Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Air Radiator, tips

Ternyata Begini Cara Menguras Air Radiator dengan Benar

cara menguras air radiator

Mungkin ada beberapa orang yang masih kurang mengerti tentang cara menguras air radiator dan tidak mengerti kegunaan air radiator. Jadi, air radiator itu adalah sebuah cairan khusus yang berfungsi sebagai pendingin suhu mesin agar tidak menimbulkan overheating. Sebenarnya menguras air radiator itu tidaklah susah bila kalian sudah mengetahui caranya maka akan sangat mudah untuk mengurasnya.

Cara Menguras Air Radiator Secara Mandiri

penyebab amper panas mobil naik

Untuk kalian yang tidak mengetahuinya, saya akan menjelaskan cara untuk menguras air radiator yang baik dan benar. Berikut ini cara menguras air radiator, sebagai berikut :

  • Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka tutup radiator di bagian bawah. Radiator itu mempunyai tutup kecil di bagian bawah, dimana tutup tersebut mempunyai fungsi untuk menguras radiator. Bila kalian sudah membuka tutup radiator, tunggulah sampai air yang ada di dalam radiator sudah keluar semua. Pastikan juga mesin masih dalam kondisi dingin agar tangan kalian tidak akan mengalami cedera saat melakukan proses tersebut. Usahakan juga saat dalam proses tersebut, kondisi dalam mesin dalam keadaan sedang menyala. Tujuannya adalah agar semua air yang ada di sistem pendinginan mesin dapat keluar semua.
  • Setelah air di dalam radiator sudah habis tersebut maka tutup kembali baut pembuangan air bagian bawah dan buka baut pembuangan angin. Selanjutnya, kalian tinggi mengisi air radiator dengan cairan pendingin radiator atau air mineral sampai airnya keluar melalui baut pembuangan angin.
  • Setelah kalian melakukan hal tersebut, tahap selanjutnya tinggal menutup baut pembuangan angina dan biarkan tutup lubah radiator di bagian atas terbuka. Pastikan juga posisi AC dalam keadaan sedang mati terlebih dahulu kemudian hidupkan mesin sampai temperature sudah menunjuk setengah dan kipas radiator sudah berputar.
  • Bila kalian merasa volume air masih kurang, segera tambahkan hingga batasnya sudah maksimal. Jika sudah, kalian tinggal menutup kembali lubang radiatornya.
  • Serta jangan lupa juga untuk mengecek tangki cadangan radiatornya. Apabila tangki cadangan radiatornya sudah kotor segeralah kuras dan isi kembali dengan cairan pendingin radiator yang baru sampai batas maksimum kemudian tinggal tutup kembali dengan rapat.

Apa yang terjadi jika tidak mengganti air radiator? Jadi, itu akan merusak sistem pendinginan serta mesinnya. Selain menguap, cairan radiator ini bisa mengendap pada saluran pendinginan seperti water jacket, baik itu pada selangnya sampai dengan radiator itu sendiri. Lalu, gejala lainnya mesin akan menjadi cepat panas dan mudah terjadi overheat. Walaupun rute perjalanan kalian sedang lancar atau dalam jarak yang dekat.

Dokter Mobil Menyediakan Jasa Menguras Air Radiator Dengan Alat Canggih

Sebenarnya kalian juga bisa menguras air radiator melalui bantuan jasa bengkel mobil karena itu akan memudahkan kalian dan tidak perlu melakukan apa-apa. Salah satu bengkel mobil yang bisa kalian andalkan dan sudah dipercayai di Indonesia adalah Dokter Mobil. Mengapa Dokter Mobil? Karena Dokter Mobil sudah diakui oleh masyarakat Indonesia sebagai bengkel mobil terbaik.

Montir dan teknisi di Dokter Mobil ini sudah bekerja secara profesional dan sudah memenuhi standar, mereka yang akan bekerja dengan cepat dan efektif serta mereka tidak akan mengecewakan kalian. Dokter Mobil juga menyediakan service yang sangat lengkap dan bisa menservice segala kerusakan di mobil kalian.

Baca Juga : Cara Mudah Cuci Mesin Mobil

Dokter mobil juga akan menggunakan produk yang berkualitas dan tidak akan merusak mobil kalian. Peralatan bengkel di Dokter Mobil ini sangatlah lengkap dan tentunya montir serta teknisi tidak akan kebingungan dalam memilih peralatan bengkel dalam menservice kerusakan dalam mobil.

Seperti yang kalian tahu, sekarang ini sedang adanya Virus Corona. Pasti kalian takut bepergian keluar dan bertemu dengan orang banyak. Dokter Mobil ini memberikan kalian layanan Home Service. Jadi kalian tidak perlu bepergian ke bengkel. Kalian juga tidak perlu takut dengan montir dan teknisi yang akan datang ke rumah kalian, karena mereka sudah dipastikan akan aman dari Virus Corona.

Kalian bisa mempelajari cara menguras air radiator jika kalian memang bisa mengurasnya sendiri. Tetapi saran saya, gunakanlah bantuan dari Dokter Mobil dalam hal itu karena mereka lebih berpengalaman dalam bidang tersebut dan akan mesin kalian akan tetap terjaga serta akan lebih baik lagi. Jadi, percayakanlah pada Dokter Mobil untuk melakukan pengurasan air radiator pada mobil kalian.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *