Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mobil Kurang Tenaga

Atasi Dengan Mudah 3 Penyebab Mesin Mobil Tersendat Sendat

Faktor Penyebab Mesin Mobil Tersendat Sendat dan Solusi Mengatasinya

Bagaimana rasanya berkendara dengan kondisi mobil tersendat-sendat? Ulik permasalahan penyebab mesin mobil tersendat sendat agar kenyamanan perjalanan kembali didapatkan. Gejala mobil nyendat tidak hanya dialami oleh mobil tua saja namun dapat menimpa mobil baru sekalipun.

Umumnya mobil nyendat selalu dikaitkan dengan sistem pembakaran yang mengalami permasalahan sebab tidak diimbangi dengan perawatan berkala. Simak uraian selengkapnya dibawah ini;

1. Permasalahan Sistem Bahan Bakar

Pemicu utama mobil tersendat yakni permasalahan pada sistem ruang bahan bakar. Umumnya disebabkan oleh busi, koil, injektor, karburator, pompa, filter bensin dan masih banyak lainnya. Filter bensin yang sudah kotor, maka tidak akan bisa menyaring kotoran kembali. Alhasil endapan kotoran dari bensin akan bermuara di tangki bahan bakar. Selain itu, bisa jadi penyebab lainnya karena pengguna tidak melakukan pengurasan bahan bakar dalam jangka waktu lama.

Solusinya yakni anda dapat membersihkan filter bensin. Namun jika kondisinya tidak memungkinkan untuk dibersihkan, maka mau tidak mau harus dilakukan pergantian part baru.

Untuk pencegahan, sebaiknya disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan minimal 92 sekelas pertamax. Ketahui hal ini, semakin rendah nilai oktan maka kotoran pada bahan bakar semakin banyak sebab tidak melalui penyaringan yang lebih ketat.

2. Masalah pada Sistem Pengapian

Penyebab selanjutnya yakni terletak pada sistem pengapian. Busi dan koil yang kotor dapat mengganggu kinerja mesin hingga mobil pincang yang disebabkan koil rusak.

Solusinya yakni lakukan servis tune up untuk membersihkan semua partikel kerak karbon menumpuk pada ruang pembakaran. Manfaat tune up yakni selain dapat mengembalikan performa kendaraan, juga dapat membuat kinerja bahan bakar menjadi lebih irit serta efisien.

Cobalah anda perhatikan kondisi busi. Jika celah busi sudah terlalu longgar, rapatkan perlahan dengan kisaran ukuran 0,6-0,7 mm dengan menggunakan fuller gauge. Apabila masih nihil, mat tidak mau anda harus mengganti dengan busi baru.

3. Masalah Pada Sistem Perintah

Terakhir, penyebabnya yakni dipicu oleh permasalahan sistem perintah dan penerima perintah seperti ECU, chamsaft sensor, air flow, dan crank sensor. Alhasil akan berdampak pada brebet ketika RPM rendah. Jangan dibiarkan terlalu lama, sebab sensor yang bermasalah dapat menimbulkan gejala merembet lainnya.

Solusinya yakni harus segera dilakukan pengecekan ke bengkel spesialis terdekat. Pastikan bengkel yang hendak anda tuju memang berkompeten dibidangnya.

Itulah ulasan penyebab mesin mobil tersendat sendat. Semoga dapat menjadi rujukan bagi anda. Senang dapat berbagi informasi berharga untuk anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *