Posted by Mekanik Juan Mobil Kurang Tenaga

Apa Penyebab Tenaga Mobil Berkurang ? Kupas Tuntas Disini

Menurut anda apa penyebab tenaga mobil berkurang terutama ketika menanjak? Hingga saat ini masih banyak yang bertanya-tanya mengenai gejala tersebut sebab dapat menganggu kenyamanan ketika berkendara. Jangan anggap sepele, sebab sudah pasti mesin mobil sudah mengalami permasalahan, jika dibiarkan akan timbul masalah serius.

Maka dari itu sangat diperlukan performa tenaga mobil yang optimal guna berkendara khususnya dalam melewati liku perjalanan terjal menanjak. Tidak jarang beberapa pengguna masih meremehkan kondisi tersebut sehingga dampaknya dapat memicu kerusakan merembet lainnya, apakah anda salah satunya? Segera ketahui apa penyebab tenaga mobil berkurang selengkapnya dibawah ini;

1. Pasokan Udara Berkurang

Tidak hanya bensin, salah satu kesuksesan kinerja ruang bahan bakar yakni sebab peranan udara. Lantas bagaimana jika pasokan udara berkurang pada ruang mesin? Hal ini dapat disebabkan oleh filter udara yang sudah dalam kondisi kotor sehingga tidak dapat menyarig udara bersih lainnya. Alhasil udara yang masuk disertai dengan kotoran.

Jika kondisi ini terus dipaksa untuk mengemudi menanjak, bisa saja anda mengalami mogok mendadak dijalan.

Solusi yang dapat anda lakukan yakni dengan membersihkan filter udara. Jika kondisi tidak memungkinkan, maka jangan ragu untuk mengganti filter udara agar kinerja optimal yang didapatkan.

2. Kotoran Menumpuk dalam Saluran Bahan Bakar

Penyebab selanjutnya yakni kerak karbon yang sudah menumpuk pada saluran bahan bakar. Umumnya hal ini terjadi ketika pengguna malas melaukan perawatan tune up berkala. Ingat ya, servis tune up memberikan beragam manfaat pada mesin mobil anda. Selain membersihkan kerak karbon, tune up jyga dapat menjadikan bahan bakar menjadi lebih efisien. Mobil bertenaga, hemat BBM pula.

Oleh sebab itu maka sangat disarankan untuk melakukan perawatan tune up minimal 6 bulan sekali atau setiap menempuh 20 ribu kilometer, tergantung mana yang lebih dicapai terlebih dahulu.

Baca Juga : Ketahui Cara Mudah Proses Tune Up Mobil di Bengkel Mobil

3. Kampas Kopling Habis

Sudah tahu belum mengapa kampas kopling aus lebih cepat dari perkiraan? Penyebabnya tidak lain karena salah kaprah pemakaian terhadap penggunanya. Tidak jarang hingga saat ini beberapa penggunanya menggunkan setengah kopling ketika mobil sedang dalam posisi menanjak.

Gejala ini ditandai juga dengan sulitnya memindahkan gigi transmisi sebab pergesekan antara plat kopling dengan preassure plat menjadikan kopling cepat aus.

Maka dari itu, segeralah mengganti kampas baru untuk mengembalikan kenyaman berkendara anda.

4. Tapak Ban Terlalu Lebar

Anda penikmat modifikasi mobil? Hasrat modifikasi mobil menjalar hingga ban mobil. Agar terlihat lebih stylish nan sporty, beberapa pengguna mobil juga mengganti part ban mobil beserta velg. Sudah tahu belum bahwa pemicu mobil kurang bertenaga juga dapat disebabkan oleh tapak ban yang terlalu lebar? Hal ini dikarenakan kondisi tapak ban yang terlalu lebar sehibgga otomatis membutuhkan daya ekstra untuk menanjak.

Solusinya ialah segera beralih menggunakan ban yang direkomendasikan oleh pabrikan atau mekanik.

5. Beban Muatan Melebihi Kapasitas

Sering kita temui beberapa mobil di jalan membawa beban muatan melebihi kapasitas. Fenomena ini sering kita jumpai ketika arus mudik tiba. Tidak heran bila kondisi ini menjadi pemicu mobil menjadi kurang bertenaga. Kondisi ini dialami oleh segmen low MPV ataupun jenis LCGC. Pemilik membawa kapasitas melebihi ukuran maksimum yakni diatas 1.0 l sampai 1.5 l.

Solusinya tidak lain yakni bawalah muatan secukupnya sesuai yang direkomendasikan oleh buku pedoman.

Nah, kalau penyebab mobil tidak ada tenaga versi mobil anda yang mana nih? Jangan lupa berikan perawatan terbaik untuk mobil agar kenyamanan berkendara kembali dirasakan.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *