Posted by Aditya Dokter Mobil Uncategorized

Berapa Biaya Cuci AC Mobil Secara Berkala dan Perawatan Rutinnya

biaya cuci ac mobil

berapa kira kira biaya cuci AC Mobil. Ketika akan bepergian moda transportasi apa yang anda pilih, mobil atau motor? Dengan cuaca perkotaan yang cukup panas dan berdebu, tentu mobil menjadi pilihan terbaik. Dengan mobil anda tidak perlu khawatir kepanasan dan kehujanan. Anda juga bisa duduk dengan santai sambil menikmati pemandangan dengan suhu yang sejuk karena adanya AC (Air Conditioner).

Namun bagaimana kejadiannya jika AC di mobil anda mati? Tentu perjalanan yang dibayangkan akan nyaman dan sejuk akan berubah menjadi sauna berjalan. Tentu anda tidak mau hal tersebut terjadi.

Oleh karena itu, sangat disarankan sekali untuk melakukan perawatan cuci AC mobil secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Selain menjaga stabilitas AC. Cuci AC Mobil memiliki banyak manfaat lain. Apa saja? Simak jawabannya di bawah ini lengkap dengan rincian biaya cuci AC Mobil

Pentingnya Cuci AC Mobil Secara Berkala

Tidak hanya manusia, mobil juga memerlukan perawatan intensif agar bisa berfungsi dengan baik. Salah satu perawatan yang wajib anda lakukan secara berkala yaitu cuci AC Mobil. AC menjadi part yang paling penting dalam transportasi yang satu ini karena bisa memberikan suhu yang sejuk dan nyaman ketika berada di dalam mobil. Untuk itu, sangat penting sekali untuk mengecek kondisi dan performa AC.

Apabila tidak dirawat dengan baik, AC cenderung akan mengalami banyak masalah. Apa saja? Sebut saja Freon yang mengalami kebocoran, kebocoran gas karbon monoksida, AC tidak menyala, tingkat suhu AC yang tidak sesuai dengan pengaturan, performa AC tidak optimal, dan korosi pada bagian dalam AC. 

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mencuci AC mobil? Sebaiknya AC mobil dicuci setiap satu tahun sekali. Selain itu, anda juga bisa mencucinya setiap speedometer mobil telah mencapai 5.000 hingga 10.000 km. 

Pilih Dokter Mobil Untuk Jasa Cuci AC Mobil Anda

Untuk mencuci AC mobil ini anda bisa membawa mobil ke bengkel Dokter Mobil. Pada umumnya perawatan pencucian AC ini terbagi menjadi dua skala. Untuk skala kecil, AC akan mengalami pergantian filter kabin, ganti oli, receiver dryer, dll. 

Sedangkan untuk perawatan AC dalam skala besar, mobil akan dibenahi untuk bagian condenser, filter kabin, compressor, expansion valve, dan lain sebagainya. 

Selain jasa cuci AC mobil di Dokter Mobil, anda juga disarankan untuk melakukan perawatan harian. Perawatan ini dilakukan dengan cara menyalakan AC dengan suhu sedang, hindari menempatkan mobil di tempat yang panas dalam waktu yang cukup lama, dan berikan rongga udara pada kaca mobil meskipun AC telah dinyalakan. 

Selain itu, anda juga harus memastikan cairan pendingin memiliki jumlah yang sesuai. Apabila cairan yang satu ini berkurang, anda bisa mengisinya kembali.

Dengan penjelasan di atas, apakah anda sudah mengerti pentingnya melakukan perawatan pencucian AC mobil secara berkala? Apabila belum, berikut ini kami telah merangkum beberapa manfaat apabila anda rajin mencuci AC mobil. 

  • Suhu AC di dalam mobil menjadi lebih sejuk, lembab, dan bersih meskipun dengan suhu rendah.
  • Mengurangi risiko kebocoran dan  kerusakan Freon, sehingga perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.
  • Membuat AC menjadi lebih awet dan tahan lama.
  • AC mampu menghasilkan suhu dingin yang lebih optimal
  • Membantu merawat mesin mobil dengan efetivitas dari AC.

baca juga : Memahami Pengertian AC Mobil dan Fungsi Berbagai Komponen untuk Memudahkan Perawatan

Biaya Cuci AC Mobil

Untuk biaya cuci AC mobil memiliki harga yang berbeda untuk satu bengkel dengan yang lainnya. Pastikan anda menggunakan jasa cuci AC mobil yang telah berpengalaman dalam bidangnya namun tetap mengedepankan harga yang miring. 

Selain bengkelnya, biaya cuci AC mobil juga ditentukan oleh sparepart yang ingin diperbaiki. Berikut ini kami telah merangkum total biaya untuk masing-masing sparepart AC. 

  • Freon

Freon sangat berperan penting untuk menjaga suhu AC tetap dingin dan sejuk. Untuk biaya perbaikan Freon yang mengalami kerusakan atau kebocoran, rata-rata biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 100.000 – 400.000. Sedangkan untuk pengisian Freon dibandrol harga dengan kisaran Rp 150.000 – 350.000

  • Bau AC tidak sedap

Meskipun sejuk, anda pasti tidak akan betah berlama-lama di dalam mobil apabila AC mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, anda bisa melakukan pengecekan dengan biaya sekitar Rp 200.000. Sedangkan untuk membersihkan bagian dalam AC, anda harus mengeluarkan dana sebesar Rp 100.000 – 150.000

  • AC Mati

Mobil tanpa AC bisa diibaratkan dengan sauna berjalan, apalagi kalau kaca mobil ditutup sepenuhnya. Banyak sekali penyebab dari kerusakan AC sehingga tidak bisa berfungsi kembali. Anda bisa mengecek penyebabnya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 200.000. sedangkan untuk mengganti spare part yang tidak berfungsi kisaran harganya berada pada range Rp 300.000 – 2.000.000

  • Perawatan AC

Untuk menjaga stabilitas AC, anda sangat disarankan untuk rutin melakukan pengecekan dan perawatan. Banyak sekali model perawatan yang bisa anda aplikasikan pada AC, antara lain perawatan kondensor dengan harga Rp 200.000, flushing dengan biaya Rp 300.000, mengganti magneting clutch dengan harga Rp 400.000, dan biaya cuci AC mobil sebesar Rp 350.000.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai pentingnya selalu merawat AC mobil agar terhindar dari segala kerusakan lengkap dengan biaya cuci AC mobil terupdate. Mencegah lebih baik daripada mengobati, hal ini serupa dengan kondisi AC mobil karena untuk mengatasi kerusakan biayanya akan jauh lebih besar daripada harus merawatnya secara rutin. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *