Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Penyebab Utama Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas Pada Mobil

Masalah bunyi tek tek saat mesin panas merupakan hal yang cukup sering terjadi, terutama pada kendaraan, terutama  mobil. Hal ini jelas cukup mengganggu karena bisa mempengaruhi kenyamanan perjalanan Kamu. Parahnya, jika terus dibiarkan kendala ini dapat mempengaruhi performa mesin mobil.

Penyebab Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas

Pada umumnya, bunyi tek tek ini seringkali terjadi pada mobil yang usianya sudah cukup lama. Namun, tidak jarang juga meski mobil terbilang cukup baru tetapi masih bisa mengalami kendala serupa karena minimnya perawatan. Lalu apa saja penyebab bunyi tek tek pada mobil? Simak ulasan berikut ini.

Tensioner rusak

Kerusakan yang terjadi pada tensioner bisa menjadi penyebab mesin berisik saat kondisi panas. Mesin memerlukan ketegangan rantai yang sesuai dengan kebutuhan, dan ini adalah fungsi utama dari tensioner.  Jika komponen tersebut rusak, maka suara berisik pun timbul dan cukup mengganggu pengendara. Lebih parahnya, bila itu terjadi dapat berimbas pada gear noken yang terus mengalami pergeseran posisi hingga akhirnya payung klep dan piston bertabrakan.

Jika tensioner benar-benar rusak, maka cara untuk mengatasinya adalah mengganti tensioner tersebut dengan yang baru. Sedikit tips, sebaiknya jangan menset terlalu tegang karena bisa berpotensi putusnya timing chain.

Masalah pada seher dan ring

Selain kerusakan pada tensioner, penyebab munculnya bunyi tek tek lainnya adalah adanya masalah pada seher dan ring. Untuk menahan kompresi pada mesin, stang seher dan ring memiliki peran besar dalam hal tersebut. Oleh sebab itu, bunyi berisik pada mobil bisa saja terjadi karena kompresi yang tidak teratur akibat dari permasalahan kedua komponen.

Kendornya timing chain

Timing chain atau Kamu lebih mengenalnya dengan sebutan rantai, umumnya berada di bagian kiri mobil. Komponen satu ini memiliki fungsi sebagai penghubung antara poros nok dan poros engkol. Jika rantai dipasang terlalu kendor, maka bunyi berisik pun biasanya muncul terutama saat mesin sudah panas.

Sebenarnya Kamu sendiri bisa memperbaiki masalah ini, namun agar hasil lebih akurat dan maksimal sebaiknya dikerjakan oleh orang yang lebih ahli. Jika memang rantai sudah tidak layak, ganti timing chain dengan yang baru dengan kualitas standar atau lebih baik.

Kekurangan oli

Oli pun menjadi salah satu penyebab timbulnya suara berisik pada mobil. Minimnya perhatian pemilik mobil terhadap oli menjadi alasan utama. Kurangnya oli pada mesin atau bahkan sudah jenuh karena tidak diganti dalam jangka waktu lama menyebabkan bunyi tek tek keluar dari mesin mobil. Selain itu, gesekan yang terjadi pada oli yang telah jenuh akan membuat mesin mudah panas. Solusi terbaiknya adalah mengganti oli sesegera mungkin.

Itulah beberapa penyebab bunyi tek tek saat mesin panas yang harus Kamu ketahui. Rawatlah mesin mobil sebaik mungkin karena bisa saja berimbas pada kerusakan komponen lainnya. Semoga tulisan ini berguna untuk menambah wawasan Kamu seputar dunia otomotif.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *