Posted by Marcel Marcel bengkel mobil, Mesin, Mobil Kurang Tenaga

Apa itu Overhaul? Bahas Lengkap Overhaul Mobil Hanya Disini

apa itu overhaul

Tak jarang beberapa pengguna mobil masih dilanda kebingungan terkait istilah mesin mobil, salah satunya apa itu overhaul ?

Perlu anda ketahui bahwa istilah overhaul jika dalam komponen mesin yang terus bekerja tentu akan mengalami kerusakan. Jika sudah mengalami kerusakan, akan berdampak pada penurunan kinerja mesin. Jika kerusakan pada mesin hanya dibiarkan dan tidak segera diperbaiki tanpa membongkar mesin tentu akan mengalami kerusakan berat. Pada akhirnya anda harus melakukan perbaikan dengan melakukan overhaul mesin.

Apa itu Overhaul?

Apa itu overhaul ? Overhaul mesin adalah kegiatan pembongkaran mesin dan memeriksa komponen di dalam mesin untuk mengembalikan performa mesin atau  merekondisi mesin, overhaul biasa kita kenal denganturun mesin. Lebih dikenal dengan istilah turun mesin atau service berat. Terkadang overhaul perlu dilakukan di bengkel ketika ada kerusakan pada mesin mobil yang menuntut kita untuk membongkar seluruh komponen yang ada pada mesin.

Kenali Lebih Dalam

Overhaul merupakan suatu kata dalam bahasa inggris yang mempunyai arti pemeriksaan yang sangat teliti, jadi dapat kita kembangkan lagi tentang pengertian atau definisi engine over haul yaitu kegiatan pembongkaran komponen komponen kendaraan, kemudian diperiksa dengan sangat teliti agar didapat data-data yang valid, sehingga langkah perbaikan selanjutnya dapat tepat atau sesuai.
Overhaul tidak hanya sebatas pada mesin saja, tetapi over haul juga ada pada komponen lainnya seperti OH Rem, OH Karburator, OH, Transmisi, OH Distributor dan lain sebagainya. Kembali ke topik utama yakni tentang pengertian engine over haul, di atas sudah di jelaskan tentang definisi dari over haul itu sendiri.

Jadi engine over haul adalah suatu kegiatan pembongkaran mesin (engine) pada kendaraan, dan kemudian komponen mesin tersebut diperiksa dengan sangat teliti supaya didapat data-data yang valid sehingga langkah perbaikan selanjutnya dapat tepat. Serta masalah pada engine tersebut teratasi.

Biasanya engine overhaul dilakukan karena adanya masalah pada bagian mesin seperti, adanya suara abnormal, kompresi rendah atau adanya oli yang terbakar akibat ausnya ring piston atau silinder pada block silinder, kerusakan pada piston, batang piston, poros engkol dan lain sebagainya.

Sekarang, apakah anda sudah membayangkan seberapa penting dan waspada saat mesin mobil anda mengalami overhaul?

Tujuan atau Fungsi Overhaul Mesin

Setelah anda mengetahui apa itu overhaul, mari ketahui juga tujuan atau fungsi overhaul mesin pada mobil, diantaranya adalah;

1. Membersihkan ruang bakar dari kotoran berupa karbon yang menumpuk,
2. Mengatur ulang dudukan katup atau yang biasa kita kenal dengan skir klep,
3. Memeriksa komponen-komponen yang ada di dalam mesin seperti piston, poros nok, poros crank, pompa oli, saringan oli, dan lain-lain,
4. Membersihkan komponen-komponen di dalam mesin tersebut,
5. Mengembalikan performa mesin.

Saat melakukan overhaul ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan seperti membongkar mesin, memperbaiki komponen mesin. Serta mengganti komponen dan memasang kembali komponen mesin dengan cara yang tepat.

Macam-Macam Overhaul

Setelah mengetahui apa itu overhaul dan tujuannya, kenali juga dua macam overhaul, apa saja itu?

Overhaul total sendiri merupakan pembongkaran ke seluruh bagian mesin. Meliputi kepala silinder, bagian blok silinder dan bagian carter.

Sedangkan semi overhaul sendiri merupakan pembongkaran sebagian pada mesin. Yakni membongkar hanya pada bagian kepala silinder saja tanpa membongkar blok silinder.

Kenali Gejala Mobil Overhaul

Kondisi turun mesin atau dikenal sebagai overhaul, menjadi masalah yang cukup serius untuk kendaraan anda. Jika mobil anda sampai turun mesin, mau tidak mau harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Sebab membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi dan waktu tidak sebentar. Dan overhaul sendiri merupakan pekerjaan untuk memperbaiki kendaraan dengan cara menurunkan dan membongkar mesin. Ini dilakukan untuk mendapatkan data valid mengenai kerusakan yang terjadi di dalam mesin mobil.

Ketika melakukan turun mesin, tentunya harus memperhatikan dan menganalisa bagaimana kondisi mobil tersebut. Biasanya mobil yang mengalami turun mesin ini mengalami beberapa gejala. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Keluar asap putih dari knalpot

Satu hal yang cukup terlihat saat mobil mengalami turun mesin adalah asap putih pekat keluar dari knalpot. Juga mobil seringkali mengalami kekurangan oli mesin, padahal baru dipakai beberapa kali. Untuk contohnya ketika dipakai untuk perjalanan cukup jauh, kurang dari 100km, sudah terjadi kekurangan oli mesin secara drastis. Untuk mengatasi hal ini bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan bengkel yang sudah terpercaya. Mereka bisa mengetahui dengan lebih baik, apakah mobil anda turun mesin seluruhnya atau tidak.

Pada kasus seperti ini bisa diselesaikan dengan turun mesin separuh apabila kerusakan hanya pada seal valve yang kondisinya mengeras. Dan hal ini sering terjadi pada mobil tua. Beberapa komponen atas blok valve atau klep diturunkan dan kemudian seal diganti baru. Turun mesin separuh ini juga bisa dikarenakan terjadi kerusakan pada ring piston yang sudah melemah.

2. Oli kecokelatan dan air radiator berminyak

Gejala turun mesin lainnya adalah air radiator berminyak dan oli akan mulai berwarna kecokelatan. Ini biasanya karena air yang masuk ke dalam ruang kompresi atau oli masuk ke saluran air. Hal ini akan membuat korosi blok silinder head dan membuat beberapa lubang air tidak beraturan. Tetapi hal ini bisa tanggulangi dengan mengganti silinder head baru. Akan tetapi jika sudah kecokelatan dan tercampur dengan air radiator. Mau tidak mau mobil anda harus mengalami turun mesin.

3.Terus naiknya suhu mesin

Kemudian yang menjadi ciri dari turun mesin adalah terus naiknya suhu mesin. Apabila anda memakai mobil yang kondisinya normal kemudian melambat dan suhu mesin terus menerus meningkat.

4. Overheating

Bisa dikatakan jika hal ini menjadi kelanjutan dari kondisi yang sebelumnya. Pastinya sebagai pemilik mobil, anda pernah mengalami mobil mendadak mati ketika dikendarai. Hal ini dikarenakan suhu mesin yang semakin meningkat dan membuat overheating. Jika hal ini terjadi pada mobil anda, maka jangan langsung menyalakan mobil kembali. Akan lebih baik jika memperhatikan temperatur mesin yang tertera di jarum penunjuk. Apabila jarum menunjukkan H, maka sebaiknya diamkan mesin tersebut beberapa saat. Selanjutnya periksa sistem pendingin, karena bisa saja terjadi kebocoran pada komponen radiator. Jika ingin lebih jelasnya lagi, maka bisa membawa ke bengkel terdekat yang sudah berpengalaman.

5. Busi selalu basah oli

Yang menyebabkan turun mesin lainnya adalah karena kepala busi yang selalu basah oleh oli. Dan hal ini menujukkan jika oli sudah bercampur di dalam ruang kompresi sehingga membuat oli mudah terbakar. Jika anda melakukan pengecekan dan tidak menemukan kerusakan pada boring. Maka anda hanya perlu mengganti ring piston saja. Tetapi jika kondisi ruang kompresi tidak presisi, maka mau tidak mau harus dilakukan turun mesin.

6. Air radiator berkurang dan menyembur

Hal lainnya adalah air radiator berkurang banyak dan bisa menyembur ke atas ketika mesin dinyalakan. Dan untuk mengetahui penyebab yang lebih lanjut, maka anda harus melakukan pengecekan komponen radiator.

Jadi bisa disimpulkan bahwa pekerjaan overhaul ini merupakan kegiatan membongkar mesin karena terjadinya kerusakan pada komponen di dalam mesin. Setelah melakukan pembongkaran mesin, maka komponen-komponen di dalam mesin diperiksa secara teliti dan menyeluruh. Dengan begitu bisa mendapatkan data-data akurat supaya bisa menentukan langkah apa selanjutnya.

Jika mobil anda sedang mengalami overhaul, segera bawa ke bengkel mobil spesialis terdekat di kota Anda. Jangan sampai terjebak pada bengkel abal-abal sebab akan memperparah kondisi mobil Anda. Dokter Mobil menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk mengatasi gejala overhaul.

Itulah ulasan terkait overhaul. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda..

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *