Posted by Intan Mobil Tips merawat ac mobil

Panduan Lengkap Cara Cek Kompresor AC Mobil dengan Mudah

Ternyata cara cek kompresor AC mobil mudah dan bisa dilakukan sendiri. Dengan begitu kamu bisa tahu kondisinya masih baik atau tidak. Sesuai dengan namanya, kompresor ini memiliki peran yang sangat penting untuk kinerja AC mobil kamu.

Tanpa adanya kompresor atau kompresor yang tidak bisa bekerja secara maksimal, tentu saja berbagai masalah akan terjadi. Contohnya AC mobil kamu tidak akan bisa mendinginkan ruangan mobil.

Bagaimana Cara Cek Kompresor AC Mobil yang Baik dan Benar?

Kalau kamu tinggal di daerah yang cukup panas seperti Jakarta, keberadaan AC mobil seolah bagian yang sangat penting di dalam mobil. Bayangkan kalau kamu melakukan perjalanan dari Jakarta Utara ke Selatan saat siang hari. Matahari yang sangat terik akan membuat kamu tak tahan di jalan kalau AC tidak bisa berfungsi dengan baik, kan?

Untuk itu, kamu perlu mengecek kondisi kompresor AC mobil kamu secara berkala. Kalau kondisinya tidak bagus, segera bawa ke bengkel supaya mendapat perbaikan.

Nah, untuk cara cek kompresor AC mobil yang cukup mudah, yuk sama-sama pelajari caranya melalui artikel lengkap di bawah ini!

  • Dengarkan suaranya

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kondisi kompresor AC mobil adalah dengan mendengar suaranya. Normalnya, suara AC akan terdengar mulus dan kecil. Meskipun tetap mengeluarkan suara, dalam kondisi yang normal saja, kompresor AC akan mengeluarkan suara yang halus dan tidak mengganggu pendengaran.

Tapi kalau kamu mendara kompresor mengeluarkan suara seperti orang yang sedang mendengkur, artinya ada masalah pada kompresor AC mobil kamu. Ketika kompresor bersuara kasar dan seperti orang mendengkur, biasanya kerusakan berupa piston yang mengalami kebocoran atau aus.

  • Periksa hembusan angin untuk cek kompresor AC mobil

Saat kamu menyalakan AC mobil, pernahkah angin yang bertiup terasa tidak dingin saat mesin berada di RPM rendah? Tapi, pada saat kamu menginjak pedal gas, barulah hembusan angin terasa dingin. Jika hal ini terjadi pada mobil kamu, itu menandakan adanya masalah pada kompresor AC mobil kamu, lho.

Masalah yang terjadi bisa saja karena kompresor AC mengalami keausan tepat pada dinding piston, atau juga karena adanya klep yang putus. Kalau hal ini terjadi, langsung bawa ke bengkel supaya kompresor AC segera diperbaiki.

  • Buka kap mesinnya

Selain dengan mendengarkan suara dan hembusan angin, kamu juga bisa mengecek kompresor AC mobil dengan cara yang lain. Yaitu, kamu bisa dengan langsung mengecek mesin mobilnya. Caranya, langsung saja kamu buka kap mesin. Kemudian, cek bagian centerpiece head pada kompresor AC mobil kamu.

Kamu perlu melakukan pengecekan pada indikatornya. Apakah menyala? Jika tidak, berarti ada kerusakan pada mesin tersebut. Kerusakan itu bisa jadi karena freon AC kamu sudah habis, atau mungkin saja terjadi kebocoran.

  • Lihat kondisi fisiknya

Untuk memastikan kompresor AC kamu bocor atau tidak, kamu juga bisa mengeceknya dengan memperhatikan bodi dari kompresornya. Jika bodi kompresor dilumuri oleh oli yang melebur, besar kemungkinan oli berasal dari kebocoran yang terjadi. Jika kompresor sudah berlumur oli, berbagai debu dan kotoran juga akan turut menempel pada bodi kompresor.

  • Cek seluruh komponennya

Setelah kamu memeriksa kondisi fisik dari kompresor AC mobil, jangan lupa cek juga komponen yang mengikat kompresor dengan mesin, yaitu baut. Cek apakah sudah terpasang dengan baik. Kalau baut tersebut kendor, bisa juga mengakibatkan kompresor tidak kamu bekerja dengan maksimal. Kadang bisa juga terjadi aus di bagian bearing idle pulley. Pastikan kamu mengecek semua komponen kompresornya, ya.

Baca Juga : Penyebab RPM Turun Saat AC On

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana cara cek kompresor AC mobil. Cukup mudah, kan? Mulai dari hanya mendengarkan suara, merasakan dinginnya angin yang keluar, serta langsung mengecek mesin dan komponen kompresor itu sendiri.

Kalau kamu sudah menemukan permasalahannya, langsung bawa mobil kamu ke bengkel, ya. Sampaikan permasalahan yang sudah kamu temukan. Dengan begitu, para mekanik bisa lebih mudah mengidentifikasi kerusakan yang ada pada mobil kamu dan segera memberikan perbaikan yang bagus.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *