Posted by Mekanik Juan Mesin Mobil

Waduh, 3 Masalah Akibat Tidak Memanaskan Mobil Selama WFH

Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan di Pagi Hari

Turun mesin akibat tidak memanaskan mobil di masa WFH ini bisa saja terjadi. Selain itu, ada fungsi lain dari rutin memanaskan mesin. Di kesempatan ini, semuanya akan dijelaskan secara lengkap dan terperinci. Dijelaskan langsung oleh Lung-Lung selaku owner dari Dokter Mobil.

Banyak orang yang tiap hari terburu-buru berangkat kerja. Saking buru-burunya sampai tidak sempat memanaskan mobil. Sekali dua kali mungkin tidak ada masalah. Namun jika sampai berulang-ulang tentu akan ada resiko yang harus dihadapi.

Celakanya, di masa corona, PSBB, dan work from home ini, banyak mobil yang menganggur di rumah.
Karena tidak digunakan dalam jangka waktu lama, akhirnya mesin mobil dingin dan beresiko mengalami kerusakan serius.

Mobil lama diparkir di rumah bukan berarti tidak butuh perawatan. Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima, selain menjaga kebersihan juga jangan malas menghidupkan kendaraan dengan memanaskan mesin.

Fatal, Akibat Tidak Memanaskan Mobil dalam Jangka Waktu Lama

Pemanasan mesin mobil perlu dilakukan minimal 3 hari sekali selama 10 sampai 15 menit dengan menjaga putaran idle di 1.500 RPM atau lebih. Bagaimana bila mesin tidak pernah dihidupkan dan dipanaskan dalam beberapa minggu?

Oli Mobil Bisa Mengendap ke Bawah

Mr. Lung-Lung selaku owner dari Dokter Mobil menjelaskan bahwa memanaskan mobil itu sangat penting untuk menjaga sirkulasi pelumasan mesin.

Dengan memanaskan mobil maka mencegah oli mengendap di bagian bawah.

Jika oli mobil sampai mengendap lalu mesin langsung digunakan maka akan ada komponen yang saling bergesekan tanpa perlindungan pelumas. Hal ini tentu beresiko menyebabkan kerusakan mesin yang hanya bisa diperbaiki dengan turun mesin.

Tidak Tahu Bahwa Sedang Ada Masalah di Dalam Mobil

Selain itu, jika kendaraan tidak rajin dipanaskan dam dibiarkan lama tidak dihidupkan maka ketika ada masalah mobil kita tidak tahu dan membiarkan masalah tersebut semakin besar.

Sebagai contoh misalnya ada tikus yang menggigit kabel-kabel kelistrikan. Karena tidak memanaskan mobil dan membiarkannya diam di garasi maka kita tidak bisa melihat lampu indikator bahwa ada masalah di kelistrikan mobil. Hal ini tentu bermasalah karena ketika kita butuh pakai mobil, ternyata mobil mogok.

Hewan Pengganggu Nyaman Bersarang di Dalam Mobil

Dengan rutin memanaskan mobil, khususnya di masa WFH ini, maka mobil akan mengeluarkan getaran dan panas yang dapat mengusir hewan seperti tikus dan serangga. Selain itu, panas mesin juga mencegah tumbuhnya jamur.

Bayangkan tiba-tiba ada bau di dalam mobil, atau performa mobil tiba-tiba drop. Setelah dicek ternyata ada tikus bersarang di dalam kap mobil, atau ada serangga berkembang biak di dalam filter AC mobil.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tetap merawat mobil meskipun mobil sedang menganggur di dalam garasi.

Perawatannya sederhana kok. Domolover bisa memanaskan mobil secara berkala, menjaga kebersihan mobil, melakukan perawatan berkala seperti tune up dan ganti oli, atau dengan memanggil team Dokter Mobil untuk home service.

Itulah beberapa hal yang terjadi akibat tidak memanaskan mobil secara rutin dan teratur. Pastikan untuk selalu melakukan pemanasan mobil dengan benar ya. Jangan cuma memanaskannya sebentar karena buru-buru mau dipakai, jangan juga sampai kelamaan dipanaskan karena dapat berakibat fatal juga.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *