fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Cara Mengatasi Mobil Grand Livina Mogok dan Pencegahannya

Kasus mobil Livina mogok banyak dialami pemilik mobil. Ada berbagai penyebab terjadinya masalah ini. Ini solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat.

Pada dasarnya ada banyak sekali hal yang menjadi penyebab munculnya masalah ini. Dan setiap penyebab masalah tentunya membutuhkan solusi dan penanganan yang berbeda. Apa saja penyebab mogoknya Livina kesayangan anda?

5 Penyebab Mobil Livina Mogok Secara Tiba-Tiba

Mogoknya mobil tentunya disebabkan oleh banyak sekali faktor. Oleh sebab itu, anda perlu memanggil teknisi untuk melakukan pengecheckan penyebab munculnya masalah ini. Namun pada umumnya, beberapa faktor penyebab munculnya masalah ini adalah:

  1. Masalah di Saluran Bahan Bakar

    Mungkin saja bahan bakar mobil anda sudah habis. Namun jika bahan bakar sebelumnya sudah terisi, mungkin saja terjadi penyumbatan pada saluran pembakaran. Hal ini menyebabkan bahan bakar tidak bisa terbakar dengan sempurna. Untuk itu, perlu dilakukan pengecheckan menyeluruh di bengkel yang memang berkompetensi menangani mobil Livina.

  2. Masalah di Kelistrikan Mobil

    Kelistrikan mobil sangat mempengaruhi berputar atau tidaknya mesin mobil. Nah, kemungkinan ada kabel kelistrikan mobil yang putus sehingga tidak ada aliran listrik normal. Namun bisa juga karena aki mobil sudah lemah. Hal ini menyebabkan kelistrikan mobil tidak kuat untuk menyalakan mobil,

  3. Masalah di Pangapian Mobil

    Pengapian mobil sangat bergantung pada busi dan coil. Bisa jadi, mobil Livina mogok karena businya sudah tua, atau koilnya sudah rusak. Oleh sebab itu, diperlukan pengecheckan secara mendalam mengenai kondisi kedua part ini. Jika ditemukan kerusakan, solusinya adalah perbaikan.

  4. Kegagalan Sistem ECU

    Masalah ini muncul setelah anda mencoba mengutak-atik sistem ECU pada Livina. Dan biasanya terjadi jika menggunakan jasa tuning abal-abal. Untuk masalah ini bisa dilihat dengan adanya notifikasi fail di sistem elektronik mobil.

  5. Overheat pada Mobil

    Overheat bisa terjadi pada mobil. Apalagi jika mobil sering menggunakan air biasa sebagai pengisi air radiator. Oleh sebab itu, masalah ini pada umumnya sangat mudah untuk diatasi ataupun dicegah, yaitu dengan menggunakan air coolant berkualitas.

Selain hal-hal di atas, sebenarnya masih banyak penyebab mobil bisa mengalami mogok. Lantas apa yang perlu dilakukan untuk mencegah mobil mogok?

Mencegah Terjadinya Masalah Mogok pada Mobil Livina

Mogok pada mobil sebenarnya bisa dicegah. Adapun cara pencegahannya adalah dengan cara melakukan perawatan berkala. Ada beberapa perawatan berkala yang wajib diberikan pada mobil Livina. Di antaranya adalah:

Tune UP Berkala
Dengan melakukan tune UP, masalah di saluran pembakaran dapat dicegah. Selain itu, kondisi mesin pun bisa lebih awet dan tahan lama.

Ganti Oli Setiap 10.000 KM
Ganti oli adalah cara mudah menjaga mesin tetap berfungsi secara normal. Dengan rutin melakukan ganti oli, mencegah kerusakan dini pada mesin.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab serta cara mengatasi masalah mobil Livina mogok yang sering ditemukan. Semoga masalah ini tidak anda jumpai. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.

Tags: , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *