Posted by Aditya Dokter Mobil Uncategorized

Perkiraan Biaya Turun Mesin Mobil di Bengkel Terpercaya

biaya turun mesin mobil

Memang, biaya turun mesin mobil ini cukup mahal. Terlebih, penyebab turun mesin pada mobil Anda dikategorikan cukup parah. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan roda empat tentu harus mengetahui apa saja yang menyebabkan mobil turun mesin.

Rata-rata, munculnya masalah turun mesin mobil disebabkan oleh keteledoran pemilik kendaraan. Ya, pemilik kendaraan roda empat ini terlalu abai dengan adanya ciri-ciri kerusakan mesin mobil.

Alhasil, tidak dilakukannya tindakan service oleh pemilik kendaraan ini menyebabkan komponen mobil mengalami kerusakan total. Jadi, biaya kerusakan total mesin mobil ini bahkan mencapai puluhan juta rupiah. Maka dari itu, ketahui penyebab mobil turun mesin beserta biaya service di bengkel terbaik dan terpercaya.

Ini Dia Beberapa Kerusakan yang Menyebabkan Mobil Mengalami Turun Mesin

biaya turun mesin mobil

Ada beberapa jenis kerusakan yang membuat mobil mengalami kerusakan total atau turun mesin mobil. Apabila mobil mengalami turun mesin, maka dapat dipastikan jika Anda tidak dapat menggunakan kendaraan tersebut. Untuk langkah perbaikan, maka segera bawa ke bengkel mobil terdekat dan terpercaya.  Maka dari itu, ini dia daftar kerusakan yang menyebabkan mobil Anda mengalami turun mesin. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mesin Mengalami Overheating

Pernahkan suhu mesin mobil terlalu panas? Apabila suhu mesin mobil terlalu panas, maka hal tersebut dapat menyebabkan overheating atau kenaikan suhu mesin terlalu tinggi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari habisnya oli mesin mobil, radiator bermasalah, hingga air radiator habis.

Apabila masalah overheating mobil ini tidak segera ditangani, maka dapat dipastikan mesin mobil mengalami turun mesin. Dan biaya turun mesin mobil tidaklah murah. Oleh sebab itu, segera ke bengkel mobil untuk mengecek kondisi kendaraan Anda.

  1. Timing Belt Putus

Timing belt putus merupakan salah satu penyebab turun mesin mobil. Ya, timing belt adalah suatu komponen yang berfungsi untuk mendistribusikan tenaga dari poros engkol bensin. Timing belt mobil ini memang rawan putus, terlebih bagi Anda yang selalu berkendara menggunakan mobil.

Apabila timing belt ini putus, maka dapat merusak kinerja piston mobil. Akibatnya, mobil Anda tidak dapat distarter karena piston rusak permanen. Jika tidak segera diatasi, maka kerusakan pada timing belt ini tentu menyebabkan mobil mengalami turun mesin.

Kenali, Ini Dia Tanda-Tanda Mobil Mengalami Turun Mesin

Terkadang, pemilik kendaraan tidak mengetahui bahwa mobil miliknya mengalami masalah turun mesin. Dan akhirnya, kerusakan total pada komponen mesin mobil menyebabkan munculnya tanda-tanda bahwa kendaraan Anda mengalami turun mesin. Biaya yang dibutuhkan cukup mahal, tergantung jenis dan penyebab kerusakannya. Ada beberapa tanda-tanda yang dapat Anda rasakan apabila mobil mengalami turun mesin.

Tanda-tanda yang pertama yakni mobil tidak dapat distarter atau tidak dapat dinyalakan. Mobil yang tidak dapat distarter ini menjadi salah satu ciri-ciri dari turun mesin mobil. Hal ini disebabkan karena timing belt mobil putus. Alhasil, mobil tidak dapat distarter karena piston mobil mengalami kerusakan parah.

Tanda-tanda yang kedua adalah meningkatnya intensitas kerusakan akibat mobil mogok ketika dikendarai. Mobil yang kerap mogok ini disebabkan karena suhu mesin mobil mengalami overheating.

Apabila masalah overheating ini tidak segera diperbaiki, maka mobil akan mengalami turun mesin. Dan biaya turun mesin mobil ini mencapai dua kali lipat lebih mahal dari service kerusakan mesin mobil pada umumnya.

Perkiraan Biaya Turun Mesin Mobil di Bengkel Terpercaya

Untuk biaya penanganan turun mesin mobil ini cukup bervariatif, sesuai dengan jenis dan penyebab kerusakannya. Apabila hal tersebut disebabkan oleh tekanan suhu panas berlebih atau overheating, maka biaya turun mesin mobil ini diperkirakan sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000 saja.

Apabila mobil mengalami turun mesin akibat dari putusnya timing belt, maka biaya yang harus Anda keluarkan ini berkisar Rp. 700.000 hingga Rp. 1.400.000 (sesuai dengan jenis dan merk mobil). Harga tersebut belum termasuk ongkos pasang timing belt sekitar Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000.

Baca Juga : Inilah Cara Merawat AC Mobil Agar Kabin Tetap Dingin

Jika mobil mengalami turun mesin akibat komponen mesin mengalami aus, korosi, maupun berkarat, maka harga turun mesin mobil ini ditaksir mencapai Rp. 1.500.000 hingga Rp. 7.000.000 (apabila menyebabkan mesin mobil jebol).

Apabila Anda mencari rekomendasi bengkel mobil yang menyediakan layanan service turun mesin, maka segera hubungi Dokter Mobil. Dokter Mobil merupakan salah satu bengkel terpercaya yang melayani segala kerusakan kendaraan, mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan parah seperti turun mesin mobil. Maka dari itu, segera kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk berkonsultasi kerusakan dan biaya turun mesin mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *