Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Mesin, Mesin Mobil, tips

Harus Tahu! Biaya Cuci Mesin Mobil

biaya cuci mesin mobil

Mengetahui biaya cuci mesin mobil sebelum ke salon mobil, sudah pasti jadi kewajiban yang tidak bisa dipungkiri lagi ya. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, tentu saja apalagi jika di masa pandemi seperti ini Anda merasa sangat malas dan ingin menjadi kaum rebahan di atas kasur saja. Dengan mengetahui biaya cuci mesin mobil tentunya tidak perlu repot, bertanya lagi berapa biaya cuci mesin mobil itu sendiri.

Mengapa Mesin Mobil Harus Dicuci?

cara membersihkan mesin mobil avanza

Sebelum Anda mengetahui berapa sih kisaran biaya cuci mobil ada baiknya mengetahui mengapa mobil  harus dicuci? Alasan pertama adalah karena kotoran yang menempel pada mobil dan kaca mobil akan membuat tampilan cat mobil Anda menjadi kusam permanen dan untuk mengembalikan kilaunya  perlu membawa ke detailing. Bahkan jika pasir atau lumpur terlalu lama menempel pada bagian kolong mobil akan menghasilkan karat.

Alasan kedua adalah lebih mudah mendeteksi kerusakan. Dengan mencuci mesin mobil maka dapat dengan mudah mendeteksi jika ada kebocoran pada bagian selang-selang atau pipa bahkan oli. Apalagi jika ada oli atau air radiator rembes, lebih mudah dideteksi dan diatasi. Alasan ketiga, menjaga temperatur mesin tetap dingin. Hal ini membantu untuk mempermudah mendinginkan mesin mobil ketika sudah dipakai.

Tahap-Tahap Pencucian Mesin Mobil

Setelah Anda mengetahui manfaat cuci mesin mobil, kali ini Anda harus tahu tahap pencucian mesin mobil. Diantaranya adalah

  • pengaplikasian degreaser. Hal ini berfungsi untuk melunturkan noda membandel seperti oli, minyak, pecahan aspal dan lainnya terutama pada bagian bawah mesin.
  • Setelah melakukan pengaplikasian degreaser tunggu sebentar kisar 5 menit sampai 7 menit sebelum Anda melakukan pembersihan menggunakan kuas.
  • Setelah itu, baru Anda bisa melakukan pengaplikasian kuas dan sikat dengan bersih. Saya sarankan, menggunakan kuas dengan ujung kuas lurus dan lebar. Untuk ujung kuas lurus gunanya untuk meraih daerah mesin mobil yang tidak bisa diraih menggunakan sikat, sedangkan kuas lebar gunanya untuk membersihkan bagian mesin mobil yang memiliki sudut lebar dan area pembersihan yang lebar. Sehingga tidak perlu membersihkan menggunakan sudut sikat yang lebih kecil dibandingkan dengan kuas lebar tadi.
  • Setelah Anda mengusap semua bagian menggunakan degreaser atau shampo mesin mobil, Anda dapat membersihkan dengan air bersih mengalir atau menggunakan jet steamer. Jika Anda menggunakan jet steamer, gunakan tekanan air rendah dibandingkan tinggi. Hal ini digunakan agar tak ada air yang masuk ke dalam bagian gasket mesin. Jika ini terjadi dan masuk ke dalam sistem oli maka dapat menyebabkan oli tercampur dengan air dan membuat mesin mobil menjadi rusak. Jadi pastikan jika Anda menggunakan jet steamer, gunakan dengan tekanan air kecil sampai sedang. Nah, pada tahap ini seharusnya Anda membersihkan dengan seksama dan jeli jika tidak maka akan banyak water spot.

Baca Juga : Kelebihan Mobil Mesin Diesel Terbaik

Jika, Anda sudah yakin membilas kesemuanya dengan rata, sudah saatnya menggunakan kanebo atau lap chamois untuk mengangkat air yang masih menempel pada mesin mobil Anda semuanya. Tahap pengeringan ini diharapkan agar semuanya bisa terserap baik menggunakan lap chamois tadi atau menggunakan lap microfiber. Yang jelass keduanya harus bersih dan baru, agar tidak ada kotoran dari tempat lain menempel dan takutnya terhisap oleh komponen mesin, saat mesin dihidupkan. Jika, sudah dikeringkan semuanya, Anda bisa menyalakan mesin mobil dan menutup kap mobil untuk mempercepat proses pengeringan.

Biaya Cuci Mesin Mobil

Tapi, kalau semisalnya Anda merasa proses cuci mesin ini terlihat ribet dan membuat anda capek badan, padahal  maunya berleha-leha di rumah, Anda bisa melihat daftar biaya cuci mesin mobil berikut ini.

Ukuran Mobil S (Sedan, City Car ) 450.000
Ukuran mobil M ( Low MPV, MPV) 550.000
Ukuran mobil L ( SUV, station wagon ) 650.000
Ukuran Mobil XL (Truk boks, Bus) 750.000

*harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *