Posted by Mekanik Juan Uncategorized

7 Hal yang Terjadi Ketika Asap Knalpot Mobil Pedih di Mata

Penyebab Asal Knalpot Mobil Pedih di Mata dan Solusi Mengatasinya

Munculnya gejala asap knalpot mobil pedih di mata menandakan ada masalah sistem pembakaran. Terutama karena pembakaran tidak sempurna. Oleh sebab itu, pertanyaan sebenarnya adalah mengapa sistem pembakaran mobil bisa bermasalah.

Sangat penting untuk mengetahui penyebab dan sumber masalah. Dengan demikian kita akan lebih mudah dalam melakukan perbaikan sehingga kerusakan dan masalah mobil tidak semakin parah.

Penyebab Asap Mobil Jadi Pedih di Mata

Biasanya gejala asap knalpot mobil pedih di mata akan diiringi gejala asap mobil yang mengeluarkkan bau tertentu. Adapun gejala ini muncul karena ada kandungan bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna.

Kandungan bahan bakar inilah yang ketika terkena mata maka asap akan terasa sangat pedih di mata. Oleh sebab itu, dapat dikatan bahwa solusi mengatasi masalah ini adalah dengan memperbaiki sistem pembakaran mobil.

Jika pertanyaannya adalah mengapa pembakaran tidak sempurna, maka ada beberapa hal yang jadi sumber masalah. Sumber masalah tersebut antara lain adalah:

Tekanan Kompresi Turun

Kompresi pada mobil bisa turun karena adanya aus pada komponen ring piston ataupun silinder. Untuk mengetahui apakah kompresi mobil bermasalah maka diperlukan compression testing sebagai indikator kompresi mobil.

Modifikasi Settingan Pembakaran yang Kurang Pas

ECU mobil sebenarnya sudah mengatur cara kerja sistem pembakaran. Termasuk mengatur perbandingan akurat bahan bakar dan udara. Modifikasi yang dilakukan (khususnya modifikasi sistem ECU) untuk meningkatkan performa mobil pada akhirnya menyebabkan perbandingan bahan bakar dan udara menjadi tidak lagi normal. Hal inilah yang menyebabkan pembakaran mobil menjadi tidak sempurna dan asap knalpot jadi lebih pedih di mata.

Masalah di Busi Mobil

Busi mobil memegang peran yang cukup penting dalam mengatur pembakaran mobil. Masalah di sistem busi inilah yang menjadi sumber masalah asap knalpot pedih atau perih di mata. Masalah busi bisa berupa busi sudah melemah, busi yang kotor dan penuh kerak karbon, busi yang banjir oli, ataupun karena koil busi sudah tidak layak pakai.

Kualitas Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar yang mengandung bahan bakar bisa menyebabkan munculnya gejala asap knalpot yang lebih pedih. Selain itu, bahan bakar dengan oktan dan cetan yang rendah bisa menyebabkan masalah di sistem pembakaran.

Perbedaan Warna Ketika Asap Knalpot Mobil Pedih di Mata

Asap mobil bisa berbeda warna ketika mesin dan sistem pembakaran bermasalah. Setiap perbedaan warna menandakan masalah yang berbeda.

Pada dasarnya asap mobil tidak boleh berwarna, dan tidak boleh perih di mata. Namun masalah di mesin dan sistem pembakaran menyebabkan asap knalpot warna putih, hitam, biru, atau transparan namun perih di mata.

Jika Asap Knalpot Berwarna Putih

Asap putih terjadi karena ada penumpukan di sistem pembuangan. Jika asap putih hanya sesekali maka perbaikan bisa dilakukan dengan penggantian oli. Atau dengan mengganti bahan bakar beroktan atau cetane yang lebih tinggi.

Jika asap knalpot pedih di mata dan berwarna putih tebal, maka besar kemungkinan karena ada kebocoran valve mesin sehingga oli bocor ke ruang pembakaran. Perbaikan untuk masalah ini bisa memakan biaya yang sangat besar,

Ketika Asap Hitam dan Perih Keluar dari Knalpot

Jika knalpot keluar asap hitam pekat dapat dipastikan performa mobil menurun. Konsumsi bahan bakar akan boros dan tenaga mobil tidak bisa keluar secara maksimal.

Gejala asap hitam terjadi karena campuran udara dan bahan bakar tidak seimbang. Pembakaran jadi tidak sempurna sehingga kerak karbon menumpuk dan menyebabkan proses pembakaran bermasalah.

Baca Juga : Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Semakin menumpuk kerak karbon bukan hanya menyebabkan keluar asap hitam. Mesin bisa jebol dan pada akhirnya harus turun mesin.

Asap Knalpot Berwarna Biru

Ketika mesin membakar oli mesin maka keluarlah asap knalpot berwarna biru. Ada setidaknya 3 hal yang kerap menyebabkan mesin mobil membakar oli.

Penyebab pertama adalah kerusakan cincin piston. Penyebab kedua adalah kesalahan settingan dan pemasangan PCV. Penyebab terakhir adalah kesalahan dalam sistem seal katup yang rusak ataupun aus.

Itulah beberapa hal yang menjadi asal muasal asap knalpot mobil pedih di mata kita. Demikianlah juga beberapa hal yang menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *