Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC

Kenali Cara Kerja Kompresor AC Mobil dan Jenisnya

cara kerja kompresor ac mobil

Kompresor AC mobil adalah salah satu komponen terpenting pada sistem pendingin kabin mobil. Tahukah Anda bagaimana cara kerja kompresor AC mobil? Bisa dikatakan bahwa kompresor merupakan “otak” dari keluarnya uap dingin yang dialirkan ke kabin mobil. Sebab, tanpa adanya kompresor yang mumpuni. Kabin mobil akan terasa panas.

Kompresor yang mengalami kerusakan ini tentu tidak dapat menyerap gas freon secara maksimal dan tidak mampu memberikan tekanan sempurna pada freon. Akibatnya, cairan yang diserap oleh kondensor dan dialirkan ke expansion valve ini sangat sedikit. Sehingga, hasil uap yang dialirkan ke evaporator menjadi sangat sedikit. Alhasil, uap dingin pun terasa kurang dingin.

Apa Itu Kompresor AC Mobil

Mungkin beberapa orang masih belum tahu tentang kompresor AC mobil. Nah, kompresor AC mobil ini adalah salah satu komponen AC mobil yang berfungsi sebagai penghisap gas freon untuk di distribusikan ke kondensor.

Jenis-Jenis Kompresor Untuk AC Mobil

Untuk mobil-mobil di Indonesia ini terdapat dua jenis kompresor AC mobil, yakni :

  1. Kompresor rotary atau rotasi

Kompresor rotasi ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kompresor piston. Kompresor rotari ini berputar dengan cepat untuk mengkompresi gas freon yang berasal dari ruang chamber. Untuk kompresor rotasi ini sanggup menghasilkan suhu dingin maksimal sekitar 16 derajat celcius.

  1. Kompresor piston

Kompresor piston ini bekerja layaknya mesin mobil. Volume piston akan membesar saat rotor piston berada dibawah. Kemudian, refrigerant yang terhisap ini masuk ke area poros engkol yang tengah berputar. Lalu, menggerakkan piston ke atas.

 Tekanan piston dari atas inilah yang menyebabkan katup pembawa cairan freon terbuka. Kemudian, cairan freon dari refrigerant ini di dorong untuk mengalir ke kondensor.  Untuk kompresor piston ini sanggup menghasilkan suhu dingin maksimal sekitar 16 derajat celcius.

Jadi, itulah beberapa jenis-jenis kompresor AC mobil. Rata-rata, kedua jenis kompresor tersebut digunakan oleh mobil-mobil yang beredar di Indonesia.

Ini Dia Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Sebagai komponen terpenting untuk menghasilkan uang dingin AC mobil. Maka, kompresor mobil ini harus dalam kondisi normal. Bilamana kondisi kompresor AC mobil mengalami kerusakan. Bisa jadi, AC mobil tidak mampu mengeluarkan uap dingin.

Bahkan, AC mobil hanya mengeluarkan udara panas saja. Maka dari itu, ini dia cara kerja kompresor AC mobil yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kompresor AC Mulai Menyedot Freon AC Mobil

Apabila Anda menekan tombol “on” untuk menghidupkan AC mobil. Maka, kompresor AC mobil mulai bekerja. Pergerakan kompresor AC mobil ini pun mengikuti pergerakan mesin. Semakin pelan mobil Anda melaju, maka semakin berat pula pekerjaan kompresor AC mobil Anda. Sehingga, udara yang dikeluarkan tidak stabil.

  1. Menyerap Sisa Uap Dingin Dari Evaporator

Kompresor ini memiliki 2 selang, yakni selang penghisap dan pembuangan. Selang penghisap ini berfungsi untuk menghisap sisa-sisa uap dingin yang tidak digunakan pada evaporator. Kemudian, pipa pembuangan ini berfungsi untuk mengalirkan cairan freon yang telah dipanaskan ke kondensor.

  1. Memberikan Tekanan Pada Gas Freon yang Telah Dihisap

Cara kerja kompresor AC mobil selanjutnya adalah memberikan tekanan pada gas freon yang telah dihisap. Kompresor AC mobil akan menghisap freon sesuai dengan yang dibutuhkan. Kemudian, kompresor akan mengkompresi gas freon dengan tekanan maksimal sekitar 100 derajat celcius. Setelah freon berubah wujud menjadi cairan. Maka, cairan tersebut disalurkan ke kondensor.

Baca Juga : Cara Mensterilkan Ruangan Mobil Dari Virus

Kompresor AC mobil ini dapat dikatakan sebagai “otak” dari AC mobil. Sebab, dari kompresor lah uap dingin dapat disalurkan ke kabin mobil. Cara kerja kompresor AC mobil ini tergantung pada kondisi dari kompresor AC mobil Anda.

Apabila ada masalah di bagian kompresor. Maka, suhu kabin mobil Anda pun menjadi terganggu. Untuk itu, pastikan selalu memeriksa kondisi kompresor AC mobil sebelum Anda mengendarai mobil.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *