

 

Evaporator AC Mobil Kotor

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa membiarkan AC mobil tetap kotor akan menyebabkan udara yang dikeluarkan oleh AC mobil menjadi panas, pengab, dan berbau tidak sedap. Oleh sebab itu, mencuci evaporator AC mobil perlu dilakukan secara berkala.

Beberapa penyebab evaporator AC mobil dapat kotor antara lain adalah:

  1. Sering makan dan minum di dalam mobil
  2. Jarang/tidak pernah mencuci AC mobil
  3. Sering membuka jendela mobil saat AC mobil menyala
  4. Merokok di dalam mobil

Itulah beberapa penyebab AC mobil nyala tetapi tetap panas. Semoga membantu.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *