Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil tips, Tune Up Mobil

3 Faktor yang Mempengaruhi Biaya Tune Up Avanza

biaya tune up avanza

Avanza menjadi salah satu merek dari Brand Mobil ternama Toyota. Avanza telah menjadi mobil keluarga Indonesia sejak lama karena memiliki kabin yang besar dan harganya tergolong terjangkau. Sebagai salah satu alat transportasi, avanza juga memerlukan perawatan secara rutin salah satunya adalah tune up. Namun, bagaimana dengan biaya tune up Avanza sendiri?

Tune up sendiri sangat penting dilakukan karena bermanfaat untuk mengembalikan performa mobil Avanza Anda. Hal ini tentu sangat penting dilakukan apalagi bagi mobil Avanza Anda yang usianya sudah tua agar tetap prima dan tidak memiliki masalah saat digunakan. Informasi lebih lanjut dapat Anda simak berikut ini:

Faktor yang Menyebabkan Mahal dan Tidaknya Biaya Tune Up Avanza

tune up mobil

Berbicara mengenai biaya tune up Avanza tak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi. Tentunya, harga tune up mobil si A tak bisa disamakan dengan harga tune up mobil si B. Oleh karena itu di bawah ini akan kita jelaskan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi harga tune up mobil Avanza. Penjelasannya sebagai berikut:

  1. Bengkel yang Anda Pilih

Faktor yang mempengaruhi harga pertama adalah bengkel yang Anda pilih. Ada dua jenis bengkel utama yang bisa Anda pilih untuk melakukan tune up mobil Avanza Anda. Ada bengkel umum yang mana melayani berbagai jenis mobil dan ada juga bengkel resmi Toyota yang hanya menerima mobil-mobil produksi Toyota saja.

Bengkel umum pun ada yang hanya melayani khusus tune up mobil saja ada juga yang melayani berbagai jenis pelayanan. Pada umumnya, bengkel umum mematok harga yang lebih murah dibandingkan dengan bengkel resmi.

Namun, berbeda lagi jika Anda memilih menggunakan bengkel tune up mobil khusus. Biasanya harganya lebih mahal. Harga tune up di bengkel umum maupun di bengkel resmi sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah sesuai dengan bengkel yang Anda pilih.

Dengan Dokter Mobil anda tidak usah ragu. Bengkel ini bisa melakukan tune up mobil secara maksimal apapun mobil anda. Mobil baru ataupun mobil lama bisa di tune up sampai benar-benar alus lagi mesinnya.

  1. Jenis Mobil Avanza yang ingin di-Tune Up

Toyota sendiri, memproduksi dua jenis mobil Avanza yaitu Toyota Avanza biasa dan juga New Toyota Avanza. Keduanya juga mempengaruhi biaya tune up di bengkel mobil. Tentunya biaya untuk Mobil New Toyota Avanza atau Avanza yang baru akan lebih mahal biayanya dibandingkan dengan Toyota Avanza keluaran sebelumnya.

Namun, umumnya biaya Tune-up mobil Avanza keluaran terbaru dengan yang lama tidak terlalu jauh walaupun memang berbeda.

  1. Performa Mobil Avanza Anda

Mobil Avanza dengan tahun yang lama dan juga sering dipakai untuk beban berat tentunya performanya akan berkurang dibandingkan dengan mobil Avanza yang belum begitu lama. Oleh karena itu, biaya tune-up juga bisa terpengaruh oleh performanya.

Mobil Avanza yang keluaran terbaru dan hanya digunakan dalam batas normal tentu biaya tune up-nya akan lebih murah. Namun, semua kembali lagi kepada bengkel sebab yang tahu kondisi dari mobil Anda adalah para teknisinya.

Alasan Mengapa Harga Tune Up Avanza Lebih Mahal dari Service Biasa

Harga Tune-Up mobil Avanza dan mobil-mobil yang lainnya umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga atau biaya servis rutin. Tentunya juga ada penyebab mengapa harga tune-up menjadi lebih mahal dibandingkan dengan servis padahal terlihat sama. Untuk itu, semuanya akan dijelaskan seperti di bawah ini:

  1. Pengecekan Lebih Lengkap

Alasan yang pertama tentunya adalah pengecekannya lebih lengkap. Jika servis hanya memeriksa beberapa onderdil saja, untuk tun up sendiri lebih fokus pada peningkatan berbagai komponen sehingga performa mobil menjadi meningkat dan lebih baru lagi.

Pada proses tune up juga sering dilakukan penggantian komponen yang lama dengan yang baru sehingga rasanya pun juga akan sangat berbeda saat dipakai berkendara. Berbagai komponen diperiksa dan diganti sehingga mobil terasa seperti baru lagi.

  1. Pemeriksaannya Lebih Kompleks

Selain pengecekannya lebih lengkap, pemeriksaan dari mobil Avanza sendiri juga lebih kompleks dibandingkan servis. Jika pada servis hanya mengecek komponen dan memastikannya aman digunakan, tune up membuat mobil kembali prima dan tidak loyo lagi.

Berbagai pemeriksaan dilakukan seperti mengganti oli mesin sekaligus filter olinya, membersihkan filter udara atau menggantinya, melakukan penggantian filter bahan bakar, pembersihan filter AC, dan membersihkan Injektor.

Baca Juga : Penyebab Busi Mobil Hitam

Tak hanya itu saja, pada proses tune up ada proses scanning sistem injeksi serta untuk membersihkan ruang bakar. Pada proses tune-up ini, teknisi juga akan membersihkan dan menyetel ulang rem.

Itu dia beberapa hal yang telah dibahas mengenai biaya tune up Avanza yang bisa Anda ketahui. Oleh karena itu, sebelum melakukan tune up sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kondisi mobil dan juga keuangan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan perawatan mobil Toyota Avanza Anda di bengkel Dokter Mobil.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *