Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Air Radiator

Air Radiator Mobil Cepat Habis, Ini Dia Penyebab Utamanya

air radiator mobil cepat habis

Mungkin di antara kalian belum mengetahui penyebab air radiator mobil cepat habis walaupun sudah diisi dan selalu di cek tiap hari. Air radiator ini berfungsi untuk mendinginkan atau mengurangi pasar mesin mobil sehingga mesin mobil tidak akan mengalami overheat. Kalian juga harus mewaspadai jika air radiator mobil cepat habis karena itu bisa menjadi indikasi sistem radiator yang tidak beres.

Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis yang Jarang Diketahui

cara membersihkan mesin mobil

Pasti kalian bingung jika air radiator mobil cepat habis dan tidak tahu apa penyebabnya. Kali ini saya akan memberitahu kalian semua, apa yang menyebabkan air radiator cepat habis. Berikut ini adalah penyebab air radiator cepat habis, sebagai berikut :

  • Tutup Radiator yang Melemah

Penyebab pertama adalah berasal dari tutup radiatornya. Tutup radiator yang sudah melemah bisa menjadi indikasi dari penyebab air radiator yang cepat habis. Ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada karet bagian tutup radiatornya. Dengan tutup karetnya yang sudah melemah, itu bisa membuat air radiator mengalir ke tabung cadangan air dengan cepat bahkan sebelum pressure valve terbuka sehingga air radiator akan cepat habis.

  • Kebocoran di Water Pump

Water pump adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk memompa serta digunakan sebagai tempat untuk sirkulasi air yang ada di dalam mesin mobil. Jika komponen itu terjadi kerusakan, maka yang akan terjadi adalah penurunan volume air radiator yang cukup drastis. Jika air yang mengalir cukuplah deras, itu bisa membuat kebocoran menjadi sangat besar.

Karena kebocoran yang terjadi cukup deras, jika tidak segera diperbaiki itu akan membuat mesin mengalami overheat yang cukup parah. Biasanya kerusakan komponen ini dikarenakan usia pemakaiannya yang sudah tua dan sudah terkena rendaman air sehingga membuatnya menjadi keropos dan berkarat.

  • Bocornya pada Sirip Radiator

Kebocoran yang terjadi pada sirip radiator biasanya tidak akan mudah terlihat dikarenakan ada beberapa hal, seperti sudah kering atau menguap sebelum air menetes. Jadi, hal ini yang menjadi salah satu penyebab air radiator berkurang. Untuk itu kalian harus secara rutin cek pada bagian-bagian tersebut, sehingga saat terjadi kebocoran maka akan segera teratasi. Jika terjadi kebocoran seperti sebaiknya kalian langsung memperbaiki di bengkel yang sudah dikenal di Indonesia, antara lain Dokter Mobil.

Biasanya kebocoran yang terjadi pada kompresi mesin sangat susah di lihat dibandingkan dengan mesin lainnya. Sehingga itu membuat kebanyakan orang bertanya-tanya mengapa air radiator itu dapat berkurang dengan sangat cepat, padahal tidak ada kebocoran yang terlihat. Sebenarnya itu disebabkan dari kebocoran pada kompresi mesin yang biasanya terjadi saat tutup radiator itu dibuka lalu mesin dihidupkan, maka akan membentuk sebuah gelembung yang tidak akan berhenti. Bahkan saat mesin sedang di gas, maka air radiator akan langsung menyembur keluar.

Sebenernya kebocoran ini bisa kalian lihat dari beberapa tanda yang diperlihatkan oleh mesin, misalnya saja seperti pada kondisi busi yang yang selalu basah, oli mesin yang tercampur dengan air, dan masih banyak tanda lainnya. Jika tanda-tanda ini muncul pada kendaraan roda empat kalian, maka kalian harus segera membawanya ke bengkel terdekat.

Dokter Mobil Bengkel yang Tepat Untuk Segala Permasalahan Mobil

Untuk masalah-masalah pada air radiator, saya sangat merekomendasikan bengkel Dokter Mobil karena mereka dapat diandalkan dan dipercaya serta Dokter Mobil ini sudah dipercayai oleh masyarakat Indonesia. Pasti kalian bertanya-tanya, mengapa harus Dokter Mobil? Karena Dokter Mobil ini adalah bengkel yang sudah besar dan sudah diketahui oleh banyak orang akan layanannya yang sangat baik dalam melakukan service mobil.

Montir dan teknisi pada Dokter Mobil sudah sangat berpengalaman akan masalah-masalah pada kendaraan roda empat. Peralatan yang dipakai, juga peralatan yang sangat lengkap serta produk-produk yang digunakan adalah produk yang berkualitas. Jadi, tidak perlu khawatir akan keamanan dan perbaikan pada mobil kalian.

Baca Juga : 3 Faktor yang Mempengaruhi Biaya Tune Up Avanza

Dokter Mobil ini juga sudah menyediakan layanan Home Service, apalagi sekarang ini sedang adanya pandemi Virus Corona. Jadi, kalian tidak perlu datang ke bengkel untuk service mobil. Kalian hanya tinggal meminta layanan Home Service untuk service mobil. Kalian juga tidak perlu takut pada montir dan teknisi yang akan datang ke rumah kalian karena mereka sudah dipastikan aman dari Virus Corona dan sudah disterilisasi.

Itulah beberapa penyebab dari air radiator mobil cepat habis yang perlu kalian pahami terlebih dahulu. Bila mobil kalian terjadi hal seperti itu, langsung saja datang ke Dokter Mobil untuk melakukan pembetulan. Jadi, percayakanlah semua hal pada Dokter Mobil agar kendaraan kalian dapat kembali normal lagi.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *