Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Oli Mobil

4 Akibat Oli Transmisi Kurang Pada Mobil Matic dan Manual

akibat oli transmisi kurang

Kerusakan di bagian transmisi  ini umumnya disebabkan akibat oli transmisi kurang. Sehingga, Anda wajib melakukan pengecekan secara rutin. Memang, bagian transmisi ini memang rawan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh beberapa hal. Dan yang sering terjadi ini dikarenakan terlambat mengganti oli transmisi atau kekurangan kadar oli transmisi yang dianjutrkan.

Sebagai seorang yang memiliki mobil, baik mobil bertransmisi matic ataupun manual. Sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan perawatan mobil secara terjadwal. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada mobil yang disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kekurangan oli transmisi.

Apa Itu Oli Transmisi Dan Apa Fungsinya Bagi Mobil Bertransmisi

Oli transmisi adalah cairan khusus yang berfungsi untuk melumasi bagian transmisi mobil, baik mobil matic ataupun manual.  Oli transmisi  ini memang sangat dibutuhkan bagi mobil. Sebab, oli ini memperhalus gesekan antar komponen dan mencegah aus atau berkarat pada bagian transmisi.

Berapa Lama Oli Transmisi Ini Harus Diganti?

Apakah penggantian masa penggantian oli transmisi ini sama dengan masa penggantian oli mesin yang wajib diganti setelah 5.000 hingga 10.000 km atau 6 hingga 12 bulan ? Tentu saja tidak. Masa penggantian oli transmisi ini memang lebih lama dibandingkan dengan masa penggantian oli mesin.

Oli transmisi ini hanya perlu diganti setelah Anda melakukan perjalanan sekitar 30.000 hingga 40.000 kilometer atau 3 hingga 4 bulan masa pemakaian. Mengapa penggantian oli transmisi lebih lama ? Sebab, oli transmisi ini hanya berfokus pada pelumasan di bagian transmisi mobil, baik mobil matic ataupun manual. Sehingga masa pergantian oli pun lebih lama dibanding oli mesin.

Namun, Anda harus mengecek oli transmisi secara berkala. Ya, terkadang Anda lupa jadwal pengecekan oli transmisi mobil. Sehingga, oli transmisi mobil dalam keadaan kurang ataupun kotor. Hal ini yang membuat mobil Anda rusak akibat oli transmisi kurang ataupun kotor.

4 Akibat Oli Transmisi Kurang Pada Mobil Bertransmisi Matic Ataupun Manual

  1. Munculnya Bunyi Saat Perpidahan Gigi

Apabila mobil Anda berbunyi saat melakukan perpindahan gigi persneling. Maka, Anda wajib melakukan pengecekan terlebih dahulu. Pertama, Anda dapat mengecek kadar oli transmisi mobil terlebih dahulu sebelum membawa ke bengkel terdekat.

Anda dapat menarik deepstick oli tank transmisi guna mengetahui jumlah oli transmisi yang tersisa. Apabila deepstick tersebut menunjukkan bahwa oli transmisi mobil kurang dari kapasitas. Maka, Anda harus membeli oli transmisi sesuai dengan jenis dan tipe mobil Anda.

  1. Kembalinya Gigi Persneling ke Netral Secara Tiba-Tiba

Pernahkah Anda mengalami gigi persneling kembali ke netral secara tiba-tiba ? Apabila Anda mengalami hal tersebut, maka Anda tidak perlu panik. Sebab, kembalinya gigi persneling ke netral secara tiba-tiba ini disebabkan oleh kurangnya kadar oli transmisi. Sehingga, komponen transmisi persneling ini dapat kembali ke posisi tengah, yakni posisi netral.

Baca Juga : Penyebab Temperatur Mobil Naik

Meskipun mobil Anda tidak dalam kondisi berbahaya. Namun, tentu saja hal ini membahayakan Anda ketika tengah berkendara di jalan. Guna mencegah hal tersebut, ada baiknya untuk segera mengganti oli transmisi mobil sesuai dengan jenis dan tipe mobil milik Anda.

  1. Gigi Persneling yang Sukar Digerakkan

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menjalankan gigi persneling. Maka, hal tersebut disebabkan akibat oli transmisi kurang atau kotor. Bisa dikatakan bahwa komponen transmisi mobil mengalami aus dan berkarat karena cairan pelumas pada oli transmisi yang mulai berkurang. Apabila Anda biarkan secara terus menerus, maka dapat menyebabkan kerusakan di bagian transmisi mobil.

  1. Kerusakan Total Pada Komponen Transmisi

Bila Anda mengabaikan prosedur penggantian oli transmisi dan tetap mengendarai mobil yang mengalami masalah pada bagian transmisi, maka resiko yang harus Anda terima adalah kerusakan total pada area komponen transmisi.

Kerusakan pada area transmisi ini berupa rontoknya gigi-gigi transmisi mobil matic atau manual hingga tampak adanya karat di sekitar area transmisi. Untuk mengatasi kerusakan komponen transmisi, maka Anda harus membawa mobil ke bengkel dan membeli komponen transmisi mobil yang baru.

Oli transmisi ini memang sangat dibutuhkan pada jenis mobil apapun guna melumasi bagian transmisi persneling mobil. Apabila kadar oli transmisi pada mobil ini kuranga dari kapasitas yang dianjurkan. Maka, mobil Anda akan mengalami banyak masalah akibat oli transmisi kurang. Untuk itu, lakukan pengecekan dan perawatan mobil secara berkala guna menghindari kerusakan pada mobil kesayangan Anda.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *