Posted by Intan Mobil Turun Mesin

Sebelum ke Bengkel, Intip Biaya Turun Mesin Mobil Diesel

biaya turun mesin mobil diesel

Yuk ketahui biaya turun mesin mobil diesel. Awal tahun baru, sejumlah wilayah pulau jawa diguyur hujan hingga menimbulkan banjir. Tidak jarang banyak mobil terendam banjir hingga menimbulkan turun mesin. Kenali perawatan mobil karena banjir disini. Sebab inilah banyak bengkel mobil menjadi berkah karena selalu ramai oleh pemilik Bagi anda yang akan berencana service mobil, sudahkah anda mengetahui biaya turun mesin mobil diesel ?

Mobil diesel memang diungguli dalam bidang mesin yang dipakainya. Sebab inilah banyak truk atau mobil besar yang menjadikan mesin diesel dibandingkan mesin mobil bensin. Jika sudah turun mesin, anda wajib rogoh kocek besar untuk memperbaiki mesin seperti sediakala.

Biaya Turun Mesin Mobil Diesel

Berapa biaya turun mesin mobil diesel? Hal ini didasarkan pada jenis mobil dan tingkat kerusakan yang terjadi pada mesin. Terlebih jika mobil sudah memasuki usia lebih dari 5 tahun, pasti sudah sering memberi ‘jajan’ mobil termausk turun mesin.

Estimasi rata-rata proses turun mesin menghabiskan dana Rp 5 juta – Rp 10 juta secara keseluruhan tergantung jenis kerusakannya. Lumayan mahal bukan?

Umumnya, di bengkel-bengkel lain pengerjaan turun mesin memakan waktu berhari-hari hingga membuang waktu anda. Pengerjaan mengurai mesin mulai dari kepala silinder hingga blok mesin di cek satu persatu.

Adapun detail part yang biasanya perlu diganti ketika turun mesin mobil diesel adalah sebagai berikut:

  • Set Ring (ring piston)
    Kisaran harga termurah: 1.800.00 (harga bervariasi tergantung jenis mobil dan kualitas barang)
  • Set BRGS (metal duduk)
    Harga cukup beragam. Mulai dari 900 ribuan, hingga hampir 2 jutaan. Biasanya tergantung jenis mobil.
  • Bearing Kit (metal jalan)
    Part ini masih tergolong lebih murah daripada part lainnya. Biasanya sekitar 500 ribu sampai 1,5 jutaan.
  • Bearing (metal bulan)
    Part ini paling sering harus diganti ketika ada masalah turun mesin. Biaya penggantian bearing biasanya sekitar 3,5 jutaan. Lumayan tinggi, dan biasanya harus membeli lebih dari 1 buah.
  • Gasket (cyl head)
    Kisaran harga gasket ada di angka 1,2 jutaan. Bisa lebih mahal bisa lebih murah.
  • Seal
    Kisaran harga lumayan bervariatif tergantung pada jenis mobil, kualitas barang, dan… tergantung bengkel ingin memberikan harga berapa.
  • Gasket, f/injr
    Barang ini sebenarnya kecil dan sederhana. Tapi harganya lumayan, berkisar di angka 50 sampai 100 ribuan.
  • Chain
    Untuk mobil diesel, harga barang ini bisa hampir 3 jutaan. Untuk mobil diesel kelas atas, harganya bisa lebih mahal.
  • Guide, tmg chain
    Harga normal barang ini adalah sekitar 850 ribuan. Tapi biasanya lebih mahal jika membeli di bengkel mobil ketimbang lewat toko spare part.
  • Sprocket, cm/shf
    Kisaran harga sekitar 850 ribuan. Bisa ada yang jual lebih murah, tapi banyak juga yang jual lebih mahal.

Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan dana yang sekiranya harus disiapkan untuk biaya turun mesin mobil diesel sekurang-kurangnya adalah Rp16.000.000,00 (enam belas juta rupiah). Harga dapat lebih tinggi jika kerusakan lebih serius.

Pilihannya hanya dua, servis lebih lanjut atau ganti komponen

Semua komponen yang terdapat di kepala silinder atau blok itu berpotensi rusak. Jika dideteksi beragam kerusakan maka banyak yang harus diperbaiki. Solusinya bisa hanya dengan servis atau harus diganti.

Kondisi kepala silinder rusak. Jika harus ada yang diganti tentunya akan keluar dana lagi. Meski tidak ada yang diganti ada komponen wajib yang harus dibeli efek dari turun mesin. Seperti: packing set, sil, dan booshing, serta beberapa komponen yang rusak akibat penguraian mesin. Onderdil yang kerap diganti dengan harga yang cukup mahal antara lain piston, ring piston, cylinder liner (boring), metal, dan klep (valve).

Sudah tahu apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dokter Mobil

Punya keluhan mobil lainnya yang ingin ditanyakan? Hubungi CS Dokter Mobil Sekarang Juga.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *