fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Apa Penyebab Knalpot Mengeluarkan Asap Hitam Hingga Pekat?

Hingga saat ini masih banyak pertanyaan seputar apa penyebab knalpot mengeluarkan asap hitam. Kepulan asap terkadang tampak pekat sehingga dapat mengganggu kenyamanan pengendara lainnya. Umumnya gejala asap hitam sering ditemui oleh pengguna mobil berjenis diesel solar, namun tidak menutup kemungkinan mobil bensin juga kerap sering dilanda gejala yang sama.

Alhasil kenyamanan dalam berkendara pun ikut terganggu. Jangan sampai anda merogoh kocek lebih dalam hanya karena mengabaikan penyebab asap hitam. Lalu apa apa penyebab knalpot mengeluarkan asap hitam?

Timbulnya indikasi ini tidak lain merupakan respon mesin yang sedang mengalami permasalahan bahkan kerusakan. Berikut penyebab selengkapnya diulas dibawah ini;

Penumpukan Kotoran Ruang Bahan Bakar

Semakin tinggi intensitas penggunaan kendaraan, maka semakin cepat pula ruang pembakaran menjadi kotor hingga berujung pada saluran knalpot. Cobalah cek busi mesin anda, apakah terlihat banyak kotoran menumpuk? Jika iya, maka inilah pemicu asap hitam ngebul pada mobil.

Busi merupakan alat vital untuk memantik api dalam ruang pembakaran. Tanpa busi, sangat mustahil mesin dapat mengahasilkan api. Busi dalam mesin mobil langsung terhubung oleh kompresi udara sehingga sangat memungkinkan mengalami penumpukan kotoran.

Oleh sebab itu sebaiknya cucilah busi dengan cairan khusus berjenis carbon cleaner. Cairan ini sangat mudah anda dapatkan di berbagai bengkel atau melalui situs marketplace. Harganya pun terbilang terjangkau.

Jika masih nihil, berarti busi telah mengalami kerusakan karena umur busi yang sudah tua. Umumnya, busi mobil memiliki umur satu tahun pada pemakaian normal atau setiap menempuh 20 ribu kilometer. Jangan tunda lagi untuk mengganti part busi secara keseluruhan.

Selain busi, penyebab lainnya yakni injektor, thorottle body, filter udara mengalami permasalahan yang sama. Namun apakah anda yakin dapat membersihkan secara menyeluruh dan sempurna terbebas dari kerak karbon kotoran?

Solusi Tepat Atasi Penyebab Asap Hitam Pekat

Nah, sudah tahu belum solusi tepat dan sangat simpel yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan asap hitam pekat? Cukup lakukan Tune Up di bengkel spesialis terdekat anda. Tune up merupakan proses pembersihan kerak karbon dan kotoran lainnya yang bersemayam di ruang pembakaran. Proses tune up yakni membersihkan busi, koil, injektor, thottle body, filter udara, dan lain-lain.

Apa manfaat yang dapat anda rasakan?

Selain meninggalkan asap hitam, tune up secara maksimal dapat membuat mobil lebih bertenaga dan hemat bahan bakar hingga 30%.

Masih ragu? Intip testimoni customer Dokter Mobil disini

Segera kembalikan performa mobil bebas asap hanya di Dokter Mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button