Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Oli Mobil

Berapakah Batas Toleransi Telat Ganti Oli Mobil? Disini Penjelasannya

batas toleransi telat ganti oli mobil

Banyak orang yang masih meremehkan seputar penggantian oli dan mengabaikan batas toleransi telat ganti oli mobil. Seperti yang sudah diketahui, oleh mobil sangat berperan besar dalam menjaga agar tidak terjadi gesekan keras pada komponen besi mobil, membersihkan mesin dari serpihan gesekan, serta agar suhu di dalam mesin tetap terjaga. Kualitas oli mesin yang buruk akan mengakibatkan kerusakan dari kecil sampai besar.

Periode penggantian oli memang harus diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan. Servis yang dilakukan secara rutin disertai ganti oli yang teratur juga akan memperpanjang umur kendaraan. Pelumasan yang baik akan menjaga kondisi mesin tetap prima dalam jangka waktu yang lama. Hal ini akan berdampak pada umur mesin yang makin lama dan harga jual mobil yang bisa tetap tinggi.

Peranan Oli Dalam Kendaraan

Sebelum tahu berapa batas toleransi telat ganti oli mobil, anda juga sebaiknya paham peranan oli. Dalam perjalanan Anda, tentu kendaraan bekerja keras untuk menempuh jarak tertentu menuju tujuan. Semua komponen mesin bekerja dan perlu pelumasan agar tetap berjalan prima. Di sini peranan oli sangat penting, adapun beberapa peran polri yang cukup vital antara lain sebagai berikut:

  • Memastikan Tidak Overheating

Salah satu peranan oli dalam mesin adalah menjaga agar suhunya tetap terjaga. Kalau sebuah mesin kekurangan oli bahkan melebihi batas telat ganti oli mobil, bisa terjadi over heating yang suhunya tidak terjaga. Saat hal tersebut terjadi, mesin akan bekerja dengan sangat berat dan bisa mengakibatkan keausan yang parah.

  • Membantu Agar Penghematan Bahan Bakar Prima

Ketika kondisi oli bagus, maka dapat membantu juga dalam penghematan bahan bakar. Oli akan membuat kerja mesin lebih stabil dan tidak terlalu berat. Akibatnya, energi yang diperlukan untuk membuat kendaraan melaju jadi lebih sedikit. Semakin sedikit energi yang dibutuhkan, maka tentunya bahan bakar akan semakin dihemat.

  • Merawat Bagian Dalam Mesin

Dengan fungsinya sebagai pelumas dan tidak melebihi batas telat ganti oli mobil, mesin akan lebih terawat. Komponen-komponen mesin tidak akan terjadi saling gesek yang tidak terkendali. Dampaknya, bagian dalam mesin memiliki umur yang lama dan tidak terjadi turun mesin.

  • Membuat Harga Jual Kembali Bagus

Semakin bagus kualitas mesin dari sebuah kendaraan, tentunya harga jualnya juga semakin tinggi. Ini merupakan salah satu peranan dari oli yang menjaga kualitas mesin tetap bagus. Mungkin anda di suatu hari ingin menjual kendaraan dan tentunya mendapatkan harga yang cocok. Dengan kendaraan yang terawat melalui penggantian oli yang teratur, tentunya harga jual kembali kendaraan makin tinggi.

Berapa Batas Toleransi Telat Ganti Oli Mobil ?

Mengetahui berapakah batas toleransi telat ganti oli mobil memang penting untuk menjaga kualitas kendaraan. Sebenarnya, batasannya sendiri memang bisa dilihat dari buku manual yang dikeluarkan oleh pabrikan. Akan tetapi, jika telah melewati batas 500 km sampai 1000 km sebaiknya Anda mulai menggantinya. Dengan menempuh jarak tersebut tentunya sudah terjadi di banyak pengikisan dan Oli mulai kotor. Periksa juga kualitas oli yang bisa dilihat secara langsung dari indikator dipstick.

Baca Juga : Harga Koil Mobil

Kesimpulannya, sebagai pemilik kendaraan yang baik anda juga harus memperhatikan berapa batas toleransi telat ganti oli mobil. Kendaraan yang telat ganti oli dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan. Awalnya mungkin kerusakan tersebut kecil, namun saat dibiarkan, lama-lama menjadi besar dan merambat pada komponen mesin dan mobil yang lain.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *