Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Timbul Bunyi Berdecit Saat AC Mobil Dihidupkan

Pernah mengalami Timbul Bunyi Berdecit Saat AC Mobil Dihidupkan ? Sangat menganggu bukan? Hal ini tentu disebabkan oleh beberapa hal yang terjadi pada komponen mesin sobat. Bisa jadi karena ini Sobat, selengkapnya dibawah ini;

Fanbelt AC kendor

Ciri utama bila yang bermasalah merupakan tali kipasnya yang kendor. Bunyi berlangsung secara terus menerus terdengar hingga Sobat mematikan AC.

Atasi dengan Ini !

Untuk memastikan apakah belt ini yang menjelma penyebab bunyi, Sobat dapat menyetel kekencangan tali / belt ini, juga bisa melumasi tali kipas yang dengan mempergunakan gemuk / vet / grease. Setelah itu coba nyalakan engine kendaraan beroda empat, kemudian menyalakan AC.

Bearing Pulley kompressor aus

Penyebab bunyi decit pada waktu AC kendaraan beroda empat dinyalakan selanjutnya ialah bearing pulley kompresor aus. Untuk bertambah memastikan bahwasanya bearing pulley yang bermasalah kamu mampu mencoba melepaskan fanbelt kompressor AC ini, kemudian memutar pulley kompressor yang dengannya tangan. Bila putaran pulley terdengar kasar maka mampu dipastikan bunyi tadi penyebabnya yaitu oleh bearing pulley yang rusak.

Atasi dengan Ini !

Langkah mengatasinya merupakan yang dengannya melakukan penggantian bearing pulley ( bila mampu diganti ) atau mengganti pulley kompressor AC jika sebenarnya bearingnya tiada mampu dilepas.

Kompressor AC bermasalah

Ciri utama bila kompressor yang bermasalah, disaat AC dinyalakan serta kompressor sedang bekerja maka bunyi decit tadi hendak muncul, hendak tetapi disaat kompressor AC nya tiada sedang bekerja maka bunyi berdecit tadi hendak hilang. Bila kompressor AC kendaraan beroda empat yang jadi sumber masalah bunyi sebaiknya kamu lakukan servis / perbaikan agar kerusakannya tiada semakin parah.

Komponen yang ada didalam kompressor AC ini sangatlah tiada sejumput serta penyebab mengapa kompressor mampu sampai berbunyi juga bermacam macam, bisa dilain kesempatan hendak kami bahas mengenai hal ini.

Solusinya ?

Sebelum Sobat memutuskan untuk mengganti dengan yang baru, coba dulu beri belt dressing. Jika hasilnya tetap nihil, periksa kembali kekencangannya bisa jadi kendor atau malah terlalu kencang.

Bagaimana Mengencangkan Fan Belt dengan Benar?

Sobat dapat kendorkan terlebih dahulu baut dengan kunci ring 12 lalu tahan dengan besi dibagian yang diberi tanda panah agar terdorong ke depan.

Setelah terdorong kemudian tahan lalu kencangkan sedikit-sedikit dan coba lagi hidupkan mesin, dan hasilnya ternyata cukup efektif suara cit cit tersebut hilang.

Simak juga ulasan: Penyebab Mobil Berdecit saat AC Mobil Nyala

Jika hal diatas sudah dicoba tapi masalahnya belum hilang, maka jalan terakhir yang dapat dilakukan Sobat untuk mengganti ganti fan belt dengan yang baru. Pastikan juga setelan kekencangannya pas agar suara berdecit itu tidak muncul lagi.

Itulah ulasan terkait Timbul Bunyi Berdecit Saat AC Mobil Dihidupkan serta solusi mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers 🙂

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *