Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Tak Usah Panik, Lakukan 5 Cara Mengatasi Overheat Mobil

cara mengatasi overheat mobil

Saat suhu mesin mobil terlalu panas atau overheat hingga mengeluarkan asap, maka Anda tak perlu panik. Ada 5 cara mengatasi overheat mobil. 5 cara tersebut dapat Anda terapkan guna meredam suhu panas mobil Anda ketika tengah berkendara di jalan.

Namun, juga harus bersiapa dan mengambil tindakan cepat apabila mesin mobil mengalami overheat. Apabila tidak segera ditangani lebih lanjut, maka mobil Anda dapat mengalami kebakaran. Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara jitu untuk mengatasi masalah mobil termasuk overheat ini.

Cara Mengatasi Overheat Mobil Di Kondisi Darurat

Masalah overheat pada mobil pribadi milik Anda ini memang tidak dapat diduga-duga. Bisa saja masalah tersebut muncul ketika Anda tengah mengendarai mobil. Sehingga, Anda dituntut untuk dapat mengatasi overheat dalam kondisi darurat.

Oleh sebab itu, ini dia beberapa cara mengatasi masalah overheat mobil di kala kondisi darurat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Cari Tempat yang Aman dan Nyaman Untuk Memeriksa Mobil

Bila mesin mobil tiba-tiba mogok dan keluar asap dari kap mesin. Maka, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari tempat yang aman untuk memeriksa mobil. Setelah itu, silahkan buka kap mesin terlebih dahulu sebelum mencari penyebab mesin mobil Anda mengalami overheat.

  1. Matikan Mesin Mobil

Jangan lupa, matikan mesin dan cabut kontak mobil terlebih dahulu.Biarkan mobil Anda dalam kondisi kap mesin terbuka sekitar 20 hingga 30 menit. Tujuannya adalah agar suhu temperatur mesin mobil dapat berangsur-angsur turun. Setelah suhu mobil ini turun, maka Anda dapat mengecek penyebab mesin mobil mengalami overheat.

  1. Periksa Komponen Mesin Mobil

Apabila suhu mesin mobil tidak terlalu panas, maka Anda dapat memeriksa beberapa komponen mesin mobil yang dirasa bermasalah. Biasanya, masalah mesin mobil mengalami overheat ini dikarenakan adanya kerusakan di bagian radiator atau sistem pendingin mesin.

Periksa kapasitas air dan selang radiator mobil. Sebab, cara mengatasi overheat mobil Anda ini dengan mengatasi masalah di bagian radiatornya. Apabila air dan selang radiator ini menjadi sumber masalah overheat mesin, maka Anda wajib menambah air radiator dan memperbaiki sambungan selang radiator ke mesin mobil.

Setelah itu, nyalakan kembali mobil Anda dan tunggu hingga beberapa menit. Apabila mesin mobil kembali normal, maka Anda dapat melanjutkan perjalanan kembali.

  1. Mengecek Oli Mesin

Apabila radiator mobil ini dirasa tidak ada masalah. Maka, Anda harus mengecek oli mesin mobil. Bisa jadi oli mesin mobil Anda dalam keadaan kotor ataupun kurang dari kapasitas oli mobil yang Anda gunakan.

Ya, fungsi oli mesin ini adalah melumasi seluruh bagian dari komponen mesin. Sehingga dapat berakibat fatal apabila oli mesin mobil ini kurang dari kapasitas yang dianjurkan. Untuk itu, segera lakukan pengisian ulang oli mobil Anda bila terjadi overheat ketika tengah Anda gunakan.

  1. Telepon Mobil Derek dan Bawa Ke Bengkel Terdekat

Setelah Anda mengecek bagian radiator dan oli mesin mobil ini dirasa tidak bermasalah. Maka, akan lebih baik bila Anda menghubungi mobil Derek dan bawa mobil Anda ke bengkel terdekat.

Tujuannya adalah agar mobil Anda cepat diperbaiki oleh montir bengkel yang tentu saja lebih ahli dan mengerti kerusakan mobil. Sehingga, Anda dapat melanjutkan kembali perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Baca Juga : Cara Servis Mobil Mandiri

Masalah suhu mesin mobil naik secara tiba-tiba atau overheat ini memang bisa saja Anda alami saat berkendara. Memang, masalah mesin mobil overheat ini tidak boleh dianggap sepele.

Sebab, apabila tidak segera ditangani ini bisa menyebabkan munculnya asap dari bagian kap mesin hingga berujung kebakaran. Namun Anda juga tak perlu panik. Anda dapat melakukan 5 cara mengatasi overheat mobil dalam keadaan darurat.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *