Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Tidak Dingin

Panduan Cara Mengatasi Kompresor AC Lemah Pada Mobil

cara mengatasi kompresor ac lemah

Cara mengatasi kompresor AC lemah penting untuk menjaga sistem pendinginan mobil agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sebagai pusat kendali dari AC kendaraan, kompresor memang memiliki peranan yang sangat penting. Seiring waktu, anda mungkin akan mendapati permasalahan pada kompresor AC ini. salah satu tanda yang mudah dikenali adalah suku pada kabin yang mulai menjadi panas atau tidak dingin.

Apabila memang kompresor sudah rusak, sebaiknya Anda menggantinya. Hal ini dilakukan agar kerusakan yang dialami tidak meluas dan merembet pada komponen lainnya. Akan tetapi, tentunya sebelum memutuskan untuk diganti, Anda juga harus mengecek apakah masih bisa diperbaiki. Jika kerusakannya masih minor, tentu memperbaikinya lebih ekonomis.

Panduan Cara Mengatasi Kompresor AC Lemah

Cara mengatasi kompresor AC lemah, juga bisa anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan mekanik bengkel. Jangan menjadikan kerusakan kecil makin meluas, dengan membiarkan terjadinya kerusakan ini. Adapun beberapa langkah memperbaikinya adalah sebagai berikut ;

  • Memperhatikan Suara Kompresor

Panduan cara mengatasi kompresor AC lemah ini bisa anda kenali terlebih dahulu dengan mama perhatikan suara yang keluar dari mesin kompresor. Cirinya adalah terdengar suara kasar seperti mengorok. Jika sudah terjadi demikian, maka mulailah untuk memeriksa kondisi kompresor ke bengkel, apalagi disertai dengan menurunnya kualitas pendinginan di dalam kabin.

  • Memperhatikan Aliran Angin 

Sebelum memperbaikinya, tentu Anda juga harus merasakan kualitas dari tiupan angin AC kendaraan. Perhatikan bedanya saat mobil dalam keadaan mati, dibandingkan saat kondisi mesin hidup.  Kalau saat dalam kondisi idle kurang sejuk, sedangkan saat mobil dinyalakan saya jadi lebih dingin, berarti memang terjadi masalah pada sistem kompresinya.

  • Memperhatikan Apakah Ada Kebocoran

Dalam mengatasi kompresor AC lemah, penting juga untuk memastikan apakah terjadi  kebocoran oli kompresor. Apabila terjadi rembesan kebocoran pada badan kompresor, maka dapat dipastikan adanya tetesan oli yang bocor. Untuk mendalami freon tersebut bocor atau tidak, bisa dengan cara mengolesi air sabun di sekitar area yang kira-kira terdapat kebocoran. Kalau memang bocor maka akan tercipta gelembung-gelembung dan kalau dibiarkan, maka lama-kelamaan freon akan berkurang.

  • Membongkar AC Untuk Diperiksa Lebih Lanjut

Cara mengatasi kompresor AC lemah, tentu diperlukan pembongkaran AC agar diperiksa lebih lanjut. Periksalah kondisi magnetic clucth saat selesai dibongkar. Apabila mengalami kerusakan pada komponen ini, akan mengakibatkan kompresor putarannya menjadi tidak stabil. Periksalah dengan menempelkan kabel 12 volt. Saat center piece tidak merespon, maka harus diganti dengan yang baru.

  • Melakukan Pembersihan Komponen Kompresor

Hal berikutnya dalam mengatasi kompresor AC lemah adalah dengan melakukan pembersihan komponen kompresor. Ini bisa disebabkan karena bearing bambu yang berkarat. Jika terjadi hal demikian bisa bersihkan. Caranya, dengan menyemprotkan cairan anti karat kemudian dihaluskan dengan amplas ukuran 100. Setelah semuanya dibersihkan dengan baik, barulah oli baru dimasukkan.

  • Melakukan Penggantian Kompresor AC Mobil

Untuk memperbaiki secara keseluruhan, tentunya perlu dilakukan penggantian kompresor AC mobil ini. Tentunya hal tersebut harus dilakukan oleh bengkel yang memiliki pengalaman dalam perbaikan sistem pendinginan AC mobil. Pastikan juga mekanik sudah berpengalaman agar kondisi pendinginan AC dapat diperbaiki seperti sediakala.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Lari ke Kiri

Kesimpulannya, cara mengatasi kompresor AC lemah dapat anda lakukan sebelumnya dengan mengenali sejumlah ciri kerusakannya. Membiarkan AC tidak dalam kondisi baik, akan mengganggu kenyamanan berkendara. Apalagi, jika mobilitas kendaraan memang sangat tinggi dan sering digunakan pada siang hari. tentunya, kondisi permainan yang optimal akan membuat nyaman siapapun yang berada di dalamnya.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *