Posted by Marcel Marcel Uncategorized

Cara Meningkatkan Tenaga dan Performa Akselerasi Mesin Grand Livina

Setiap orang ingin mobilnya mempunyai tenaga dan performa yang terbaik, baik itu mobil lama maupun mobil baru. Berikut cara menjaga performa mobil agar tetap oke dan dapat meningkat.

Perhatikan kondisi ban mobil
Seringkali, ketika sedang mengendarai mobil, Anda melakukan rem dadakan atau berjalan di daerah yang berpasir dan licin, lalu mobil langsung tergelincir. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kondisi ban yang memiliki ulir ban semakin menipis dan habis. Oleh karena itu sangat direkomendasikan melakukan penggantian ban luar untuk meningkatkan performa mobil Anda, karena penggantian ban tersebut akan memberikan perbedaan yang sangat signifikan.

Perhatikan kondisi ban mobil
Seringkali, ketika sedang mengendarai mobil, Anda melakukan rem dadakan atau berjalan di daerah yang berpasir dan licin, lalu mobil langsung tergelincir. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kondisi ban yang memiliki ulir ban semakin menipis dan habis. Oleh karena itu sangat direkomendasikan melakukan penggantian ban luar untuk meningkatkan performa mobil Anda, karena penggantian ban tersebut akan memberikan perbedaan yang sangat signifikan.

Mengganti velg lama dengan velg berbahan Alumunium 
Tujuan dari penggantian velg ini bukan semata-mata untuk gaya-gayaan. Perlu Anda ketahui bahwa velg alloy mempunyai bobot yang ringan, dengan demikian menyebabkan mobil akan bermanuver lebih baik di jalan, dan tentunya mobil dapat dikendalikan dengan mudah, karena bobotnya yang ringan memperbaiki gaya gesek maksimal mobil tersebut.

Rutin mengganti oli
Mobil baru biasanya penggantian oli dijadwalkan dalam kilometer atau bulan tertentu. Tetapi Anda bisa mengganti oli tersebut ketika tarikan mobil mulai menurun.

Jika ingin meningkatkan tarikan dan performa mobil Anda, dapat mencoba menggunakan oli dengan kualitas yang lebih tinggi. Walaupun harganya bisa lebih mahal, namun perbedaan yang signifikan akan dapat dirasakan mulai dari mulusnya putaran hingga suhu mesin yang lebih stabil.

Rutin mengganti oli
Mobil baru biasanya penggantian oli dijadwalkan dalam kilometer atau bulan tertentu. Tetapi Anda bisa mengganti oli tersebut ketika tarikan mobil mulai menurun. Jika ingin meningkatkan tarikan dan performa mobil Anda, dapat mencoba menggunakan oli dengan kualitas yang lebih tinggi. Walaupun harganya bisa lebih mahal, namun perbedaan yang signifikan akan dapat dirasakan mulai dari mulusnya putaran hingga suhu mesin yang lebih stabil.

Memperhatikan beban bawaan

Beban yang berlebihan merupakan hal yang kurang baik, bahkan bisa dikatakan musuh bagi mobil yang bukan merupakan jenis mobil SUV (Sport Utility Vehicle) atau mobil crossover yang mempunyai daya angkut beban cukup tinggi. Beban dikatakan musuh, karena dapat memberatkan kinerja dari mesin, sehingga menurunkan performa mesin. Mengatasi hal tersebut, Anda tidak perlu mengganti semua part mobil dengan bahan ringan.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini ialah mengurangi beban bawaan yang tidak diperlukan. Tetapi tahukah bahwa mobil Nissan Grand Livina, walaupun berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) tetap memiliki daya angkut beban yang cukup tinggi dan juga memiliki ruang yang lebih luas. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman mengendarai Nissan Grand Livinna

Perawatan berkala
Melakukan Perawatan Berkala seperti Tune Up sangat dianjurkan untuk perawatan mobil. Kenapa? Tune Up merupakan perawatan berkala terbaik untuk mobil karena lengkap. Ada beberapa alasan mengapa tune up menjadi kebutuhan wajib, diantaranya:

Hal ini terjadi karena setelan pengapian Livina seringkali menyebabkan beban berat pada mesin. Setelan pengapian ini bisa diperbaiki dengan melakukan engine scanner.

Pabrik mobil menjual mobil dan memproduksinya secara masal, akibatnya mereka harus berhati hati dalam hall ini. Dan mereka melakukan pemetaan secara global untuk bahan bakar, gas buang, peraturan disuatu Negara dan kondisi secara umum.

Sebelum meningkatkan performa mesin Grand Livina, anda harus tahu apa yang anda inginkan. Ada beberapa pilihan, di antaranya:

Apakah anda ingin menambah tenaga mobil
Meningkatkan akselerasi dan kecepatan mobil
Menjadikan kendaraan anda jauh lebih irit BBM
Atau hal-hal lainnya?

Jika anda sudah tahu apa yang anda inginkan, tentunya akan lebih mudah menentukan spare part apa yang cocok untuk mobil anda. Ada beberapa jenis part tambahan pada mobil untuk mengupgrade performa dari Grand Livina, di antaranya:

i. Menggunakan Volt Stabilizer
Grand Livina sering mengalami masalah pada kelistrikan mobil. Hal tersebut terjadi karena aki mobil seringkali tidak mampu mensupport penggunaan AC dan perangkat elektronik lainnya di mobil.Volt Stabilizer dapat menjaga kestabilan kelistrikan mobil sehingga aki mobil jadi jauh lebih tahan lama. Namun tentu saja tidak semua volt stabilizer aman untuk mobil anda. Oleh sebab itu, cari dan pilihlah volt stabilizer yang memang sudah terbukti ampuh menjadi penstabil kelistrikan mobil.
Beberapa Volt Stabilizer bahkan dapat menjadikan mobil lebih irit bahan bakar, lebih bertenaga, dan meningkatkan akselerasi mobil.

ii. Menggunakan Alat Penghemat BBM
Grand Livina tergolong mobil dengan penggunaan bahan bakar yang sangat tinggi jika digunakan dalam kecepatan yang tinggi. Terutama di jalan tol.Untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar pada Grand Livina, penggunaan alat-alat yang dapat menghemat BBM sangatlah penting.
Ada beberapa alat hemat BBM yang bisa kamu gunakan. Namun sebaiknya memilih penghemat BBM seperti JS One dan R Project. Mengapa?

Kedua alat tersebut bekerja dengan mengoptimalkan aki mobil. Karena pada dasarnya energi pada bahan bakar akan diubah menjadi listrik. Jika aki tidak optimal, kelistrikan yang dihasilkan akan banyak terbuang sia-sia.

iii. Sebagai tambahan, kamu juga bisa mencoba meningkatkan performa mesin Grand Livina dengan memasang tambahan kipas. Karena seringkali mesin Grand Livina mengalami penurunan performa akibat overheating.

Remap ECU Grand Livina.
Cara paling cepat dan mudah untuk meningkatkan performa mesin Grand Livina adalah dengan melakukan remap ECU. Dengan cara ini, tenaga maksimal yang selama ini di-unlock akan bisa dikeluarkan.

Remap ECU dapat meningkatkan performa dari sekitar 40 sampai 50% tenaga dasar mobil, namun tentu saja anda harus memperhatikan beberapa hal diantaranya adalah:

Hal ini penting membuat mobil anda tidak salah dalam pengerjaan, sehingga rasa aman saat tuner.

Human error lebih tinggi, menyebabkan masalah kedapannya.

Program asli tidak berisko kemobil anda, sehingga aman digunakan. Dokter Mobil memiliki pengalaman dan tools yang mumpuni untuk tuning. 

Itulah beberapa cara yang ampuh dalam meningkatkan performa dari mesin mobil Grand Livina. Klik tombol di bawah untuk melakukan mendapat Promo terbaik saat ini dari Dokter Mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *