Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil radiator

3 Cara Mengatasi Air Radiator Penuh Tapi Mesin Panas

air radiator penuh tapi mesin panas

Mesin mobil Anda cepat panas meski air radiator penuh? Ada wajib tahu apa saja penyebab dari masalah air radiator penuh tapi mesin panas. Sebab, apabila Anda biarkan bisa menyebabkan overheating hingga memunculkan asap pada bagian kap mesin akibat masalah tersebut. Oleh sebab itu, segera mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak menyebabkan resiko yang lebih fatal.

Penyebab Air Radiator Penuh Tapi Mesin Panas

Harusnya, air radiator yang telah diisi hingga penuh ini tidak akan menyebabkan mesin mobil Anda cepat panas atau overheating. Akan tetapi, ada beberapa masalah-masalah yang harus Anda ketahui sehingga menyebabkan mesin mobil Anda tetap panas mesikpun Anda mengisi air radiator hingga penuh.

Oleh sebab itu, ini dia beberapa penyebab mesin tetap panas meski air radiator telah diisi penuh. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kesalahan Pengisian Air Radiator

Jenis air untuk radiator mobil ini memang cukup beraragam. Mulai dari jenis air biasa hingga jenis air coolant radiator. Nah, air coolant radiator ini adalah air khusus untuk mendinginkan mesin mobil lebih cepat dibanding dengan menggunakan air biasa.

Namun, yang perlu Anda pahami adalah tipe-tipe air coolant radiator yang Anda gunakan tersebut sesuai dengan tipe radiator mobil Anda. Sebab, tidak semua air coolant radiator ini sesuai dengan semua jenis mobil. Apabila Anda salah membeli air coolant radiator, maka bisa jadi mesin mobil Anda tetap panas meski Anda mengisi air radiator hingga penuh sekalipun.

  1. Kipas Pendingin Mesin Dalam Keadaan Mati

Akan terasa sia-sia apabila Anda mengisi air radiator hingga penuh apabila kipas pendingin mesin mobil Anda dalam keadaan mati. Ya, kipas pendingin ini berguna untuk “menyebar” air radiator ke mesin mobil guna mengontrol suhu panas mesin kala Anda gunakan saat berkendara. Apabila kipas pendingin ini dalam keadaan mati, bisa jadi akan sia sia mengisi air radiaor penuh tapi mesin panas hingga mengakibatkan overheating.

  1. Kebocoran Di Bagian Radiator

Dan penyebab terakhir mesin mobil tetap panas meski telah diisi air radiator hingga penuh ini adalah adanya kebocoran pada bagian radiator. Bocornya radiator ini menjadi salah satu masalah cukup serius. Sebab, apabila tidak Anda tangani segera akan berakibat fatal seperti mesin overheating hingga kebakaran akibat tidak segera ditangani.

Cara Mengatasi Masalah Air Radiator Penuh Tetapi Mesin Masih Panas

Agar mobil Anda tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Maka, Anda harus segera mengatasi masalah overheating meski air radiator ini telah Anda isi hingga penuh. Oleh sebab itu, ini dia beberapa cara mengatasi masalah air radiator penuh tetapi mesin mobil masih panas, yakni :

  1. Mengganti Air Radiator

Apabila penyebab mesin mobil cepat panas ini disebabkan kesalahan pada pengisian jenis air coolant radiator, maka cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti jenis air radiator terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menguras atau mengetap air radiator lama. Kemudiann isi kembali radiator dengan air biasa atau tetap menggunakan air coolant radiator yang sesuai jenis mobil yang Anda gunakan.

  1. Mengganti Kipas Pendingin Mesin Mobil

Apabila masalah tersebut disebabkan oleh kipas pendingin mesin mobil, maka Anda hanya perlu mengganti kipas pendingin mesin mobil di bengkel terdekat. Sebab, proses penggantian kipas pendingin mesin mobil ini tidaklah mudah. Anda butuh bantuan montir professional guna membantu Anda untuk mengganti kipas pendingin mesin mobil.

  1. Menservis Bagian Radiator yang Mengalami Kebocoran

Kebocoran di bagian radiator ini memang harus segera ditangani. Caranya adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu bagian manakah yang mengalami kebocoran. Entah bagian selang radiator ataupun dari radiatornya itu sendiri.

Baca Juga : Meningkatkan Performa Mesin Diesel Tua

Ada baiknya untuk membawa mobil Anda ke bengkel terdekat guna mencari tahu dan menservis masalah kebocoran radiator agar Anda tahu mengapa air radiator penuh tapi mesin panas hingga overheating.

Air radiator penuh tapi mesin panas ini menjadi salah satu masalah yang wajib untuk segera Anda selesaikan. Sebab, masalah ini dapat berakibat fatal bila Anda biarkan secara berlarut-larut. Guna mengatasi masalah tersebut, maka Anda dapat membawa mobil ke bengkel terdekat guna mencari dan menservis masalah overheating meski air radiator telah di isi hingga penuh.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *