Posted by Aditya Dokter Mobil Perawatan Mobil

Begini Cara Bersihkan Mesin Mobil Anda di Rumah Sendiri

cara bersihkan mesin mobil

Salah satu cara bersihkan mesin mobil adalah ke bengkel dan duduk santai. Namun jika situasi saat pandemi pasti anda nggak bisa kan. Oleh sebab itu, saya hadir disini sebagai solusi. Tentunya cara bersihkan mesin mobil di rumah memang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Namun, jangan khawatir sebab ada beberapa solusi yang akan saya berikan beserta tips dan trik membersihkan noda membandel yang bersarang di mobil anda. Makanya simak liputan berikut ini.

Cara Bersihkan Mesin Mobil Anda Sendiri

cara bersihkan mesin mobil

  1. Panaskan Mesin

Tips cara bersihkan mesin mobil yang pertama adalah dengan melakukan pemanasan mesin mobil. Mesin mobil yang sudah lama tidak digunakan akan membuat noda dan kerak membandel sulit untuk hilang. Oleh karena itu, saya sarankan anda untuk memanaskan mesin lebih kurang selama 15 menit. Setelah 15 menit diamkan sekitar 5-7 menit agar mesin tidak terlalu panas.

Namun jika mesin mobil sobat otomotif masih panas, jangan langsung disiram air ya. Sebaiknya didinginkan dulu, untuk lebih mempercepat proses pendinginan anda bisa membuka kap mesin. Tapi jangan sampai anda mendinginkan mesin di luar garasi ya. Pastikan posisi mobil berada di dalam karena mencuci mesin diluar garasi tanpa peneduh akan mengakibatkan rusaknya komponen karena sinar matahari langsung.

  1. Kenakan Sarung Tangan

Kotoran yang sering ada pada mesin mobil tentunya berbeda dengan kotoran seperti debu atau kerikil yang sering anda temukan di bagian eksterior atau interior kabin. Karena kotoran pada mesin seringkali tercampur dengan bahan kimia, ada baiknya lho anda menggunakan sarung tangan. Inilah tips kedua cara bersihkan mesin mobil. Jika memungkinkan gunakan sarung tangan berbahan dasar karet atau lateks. Tentunya ini menjadi nilai lebih, jika nantinya anda akan berurusan dengan bagian kelistrikan, terutama saat persiapan mencuci nantinya.

Penggunaan sarung tangan juga perlu anda perhatikan lho. Anda tentunya tidak bisa menggunakan sarung tangan yang tidak memiliki daya sensitivitas. Hal ini dikarenakan untuk bisa merasakan beberapa kotoran pada mesin, daya sensitivitas pada sarung tangan lateks atau karet dirasa cukup penting. Sehingga anda tidak perlu melepas pasang sarung tangan yang anda kenakan. Nah, oleh karenanya biasakan setiap akan mencuci mesin mobil sediakan sarung tangan lateks atau karet yang khusus digunakan untuk detailing. Dengan begitu, sensitivitas tidak akan menurun dan tangan anda tetap bersih dari bahan kimia.

  1. Bungkus Bagian Kelistrikan

Cara bersihkan mesin mobil yang ketiga, sebelum sobat melakukan pencucian atau penyiraman dengan air, ada baiknya sobat perlu mengetahui komponen kelistrikan apa saja yang ada pada mobil sobat. Terutama jika mobil sobat sudah memiliki teknologi ECU. Tentunya akan lebih ribet ketimbang dengan mobil manual biasa. Pastikan sobat otomotif membaca buku manual baik-baik untuk mengetahui posisi kelistrikan.

Jika memungkinkan untuk sobat melepas beberapa bagian kelistrikan, saya rasa akan lebih bagus dibandingkan hanya melapisi bagian listrik dengan plastik tebal. Namun, jika dirasa ada beberapa bagian listrik yang memang rumit dan sulit untuk dilepas, ada baiknya sobat melapisi bagian listrik itu dengan plastik tebal 2 lapis. Hal ini fungsinya untuk menjaga, kalau saja satu lapisan bocor maka air tidak akan langsung rembes ke bagian listrik. Jangan lupa untuk mengunci plastik dengan cable ties atau penjepit buku. Pastikan rapat sebelum menyiram air ya sobat otomotif.

  1. Siram Air Tekanan Rendah

Cara bersihkan mesin mobil yang selanjutnya setelah memastikan bagian kelistrikan tertutup sempurna adalah dengan menyiram mesin mobil secara merata dengan air bertekanan rendah. Jika sobat memiliki alat seperti jet steamer gunakan tekanan rendah dan permukaan menyebar. Selain itu, mulailah menyiram dari bagian atas kap mesin lalu ke bagian bawah, jangan lupa bagian sela-sela juga disiram. Fungsi menyiram air ini adalah melarutkan kotoran seperti debu, bekas aspal yang tidak sengaja tertempel di bagian bawah mesin untuk lepas.

  1. Gunakan Busa Lembut

Gunakan busa lembut dan sikat atau kuas dengan berbagai macam ujung, seperti kuas ujung panjang dan kuas lebar. Tentunya cara bersihkan mesin mobil dengan tiga alat ini tidak bisa anda remehkan begitu saja. Misalnya penggunaan busa bisa anda pakai saat membersihkan bagian yang permukaannya lebar, sedangkan sikat dan kuas bisa anda gunakan saat posisi pembersihan tidak bisa di cover menggunakan busa. Tentunya dengan ketiga alat ini saja, pembersihan bisa dilakukan dengan mendetail dan menyeluruh.

  1. Degreaser dan fungsinya

Selain menggunakan sabun, anda juga bisa menggunakan degreaser. Degreaser sendiri fungsinya untuk merontokkan kotoran atau noda bandel yang sulit dibersihkan dengan sabun biasa. Cara bersihkan mesin mobil dengan degreaser pun cukup mudah menurut saya, yaitu dengan menyemprotkan degreaser pada bulu sikat atau langsung ke bagian mesin, setelah itu ratakan dengan kuas. Lalu tunggu 10 menit dan semprotkan dengan air tekanan rendah tadi. Lalu keringkan mesin mobil menggunakan lap kanebo dan microfiber. Jika anda memiliki kompresor atau blower, juga bisa anda manfaatkan.

  1. Hati – Hati Bekas Sabun

Setelah anda mencuci mesin mobil dengan air mengalir atau air tekanan rendah. Coba cek secara menyeluruh apakah ada bekas sabun yang masih menempel. Seperti yang anda perlu tahu, bekas sabun yang menempel pada mesin mobil memang tidak akan secara langsung memberikan dampak signifikan. Namun, dalam jangka panjang efek bekas sabun ini akan memberikan efek seperti water spot  dan tentu akan mengikis beberapa bagian mesin mobil. Oleh karena itu, anda perlu melakukan inspeksi menyeluruh mengenai bekas sabun ini.

Baca Juga : Kenali 5 Tanda Penyakit Innova Bensin dan Penanganannya

Nah, bagaimana dengan tips cara bersihkan mesin mobil sendiri? Apakah anda jadi tertarik mencoba tips diatas?. Kalau seandainya anda malah mager untuk mengerjakan sendiri. Ke Dokter Mobil saja. Karena hanya di Dokter Mobil semua pengerjaannya ditangani oleh teknisi profesional dan lebih hebatnya bergaransi lho. Jadi kapan anda berkunjung ke rumah saya, Dokter Mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *