Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Penyebab Bunyi Berdecit Saat AC Mobil Dinyalakan dan Solusinya

Faktor Utama Penyebab Bunyi Berdecit saat AC Mobil Dinyalakan dan Solusi Terbaik untuk Mengatasinya

Salah satu hal yang menyebabkan bunyi berdecit saat AC mobil dinyalakan adalah masalah di fan belt. Namun mungkin saja ada sebab lainnya.

Lantas apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini akan dijelaskan penyebab munculnya bunyi decit ini, dan solusi untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Penyebab Bunyi Berdecit Saat AC Mobil Dinyalakan

Ada beberapa penyebab munculnya masalah ini. Dan setiap penyebab masalah memiliki solusi yang berbeda-beda. Dengan mengetahui faktor penyebab ini, anda akan lebih mudah untuk mencari solusi, dan dapat mencegah kembalinya masalah ini.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan AC mobil berbunyi decit saat dinyalakan antara lain adalah:

  1. AC mobil bunyi mencicit saat dinyalakan karena fanbelt AC kendor

    Sistem AC mobil juga membutuhkan fanbelt atau tali kipas yang nantinya dihubungkan dan digunakan untuk memutar kompresor AC. Untuk jenisnya ada yang berupa tali / belt kompressor tunggal. Tali belt ini dihubungkan hanya antara pulley crankshaf dan pulley kompressor AC. Ada pula tali belt AC yang selain dihubungkan dengan pulley kompressor, juga dihubungkan ke pulley alternator. Dan ataupun semua bagian pulley hanya dihubungkan oleh satu tali kipas.

    Nah, tali atau belt yang kendor juga bisa menimbulkan bunyi berdecit.

    Ciri utama bila yang bermasalah adalah tali kipasnya yang kendor cukup beragam. Ciri pertama adalah ketika pertama kali AC dinyalakan, maka bunyi tersebut akan secara terus menerus terdengar. Sampai anda mematikan AC, masalah bunyi berdecit saat AC mobil dinyalakan ini baru bisa hilang.

    Untuk memeriksa apakah belt ini yang menjadi penyebab bunyi, kalian bisa menyetel kekencangan tali / belt ini atau melumasi tali kipas dengan menggunakan gemuk / vet / grease dan mencoba menyalakan mesin mobil, kemudian menyalakan AC.

  1. AC mobil bunyi decit karena bearing pulley kompressor yang aus

    Penyebab bunyi berdecit pada saat AC mobil dinyalakan selanjutnya adalah karena disebabkan oleh rusak atau ausnya komponen bearing pulley kompressor sehingga setiap kali AC dinyalakan, baik pada saat kompressor AC bekerja atau tidak bunyi decit tersebut tetap terdengar.

    Untuk lebih memastikan bahwa bearing pulley yang bermasalah anda bisa mencoba melepaskan fanbelt kompressor AC ini, baru kemudian memutar pulley kompressor dengan tangan. Bila putaran pulley terdengar kasar maka bisa dipastikan bunyi tadi disebabkan oleh bearing pulley yang rusak.

    Langkah mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian bearing pulley ( bila bisa diganti ) atau mengganti pulley kompressor AC jika ternyata bearingnya tidak bisa dilepas.

  1. AC mobil bunyi berdecit karena kompressor AC bermasalah

    Dan penyebab kenapa timbul bunyi ketika AC mobil dihidupkan selanjutnya ialah karena adanya kerusakan didalam komponen kompressor AC, bisa jadi piston kompressor atau yang lainnya. Ciri utama bila kompressor yang bermasalah adalah, ketika AC dinyalakan dan kompressor sedang bekerja maka bunyi decit tadi akan muncul, namun ketika kompressor AC nya tidak sedang bekerja maka bunyi berdecit tadi akan hilang. Bila kompressor AC mobil yang jadi sumber masalah bunyi sebaiknya anda lakukan servis / perbaikan agar kerusakannya tidak semakin parah.

    Biaya servis kompressor AC mobil ini walaupun terlihat agak mahal, namun jauh lebih murah jika dibandingkan anda mengganti kompressor baru yang harganya berjuta juta itu. Komponen yang ada didalam kompressor AC ini sangatlah banyak dan penyebab kenapa kompressor bisa sampai berbunyi juga bermacam macam, mungkin dilain kesempatan akan kami bahas mengenai hal ini.

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Mengeluarkan Bunyi Decit saat Dinyalakan

Jika memang sumber bunyi tersebut dari fan belt maka ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk mengganti coba dulu beri belt dressing dan jika masih bunyi periksa kembali kekencangannya bisa jadi kendor atau malah terlalu kencang.

Untuk mengencangkan fan belt caranya kendorkan dulu baut dengan kunci ring 12 lalu tahan dengan besi dibagian yang diberi tanda panah agar terdorong ke depan.

Lihat Juga: AC Mobil Bau

Setelah terdorong kemudian tahan lalu kencangkan sedikit-sedikit dan coba lagi hidupkan mesin, dan hasilnya ternyata cukup efektif suara cit cit tersebut hilang.

Jika hal diatas sudah dicoba tapi masalahnya belum hilang maka jalan terakhir ya coba ganti dulu fan belt dengan yang baru dan pastikan setelan kekencangannya pas agar suara berdecit itu tidak muncul lagi.

Itulah beberapa sebab dan solusi yang bisa anda pilih untuk mengatasi bunyi berdecit saat AC mobil dinyalakan. Semoga informasi ini menjadikan anda lebih tenang dan nyaman saat mengemudi. Terimakasih sudah membaca, dan senang rasanya bisa membantu.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *