Posted by Mekanik Juan Upgrade Performance

Cara Meningkatkan Performa Mobil Diesel Agar Hemat dan Bertenaga

Mobil dengan BBM solar memang terkenal akan tenaga yang besar. Namun anda mungkin perlu meningkatkan performa mobil diesel karena alasan tertentu. Adapun beberapa alasan tersebut seperti:

  • Tenaga Mobil Sudah Turun
    Biasanya terjadi karena mobil sudah lama tidak diberikan perawatan berkala. Turunnya performa dan tenaga mobil pada umumnya terjadi disebabkan kotornya mesin mobil dan saluran bahan bakar mobil.Untuk mengatasi hal ini, pembersihan pada mesin dan saluran bahan bakar wajib dilakukan. Pembersihan ini bisa dilakukan dengan engine cleaner, jet thronic, ataupun cuci darah yang tersedia dalam paket tune up mobil.
  • Tenaga Mobil¬† Terasa Kurang
    Walaupun tenaga mesin mobil diesel sudah begitu besar, namun kadangkala tenaga mobil masih terasa kurang. Oleh sebab itu, tenaga mobil perlu ditingkatkan. Nah peningkatan ini diperlukan jika ingin mobil lebih kuat menanjak, lebih ngebut, sering membawa beban berat, ataupun lebih nyaman dikendarai di jalan yang banyak polisi tidurnya.Dalam meningkatkan tenaga mobil, anda juga harus mempertimbangkan sisi konsumsi bahan bakarnya. Jangan sampai tenaga mobil meningkat, namun biaya solarnya pun meningkat terlalu besar.
  • Penggunaan Bahan Bakarnya Sangat Boros
    Memiliki mobil bertenaga besar biasanya harus dibayar dengan konsumsi bahan bakar yang boros. Dan hal ini tentu sedikit banyak merepotkan. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu meningkatkan performa mobil diesel dalam hal konsumsi bahan bakar.Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan konsumsi bahan bakar. Anda bisa membersihkan saluran bahan bakar, ataupun memasang alat penghemat BBM mobil.

Lihat Juga: Hal yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Performa Mobil dengan Cepat

Lantas apa cara terbaik untuk meningkatkan tenaga pada mobil berbahan bakar solar (bermesin diesel)? Ada beberapa cara yang cukup ampuh. Beberapa cara tersebut di antaranya adalah dengan:

Menaikkan Rasio Kompresi Mobil Diesel

Untuk meningkatkan performa mobil diesel, menaikkan kompresi adalah solusi yang tepat. Dengan menaikkan rasio kompresi, ledakan dari pembakaran akan semakin besar.

Untuk melakukannnya, caranya adalah dengan mengganti paking kepala silinder. Tujuannya agar ruang pembakaran sedikit menyempit dan putaran mesin lebih cepat naik. Dengan demikian, akselerasi mobil akan lebih cepat.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah untuk jangan memakai paking yang terlalu tipis. Karena dapat menyebabkan gejala ngelitik ataupun mobil jadi lebih cepat panas.

Ganti RPM Spring dengan yang Lebih Keras

Seringkali mobil diesel mengalami masalah di suplai solar sehingga mengalami gejala kurang tenaga, ndut-ndutan, dan gangguan lainnya. Nah masalah ini dapat diatasi dengan mengganti RPM spring dengan yang lebih keras.

Kok Bisa?

Jadi, dengan mengganti RPM spring dengan yang lebih keras, suplai solar akan lebih stabil bahkan di rpm tinggi.

Lakukan Tune UP Sesuai dengan KM Mobil

Adanya kotoran di dalam mesin ataupun saluran bahan bakar dapat menjadi penyebab turunnya performa mobil. Untuk itu, melakukan tune up adalah solusi terbaik.

Dalam melakukan tune up, anda harus memastikan cairan tune up yang digunakan aman untuk mobil. Dan pada mobil berbahan bakar solar, residunya biasanya sangatlah banyak. Oleh sebab itu, pembersihan pada saluran bahan bakar adalah sesuatu yang sangat penting. Ya, sama seperti mobil karburator, saluran bahan bakar pada mobil diesel perlu dibersihkan secara berkala.

Lihat Juga: Meningkatkan Performa Mesin Mobil Karburator

Berikan REMAP pada ECU Mobil

Settingan ECU pada mobil diesel biasanya akan menahan sebagian besar tenaga mobil. Hanya 60-70 persen tenaga mobil yang benar-benar dikeluarkan. Sementara itu, sisanya tidak dilock. Artinya, kemampuan mesin mobil anda selama ini sebenarnya ditahan oleh produsen mobil.

Apa tujuannya? Hal tersebut dilakukan karena mobil diesel mampu menghasilkan tenaga yang besar. Sementara itu, pemerintah membatasi berapa tenaga maksimal sebuah mobil dikategori harga tertentu.

Dengan melakukan remap, tenaga mobil akan dapat dikeluarkan secara 100% dan dapat menghasilkan hal-hal hebat seperti:

  • Tenaga Mobil yang Meningkat
    Peningkatan ini pada umumnya sebesar 30 sampai 60 persen, atau 30 sampai 120 horse power. Tergantung pada settingan bawaan berapa besar tenaga yang dilock oleh ECU.
  • Akselerasi dan Kecepatan Mobil yang Meningkat
    Dengan dilakukan remap, waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan tertentu akan lebih cepat. Dan batas kecepatan mobilpun dapat ditingkatkan.

Dan yang paling hebat dari remap adalah dapat meningkatkan performa mobil diesel dengan biaya yang relatif lebih murah. Daripada berbagai settingan upgrade mobil lainnya yang bisa memakan biaya puluhan juta hanya untuk sekitar 10-15 HP saja.

Itulah beberapa solusi yang bisa kami berikan untuk meningkatkan performa mobil diesel. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *