Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC, tips

3 Cara Membersihkan AC Mobil Xenia Sendiri Dengan Mudah

cara membersihkan ac mobil xenia

Informasi tentang cara membersihkan AC mobil Xenia dengan praktis memang perlu anda ketahui, karena bagian komponen penting dalam kendaraan. Apabila tidak dibersihkan secara rutin, bisa membuat aroma di dalam kabin jadi berbau tidak sedap serta kotor. Selain itu, pastinya kondisi udara di dalam mobil juga tidak optimal untuk melakukan pendinginan sehingga tidak sejuk walaupun AC sudah dinyalakan.

Fungsi AC sendiri untuk sirkulasi udara di dalam kabin agar terjadi pertukaran yang sehat. Terdapat dua jenis sirkulasi udara ini, yaitu sirkulasi udara dari luar ke dalam mobil dan sirkulasi tertutup yang ada di dalam mobil. Banyak pengendara yang akhirnya menggunakan model kedua karena saat berada di jalanan macet misalnya, untuk kondisi udara luar tidak sehat, sehingga akan lebih baik memakai sirkulasi internal.

Saat memakai sirkulasi baik sirkulasi luar maupun internal, tentu pengetahuan cara membersihkan AC mobil menjadi mutlak diperlukan. Kotoran, debu, dan juga asap rokok dapat masuk dan mengotori sistem pendinginan mobil Xenia. Oleh karena itu Mama jagalah selalu kebersihan di dalam kabin dari debu, kotoran, dan kalau bisa hindari merokok di dalam mobil.

Panduan Cara Membersihkan AC Mobil Xenia

Saat kondisi AC mobil anda sudah terlanjur kotor, tentunya harus paham bagaimana cara membersihkan AC mobil Xenia ini. Caranya, bisa sendiri dari rumah. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam memberikan akses kendaraan anda:

  • Membersihkan Kisi-kisi Sirkulasi Udara

Cara membersihkan AC mobil Xenia yang dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan kisi-kisi sirkulasi udara yang ada di dalam kabin. Bersihkanlah baik itu isi di depan maupun di belakang. Bersihkan dengan menggunakan kain basah atau serta dengan desinfektan. Karena terbuka kisi-kisi, sebaiknya gunakan alat yang bisa menjangkau sekat-sekatnya. Hal ini cukup mudah dilakukan oleh siapa saja.

  • Membersihkan filter AC

Cara berikutnya, yaitu pada bagian filter AC. Fungsi alat ini sendiri untuk menyaring udara sebelum dihembuskan. Pada umumnya, lokasinya berada di sebelah kiri, pada bagian belakang laci dashboard. Anda bisa mengambil filter tersebut dan membersihkannya dengan kompresor udara. apabila filter udara kotor, biasanya cenderung akan menimbulkan bau tidak sedap.

  • Membersihkan kondensor AC

Langkah selanjutnya cara membersihkan AC mobil, dengan membersihkan kondensor AC mobil. Bagian ini letaknya di depan mesin. Letaknya juga cukup berdekatan dengan radiator dan memiliki bentuk yang hampir sama. Karena letaknya yang berada di bagian depan mesin, tentu akan sering terkena debu kotoran, maupun cipratan air kotor. Bersihkanlah kondensor AC ini dengan air mengalir dari selang yang bertekanan cukup bagus.

Keuntungan Membersihkan AC Mobil Secara Berkala

Setelah mengetahui cara membersihkan AC mobil Xenia, selanjutnya bisa anda praktekkan sendiri. Ada keuntungannya saat Anda membersihkan AC mobil secara berkala sendiri. Dari segi nilai ekonomis tentu akan lebih mudah karena anda hanya melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik bengkel atau spesialis pembersihan AC mobil. Berikutnya, tentunya udara akan menjadi sejuk kembali dan umur AC kendaraan jadi lebih awet karena terawat.

Baca Juga : Langsam Mobil Injeksi Tidak Stabil

Kesimpulannya, cara membersihkan AC mobil Xenia memang harus diketahui oleh pemiliknya. kondisi sistem pendinginan udara yang bagus akan membuat siapapun jadi nyaman untuk berada di dalam mobil saat berkendara. Jangan sepelekan debu kotoran, maupun asap rokok dalam kendaraan. Kerusakan pada AC karena tidak dibersihkan bisa merembet dan membesar ke komponen lain mobil Xenia.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *