Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil service mobil

Biaya Scanner Mobil Terbaru, Cek Kerusakan Pada Mobil Anda

Informasi tentang cara mengecek kerusakan dan biaya scanner mobil yang ada di pasaran, penting untuk dianggarkan keuangannya jika perlu dilakukan. Scanner mobil ini memang sangat akurat dalam mendeteksi kerusakan kerusakan yang mungkin ada. Saat anda berkendara, dan tiba-tiba mobil terasa aneh bahkan sampai tidak menyala, sumber masalahnya bisa dideteksi salah satunya lewat scanner ini.

Informasi Penting Seputar Scanner Mobil

Pada saat mekanik bengkel mulai melakukan pengecekan terhadap mobil, salah satu alat yang dibawa adalah laptop. Namun, bukan laptop biasa yang digunakan untuk mengetik atau mencatat kerusakan pada mobil. Akan tetapi, mekanik tersebut menghubungkan konektor antara laptop tersebut dan komponen di mobil. Selanjutnya, letak kerusakannya akan langsung diketahui oleh mekanik tersebut.

  • Cara Kerja Scanner Mobil

Mengetahui cara kerja dan biaya scanner mobil akan membuat anda punya wawasan luas seputar perbaikan ini. Walaupun anda tidak secara langsung melakukannya, informasi mengenai cara kerja alat pemindai ini cukup menarik. Pada alat tersebut dilengkapi sistem Electronic Fuel Injection (EFI) dan bekerja dengan cara cara membaca data yang diperoleh dari ECU pada kendaraan.

Selanjutnya, data yang diperoleh tersebut akan ditampilkan di layar alat pemindai nya. Bisa dibilang, ECU adalah otak dari sebuah kendaraan di mana segala hal data tentang mobil tersimpan pada alat tersebut. Keluaran atau output dari hasil kerjanya disebut dengan Diagnostik Trouble Code atau DTC. peranan alat ini dalam membantu mekanik sangat besar sekali dan tingkat akurasinya bisa sangat presisi dalam mendeteksi kerusakan yang terjadi.

  • Mobil Yang Bisa Dicek Dengan Scanner

Selain biaya scanner mobil yang cukup penting diketahui, Anda juga harus paham apakah mobil anda bisa dicek dengan scanner ini atau tidak. Mobil yang bisa dicek adalah jika memiliki ECU yang tertanam didalamnya. Pada umumnya, mobil keluaran 1997 sudah dapat dipindahin menggunakan alat scanner ini. Pada umumnya, colokan untuk konektornya diletakkan di bawah setir atau pada dashboard. Bentuk lubangnya sangat khas, mirip colokan untuk proyektor.

  • Keterbatasan Scanner

Informasi biaya scanner mobil penting, supaya Anda tidak salah menganggarkan dana. Karena, walaupun canggih, scanner ini tetap ada batasannya dalam mendeteksi kerusakan. Permasalahan yang yang bersifat manual belum bisa dideteksi, contohnya saluran air yang tersumbat, setir yang sistemnya belum elektrik, atau permasalahan pada kampas rem. Hal tersebut harus dideteksi penyebabnya secara manual.

Baca Juga : Cara Mengecek Busi Mobil Mati atau Hidup

Kerusakan yang dapat dilihat dengan pemindai scanner adalah kerusakan pada sistem yang diatur oleh engine control (ECU). Beberapa diantaranya transmisi, ABS, sistem elektrik, air bag, sistem injeksi dan sensor lainnya pada mesin. Sebenarnya, pengecekan lewat scanner pada bengkel resmi memang dilakukan saat Anda servis rutin dan tidak dikenakan biaya. Namun, apabila terjadi kerusakan barulah disitu akan kena biaya tambahan.

Berapakah Biaya Scanner Mobil?

Informasi mengenai biaya scanner mobil dan pengecekan pada komponenya ini memang bervariasi. Namun, pada umumnya biaya untuk scan ini berada sekitar di angka 400 ribuan pada beberapa jenis kendaraan. Anda bisa mulai menganggarkan pengecekan dengan scanner ini Apabila memang cukup diperlukan. Mengenai hal tersebut, Anda bisa konsultasikan pada bengkel terpercaya.

Kesimpulannya, informasi mengenai pengecekan dan biaya scanner mobil cukup penting untuk diketahui, karena saat perlukan memang harus dianggarkan. Ada komponen-komponen pada mobil yang Sebaiknya dicek melalui alat ini, agar sumber masalahnya benar-benar diketahui. Scanner sendiri memang memiliki kelebihan dari segi akurasinya dalam mengecek komponen-komponen yang terhubung dengan ECU.

Mobil Berasa Ada yang Rusak? Tapi Gak Tau Apa Kerusakannya, Scan Sekarang!

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *