Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Uncategorized

4 Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil Secara Mandiri

cara membersihkan kondensor ac mobil

Kondensor AC mobil ini menjadi salah satu komponen AC yang mudah kotor. Sehingga, Anda harus tahu cara membersihkan kondensor AC mobil. Apabila Anda tidak merawat dan membersihkan kondensor AC mobil secara berkala. Maka, akan ada beberapa resiko yang disebabkan oleh kotornya kondensor AC mobil. Salah satunya adalah AC mobil tidak dingin hingga AC mobil mengeluarkan suara bising.

Resiko-resiko tersebut memang disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada bagian kondensor. Sebab, fungsi kondensor AC mobil ini sangat vital. Apabila kotoran tersebut menyebabkan kerusakan. Maka, Anda wajib mengganti kondensor AC mobil yang telah rusak dengan kondensor AC mobil baru.

Fungsi Kondensor AC Mobil

Kondensor AC mobil atau “heat exchanger” ini berfungsi sebagai komponen pengubah zat gas yang diperoleh dari freon AC mobil ke zat cair bertekanan tinggi. Kemudian, zat cair tersebut dialirkan ke receiver dryer serta ke expansi valve yang terdapat pada AC mobil. Jadi, kondensor ini mengubah suhu panas menjadi dingin.

Kondensor AC mobil ini mudah kotor. Sebab, kotoran-kotoran tersebut dihasilkan oleh debu yang terbawa pada freon AC mobil. Untuk menjaga kualitas udara dan suhu dingin yang dihasilkan. Maka, Anda wajib membersihkan kondensor AC mobil ini, setidaknya 1 kali dalam 2 minggu. Selain itu, pembersihan kondensor AC mobil ini juga bertujuan untuk merawat dan mencegah kondensor AC mobol mengalami aura tau berkarat.

Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil Dirumah

Perlu Anda ketahui, cara membersihkan kondensor AC mobil ini dapat Anda lakukan secara mandiri dirumah tanpa perlu membawa ke bengkel terdekat. Sebab, membersihkan kondensor AC mobil ini hampir mirip dengan cara membersihkan intercooler AC mobil. Untuk itu, ini dia beberapa tahapan dalam membersihkan kondensor AC mobil secara mandiri. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Persiapkan Peralatan Bongkar AC Mobil

Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang digunakan untuk membongkar AC mobil. Seperti, kunci inggris, kunci pas, ataupun kunci socket. Selain itu, persiapkan kain lap bersih untuk mengangkat kondensor AC mobil.

  1. Bongkar AC Mobil dan Cari Kondensor AC Mobil

Setelah semua peralatan telah dipersiapkan. Maka, bongkar AC mobil dan kemudian cari bagian kondensor AC mobil. Kemudian, lepaskan kondensor AC mobil untuk dibersihkan. Pastikan pengangkatan kondensor AC mobil ini dilakukan dengan hati-hati.

Apabila kondensor AC mobil terjatuh atau tertusuk benda secara tidak sengaja. Maka, Anda harus mengganti kondensor AC mobil rusak dengan kondensor AC mobil yang baru.

  1. Semprot Kondensor AC Mobil Dengan Air

Apabila Anda berhasil mengangkat kondensor AC mobil. Maka, langkah selanjutnya adalah gunakan semprotan yang berisi air untuk menyemprot beberapa bagian dari kondensor AC mobil. Pastikan Anda menggunakan air bersih yang berasal dari air keran atau air mineral.

Lalu, jangan merendam kondensor AC mobil ke dalam rendaman air sabun. Sebab, hal tersebut dapat merusak fungsi dari kondensor AC mobil Anda. Setelah proses penyemprotan telah selesai.

Maka, keringkan terlebih dahulu kondensor AC mobil. Perhatikan terlebih dahulu. Apabila kondensor masih kotor, maka Anda dapat menggunakan kuas untuk membersihkan bagian kondensor yang masih kotor.

  1. Memasang Kembali Kondensor AC Mobil

Jika kondensor AC mobil tampak bersih dari kotoran ataupun debu. Maka, cara membersihkan kondensor AC mobil yang terakhir adalah memasang kembali ke AC mobil. Cara memasang kondensor AC mobil ini sama saja dengan cara melepaskannya. Anda dapat menggunakan kunci pas atau kunci socket untuk mengencangkan baut kondensor AC mobil.

Baca Juga : Air Radiator Avanza

Kondensor AC mobil merupakan salah satu komponen penting untuk sistem pendingin AC mobil. Sebab, kondensor ini berfungsi sebagai pengubah zat gas freon menjadi zat cair. Selain itu, kondensor AC mobil ini juga berfungsi sebagai pengubah suhu panas menjadi dingin.

Maka tak heran bila banyak kotoran dan debu yang menempel pada bagian tersebut. Untuk itu, lakukan pembersihan minimal 1 kali dalam 2 minggu. Tujuannya adalah mencegah kondensor aus dan berkarat. Nah, Anda harus tau bagaimana cara membersihkan kondensor AC mobil terlebih dahulu. Agar Anda dapat membersihkan kondensor AC mobil secara mandiri dirumah.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *