Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Tips merawat ac mobil

7 Langkah Ampuh Bersihkan Mesin Mobil Sendiri

Bersihkan Mesin Mobil

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk bersihkan mesin mobil saat virus corona dan tentu saja Anda WFH akibat kebijakan pemerintah. Namun WFH yang terus berlanjut ini bukan berarti untuk domolovers bermalas-malasan ya. setidaknya luangkan 1-2 hari untuk bersihkan mesin mobil sendiri tanpa ke detailing. Karena tentunya bersihkan mesin mobil sendiri lebih menghemat kantong sekaligus memberi kebugaran badan Anda.

Apa Saja yang Perlu Anda Siapkan?

Kebahagiaan dan Kenyamanan Keluarga di Dalam Mobil yang Steril Bebas Tikus dan Serangga

Nah domolovers, seperti yang kita tahu bersama debu jalanan, bekas aspal dan serangga adalah beberapa objek yang bisa mengganggu kebersihan ruang mesin. Sebelum kita memulai misi pembersihan ini mari kita siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Anda akan membutuhkan cairan pembersih serbaguna atau deterjen, degreaser, sikat, kuas dan kain lap kering. Diusahakan kain lap disiapkan beberapa ya, karena domolovers akan membutuhkan 2 jenis kain lap kering yang pertama untuk pembersihan awal dan yang kedua untuk pengeringan nantinya.

Untuk opsi tambahan mungkin Anda akan membutuhkan blower untuk pengeringan yang lebih cepat serta membutuhkan jet cleaner untuk membersihkan sela-sela mesin yang sulit dijangkau.

Tahap-tahap Membersihkan Mesin Mobil Yang Kotor

Sebelum membersihkan mobil nih domolovers perlu memperhatikan kondisi ini yaitu pastikan kondisi mesin dingin, maka dari itu kondisi saat pagi weekend seperti sabtu atau minggu pagi sangatlah cocok untuk melakukan proses bersihkan mesin mobil. Tapi kalau semisalnya weekday setidaknya tunggulah 45 menit untuk memastikan kondisi mesin benar-benar dingin.

Setelah mesin dirasa cukup dingin, langkah pertama adalah bersihkan mesin mobil dari debu dan kotoran ringan. Pada proses ini domolovers dapat menggunakan blower, tapi jika Anda tidak punya bisa menggunakan kuas. Gunakan kuas bervariasi dari permukaan lebar hingga permukaan kecil untuk menyapu celah-celah sempit. Untuk tahap ini air masih belum diperlukan, jadi nikmatilah  menyapu debu ringan ini.

Lalu, domolovers dapat mulai dengan melepas aki mobil. Tahap ini merupakan yang paling krusial dalam bersihkan mesin mobil. Karena pada tahap selanjutnya, domolovers akan membutuhkan cukup banyak air sehingga melepas aki dan kelistrikannya dirasa wajib ya, domolovers. Melepas aki itu berarti memutus semua aliran listrik atau jika bisa lepas semua kelistrikan di dalam maupun di luar mobil. Ini gunanya untuk menghindari korsleting saat membersihkan dengan air nantinya.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan karena melepas aki untuk bersihkan mesin mobil adalah ada akses untuk membersihkan dudukan bawah penyimpanan aki, dimana biasanya kotoran juga bersarang disitu. Namun, jika sekiranya Anda tidak bisa membuka aki dan bautnya, mungkin Anda bisa menggunakan cara lain. Seperti menggunakan plastik kresek untuk menutup bagian aki beserta kutub positif dan negatifnya, usahakan menggunakan plastik kreseknya dobel ya, domolovers untuk mencegah terjadinya rembes air.

Kemudian, setelah aki diangkat dan semua aliran listrik diputus barulah Anda akan memulai pembersihan dari bagian atas mesin. Anda dapat memanfaatkan cairan serbaguna yang sudah disiapkan tadi sembari Anda gosok menggunakan sikat dan kuas, tergantung kotorannya seperti apa. Kalau kotorannya keras Anda bisa menggunakan sikat namun jika kotorannya lembut Anda bisa menggunakan kuas. Setelah dirasa cukup, siram dengan air seperlunya. Bilas secara perlahan sehingga cipratan air tidak akan berantakan saat jatuh di permukaan mesin, lalu keringkan dengan kanebo. Lakukan ini sampai kesela-sela mesin.

Tips bersihkan mesin mobil mudah (Cheat Sheet)

Jika Anda merasa mencuci adalah hal yang berat dan membosankan serta memakan waktu yang banyak. Tenang saya bagikan resep ampuh agar proses bersihkan mesin mobil menjadi mudah dan ringan. Ini dia tipsnya :

  1. Basahi permukaan mesin yang akan dibersihkan menggunakan campuran air dan sabun dengan menggunakan kuas lebar, usahakan proses basah ini merata
  2. Jika ada noda membandel gunakan degreaser yang sudah disiapkan sebelumnya
  3. Setelah membersihkan sela-sela mesin, jangan lupa sekalian membersihkan bagian grill depan, rangka dan body mobil. Untuk grill disarankan untuk dilepas agar pengerjaan lebih mudah.
  4. Setelah semua tersabuni barulah domolovers siram menggunakan air sampai dirasa cukup, jika Anda memiliki alat seperti Jet cleaner akan sangat memudahkan Anda untuk membersihkan sela-sela mesin dengan air. Hal ini karena Jet cleaner memiliki variasi dan tingkat kelembutan air yang berbeda-beda. Fungsinya jelas, agar noda yang tadinya sudah diberi degreaser bisa dengan mudah turun menggunakan alat ini.
  5. Gunakan blower untuk mengeringkan dengan cepat.
  6. Setelah dirasa cukup kering, pasang aki.
  7. Nyalakan mesin mobil dan tunggu sekitar 30-45 menit agar mesin panas dan suhu mesin stabil. Tentunya ini akan membantu Anda mengeringkan mesin yang sulit dijangkau menggunakan blower.
Dengan melihat tips atau cheat sheet yang sudah saya berikan. Saya yakin Anda bisa melakukan proses bersihkan mesin mobil dengan mudah, cepat dan menyenangkan. Selain itu, kondisi ruang mesin yang bersih dan kinclong akan membawa kepuasan bagi domolovers maupun orang yang melihat kondisi mobil anda.
Baca Juga : Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter
Mungkin pacar, istri atau selingkuhan jadi semakin memberi nilai jual dan tentu saja akan meningkatkan daya tarik mobil di mata mantan, pacar atau selingkuhan. Satu lagi, keuntungan dari kondisi mesin yang bersih adalah saat Anda berkunjung untuk melakukan penggantian sparepart atau sekadar ganti oli, mekanik akan segan dan ekstra hati-hati. Karena pemiliknya adalah orang yang sangat memperhatikan kondisi mobil.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *