Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Belt Ac Mobil Bunyi

Belt Ac Mobil Bunyi

Penyebab :

Fan belt memiliki umur penggunaan yang relatif singkat. Hal ini dikarenakan fan belt berada pada posisi terbuka dan berhubungan dengan engine pully, sehingga seringkali fan belt ini terekspos oleh berbagai gangguan seperti, terciprat air saat hujan atau melewati genangan. Yang lebih membahayakan adalah ketika mobil berjalan pada saat kondisi jalan kebanjiran. Bukan hanya air saja yang akan mengganggu kestabilan fungsi fan belt, melainkan juga tanah, lumpur, bahkan pasir.

Semua gangguan itu akan menyebabkan fan belt mengalami kerusakan yaitu munculnya bunyi berdecit yang nyaring atau biasa disebut dengan belt dressing. Belt dressing terjadi karena karet tidak bisa memutar pully dengan sempurna. Penyebab lainnya adalah pada bagian pully nya yang kering karena terkikis oleh cipratan atau tergenang air dan kotoran.

Solusi :

Salah satu tanda mulai menurunnya kemampuan fan belt adalah timbulnya bunyi berdecit yang cukup nyaring. Bunyi ini muncul akibat karet tidak bisa memutar pulley dengan sempurna, sehingga menimbulkan selip. Selip inilah yang menjadi sumber suara tersebut.

Berikut cara mengatasinya yaitu dengan melapisi fan belt, dengan cairan khusus yang dapat dibeli di toko aksesori mobil. Cairan yang dikemas dalam bentuk aerosol ini disemprotkan ke sisi dalam fan beltsaat mesin hidup. Namun, cairan hanya boleh disemprotkan secukupnya saja, karena jika berlebihan, ruang mesin akan menjadi kotor.

Bila tidak memiliki waktu untuk mengunjungi toko aksesori, Anda dapat menggunakan lilin. Tempelkan lilin di sisi dalam fan belt dengan hati-hati. Jika tidak ada lilin, gemuk (grease) dapat menjadi alternatif. Oleskan gemuk menggunakan kuas, namun jangan terlalu banyak, karena bisa membuat fan beltselip.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *