Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC

Panduan Cara Mengisi Freon AC Mobil Secara Mandiri

cara mengisi freon ac mobil

Informasi mengenai cara mengisi freon AC mobil memang penting diketahui agar anda dapat lakukan sendiri jika dalam situasi yang diperlukan. Di zaman sekarang ini memang AC mobil wajib tersedia. Kendaraan tanpa AC di dalamnya tentu akan sangat panas, apalagi Indonesia memang beriklim tropis yang cuacanya cukup terik, apalagi jika di siang hari.

Freon sendiri merupakan zat yang bisa memberikan hawa sejuk dalam kabin mobil sehingga meskipun hembusan angin tidak terlalu kencang, tetapi sejuknya sangat terasa. Jika dibiarkan diudara terbuka, freon sendiri lama-kelamaan akan cepat habis. Oleh karena itu, jika anda curiga freon cepat habis apakah ada kemungkinan terjadi kebocoran.

Urutan Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri

Sebenarnya, cara mengisi freon AC mobil sebaiknya memang dilakukan bengkel oleh mekanik yang berkompeten. Namun, mungkin anda juga pernah berada di situasi dimana harus mengisi freon AC mobil sendiri. Jika demikian, berikut ini akan kami coba jelaskan beberapa caranya:

  • Mengecek Berbagai Komponen Terlebih Dahulu

Sebelum mengisi freon, Sebaiknya anda melakukan pengecekan dahulu terhadap beberapa komponen apakah masih bekerja normal atau tidak. Beberapa komponen yang bisa dilihat antara lain kondensor, kompresor, fan blower, dan evaporator. Periksalah juga aliran freon pada sight glass, apabila ditemukan gelembung gelembung pada kaca tersebut, maka memang freon AC mobil harus diisi ulang.

  • Memasang Kabel Pada Manifold Gauge

Cara mengisi freon AC mobil yang berikutnya adalah memasang kabel yang terdapat pada manifold gauge ke tempatnya. Pemasangannya antara lain selang berwarna kuning yang ada di tengah untuk tabung freon. Selang biru ke low pressure pentil, merah ke high-pressure pentil. Anda harus memastikan semua valve tertutup dengan rapat sebelum melakukan pengisian.

  • Membuka Valve

Langkah berikutnya, bukalah sedikit Valve di tabung. Longgarkan mur di selang kuning sedikit, agar udara keluar sedikit dan tunggulah selama 4 detik hingga terdengar bunyi mendesis. Tutuplah kembali Valve di tabung pada selang kuning tersebut dengan rapat kembali.

  • Memeriksa Tekanan PSIĀ 

Langkah selanjutnya, bukalah jendela mobil dan nyalakan AC dengan suhu yang paling dingin. Selanjutnya, setel mesin kendaraan hingga mencapai RPM 1100 sampai 1500. Selanjutnya, bukalah Valve , kabel biru dan merah dan sampai terbaca petunjuknya. Idealnya, pada tekanan rendah adalah 40 PSI dan pada tekanan tinggi 250 PSI . Apabila kurang berarti freon harus ditambah.

  • Pengisian Freon

Cara mengisi freon AC mobil selanjutnya, tutuplah kembali semua valve dan kemudian bukalah sedikit Valve yang ada di tabung. Selanjutnya mulailah untuk mengisi freon dan membuka Valve biru pada tekanan low pressure, tunggulah sampai terbaca 35-40 PSI. Tutuplah Valve low dan tabung pada posisi mesin masih menyala. Buka kembali Valve low dan high warna merah. Tunggu, hingga tekanan high pressure terbaca 200 PSI.

Baca Juga : Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek

Jika masih belum mencapai angka tersebut, maka ulangi prosesnya. Tutuplah Valve , dan ilang pembukaan low dan high pressure sampai mencapai batas maksimumnya. Jika dicoba berkali-kali masih belum mencapai batas tersebut, berarti memang ada masalah dan perlu penanganan lebih lanjut.

Kesimpulannya, cara mengisi freon AC mobil memang tidak sederhana dan memerlukannya keahlian khusus. Kalau anda bekum cukup percaya diri untuk melakukannya sendiri, maka sebaiknya serahkan kepada teknisi yang berpengalaman. Dengan penggantian freon secara teratur, tentunya akan membuat mobil tetap sejuk dan nyaman dikendarai.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *