Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil dan Kapan Harus Ganti

Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil dan Kapan Harus Ganti

Bingung cara mengisi oli kompresor AC mobil dan waktu tepat untuk mengganti AC mobil? Berantas rasa bingung anda dengan simak ulasan ini.

Sebelum itu, apakah anda sudah tahu bahwa seberapa penting peranan kompressor AC mobil? Perawatan pada kompresor AC merupakan hal yang penting agar sistem AC mobil anda selalu dingin. Wajib diketahui bahwa didalam kompresor terdapat oli. Oli kompresor AC mobil berfungsi sebagai pelumas ketika piston kompresor dan part lain bergerak.

Sebab itulah, oli kompresor wajib diganti jika sudah tidak layak atau perlu tambah jika kompresor mengalami kekurangan oli. Jangan sampai merembet rusak kekomponen lainnya hanya karena tidak mengganti oli kompresor.

Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil

Beberapa cara untuk mengisi oli kompresor AC mobil, simak penjelasannya berikut ini;

1. Ketika kompresor sehabis dikuras oli

Isi oli kompresor AC mobil dengan memasukkan oli melalui lubang inlet. Isikan oli kompresor saat belum dipasang.

Pada pengurasan oli kompresor AC mobil sebaiknya dilakukan oleh yang sudah berpengalaman. Karena hal ini akan dilakukan bongkar pasang kompresor AC. Sangat beresiko apabila tidak dapat mengembalikan kompresor dengan sempurna atau sebagaimana mestinya. Anda dapat menghubungi Dokter Mobil untuk mendapatkan pelayanan tersebut. Apapun Masalahnya Pasti Beres.

2. Ketika membuka komponen AC mobil

Penambahan oli kompresor AC dapat dilakukan setelah membuka komponen AC mobil. Seperti membuka selang AC mobil, evaporator, kondensor, atau receiver drier. Ketika membuka part tersebut, biasanya oli kompresor juga ikut keluar. Sehingga perlu dilakukan penambahan oli kompresor.

Ketahui juga takaran yang berlaku ketika penambahan oli kompresor AC mobil anda. Jumlah penambahan oli tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu banyak terlalu banyak mengakibatkan udara AC  kurang dingin. Contohnya anda hanya perlu menambahkan kurang lebih 40cc ketika membuka kondensor.

3. Gunakan alat recovery atau R3

Untuk emndapatkan cara yang lebih mudah, anda dapat menggunakan alat yang satu ini. Taruh oli kompresor pada tabung. Ketika proses vacuum telah selesai maka otomatis masuk ke menu inject oil untuk memasukan oil. Tekan tombol inject oil agar oli kompresor yang berada di tabung dapat terhisap. Jangan lupa perhatikan skala ukuran pada tabung oli.

Lihat Juga : Kenali Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik

Waktu Ideal Mengganti Ganti Oli Kompresor

Kapan waktu ideal mengganti oli kompresor AC ? Waktu idealnya yakni setiap 20 ribu kilometer atau selambat-lambatnya dalam jangka waktu satu tahun. Bila kompresor sudah rusak, dipastikan akan memakan banyak biaya lagi untuk memperbaiki dan bisa saja mengganti dengan yang baru.

Jangan tunggu rusak baru diservice !

Nah, itulah ulasan terkait Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *